Peraturan Baru THR Ini Dijamin Bikin Kamu Bahagia Deh

Ini dia aturan terbaru mengenai pembagian THR yang akan bikin pegawai dan karyawan tersenyum gembira jelang Hari Raya. Penasaran kan? Baca di sini, yuk!
0
Peraturan Baru THR Ini Dijamin Bikin Kamu Bahagia Deh
0 (0%) 0 votes
thumb-thr

Hari Raya Idul Fitri alias Lebaran memang masih tiga bulan lagi. Tapi, di awal April ini, pemerintah sudah mengingatkan tentang pembagian THR atau tunjangangan hari raya untuk seluruh pekerja. Bahkan, juga ada aturan baru yang membuat para pegawai dan karyawan semakin berbahagia.

 

Permenaker THR

 

pekerja

Source: Poskotanews

 

Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 6 Tahun 2016 tentang THR, memang baru saja di umumkan ke masyarakat luas. Namun, isi dari peraturan ini, tentu akan membuat para pegawai dan karyawan makin semangat bekerja.

 

Turunan dari Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tersebut, dengan tegas menyebutkan bahwa pekerja dengan masa kerja lebih dari satu bulan berhak mendapatkan THR. Kebijakan yang cukup menyenangkan bukan untuk para pegawai baru?

 

Kebijakan yang diundangkan pada 8 Maret 2016 ini mewajibkan perusahaan memberikan THR kepada para pekerja yang telah bekerja selama minimal satu bulan. Sebelumnya, pada Permenaker nomor 04 1994, pegawai yang berhak mendapatkan THR hanyalah pegawai dengan masa kerja tiga bulan ke atas.

 

Peraturan terbaru ini berlaku pada pekerja yang bekerja berdasarkan Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu (PKWTT) ataupun Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT).

 

Besaran THR

 

uang THR

Source: Tribunnews

 

Selain menetapkan pemberian THR berdasarkan masa kerja pegawai dan karyawan. Peraturan terbaru ini juga mengatur mengenai besaran THR yang harus diberikan. Untuk ketetapan ini, sebenarnya masih sama dengan aturan sebelumnya.

 

Untuk pekerja dengan masa kerja satu tahun keatas, THR yang diterima adalah senilai upah kerja selama satu bulan. Sedangkan pekerja yang masa kerjanya kurang dari satu tahun, berhak menerima THR secara proporsinonal dimana jumlah THR dihitung berdasarkan jumlah masa kerja dibagi 12 bulan dikali satu bulan ubah.

 

Selain aturan tersebut, perusahaan juga diperkenankan memberikan pemberian THR sesuai perjanjian kerja, peraturan perusahaan (PP) ataupun perjanjian kerja bersama (PKB). Asalkan, jumlah THR yang diberikan, jauh lebih besar dari ketentuan pemerintah.

 

Tentang aturan baru ini, pemerintah juga akan melakukan pengawasan pembayaran THR. Perusahaan yang melakukan pelanggaran, akan dikenai sanksi denda dan administratif sesuai ketentuan yang berlaku. Wah, sudah bersiap menerima THR nih?

 

Source: JPNN

Hello Comment 4Sort by


user Anonim
2016/04/25 15:50

di tmpt ku bkerja.. klw mw hari raya. di suruh buat surat pengunduran diri. klw g gtu y di pecat..! THR cman dpat 1/4 UMR
nasib"

user Anonim
2016/04/03 20:41

Kirai 3x gaji,haha

user Anonim
2016/04/03 09:55

mdah2n ini kabar baik n bner2 nyata.amin....

Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori