Pemerintah Palangka Raya Perbaiki Infrakstruktur Listrik Dan Siap Jadi Pengganti Jakarta

Presiden Jokowi berencana memindahkan pusat pemerintahan ke Kota Palangka Raya. Karena hal tersebut Palangka Raya terus berbenah diri dan bersiap...
0
Pemerintah Palangka Raya Perbaiki Infrakstruktur Listrik Dan Siap Jadi Pengganti Jakarta
0 (0%) 0 votes
PLN Palangka Raya

Pemerintah tengah mempersiapkan agenda dari Presiden Jokowi yang ingin memindahkan status Ibukota negara yang disematkan kepada Kota Jakarta, ke Kota besar lain di Indonesia. Demi melancarkan rencana revolusioner tersebut, Kota Palangka Raya selaku kandidat calon terus membenahi infrastruktur sebagai bentuk persiapan diri.

 

Demi menyiapkan asupan listrik yang mumpuni, pemerintah daerah Palangka Raya mengoperasikan Transmisi Gardu Induk (Tragi) Palangka Raya yang menyediakan kapasitas listris sebesar 175 Mega Vold Ampere (MVA).

 

Tragi yang baru tersebut berada di Jalan Tjilik riwut KM 6,5 Palangka Raya Komplek PLTD Kahayan. Tragi tersebut bersebelahan langsung dengan Gardu Induk (GI) Palangka raya yang akan mengalirkan listrik ke lima GI yang tersebar di Kalimatan Tengah, Gas Insulated Switchgear (GIS) Mintin, GI Pulang Pisau, GI Palangka Raya, GI Kasongan dan GI Sampit.

 

Dengan 804 tower SUTT (Saluran Udara Tegangan Tinggi) yang tersebar dijaringan transmisi sepanjang 503.755 kilometer sirkit (kms), Tragi Palangka Raya mampu melayani 25% dari total kebututuhan Kalimantan Tengah.

 

Tragi Palangka raya mampu memenuhi kebutuhan listrik dengan Beban Puncak sebesar 137MW dari total 540MW Beban Puncak yang dibutuhkan Kalselteng. PLN juga terus mengkerjakan pengembangan hinggal 2020 kedepan demi menopang kebututuhan listrik yang terus bertambah.

 

Dengan percaya diri, General Manager PLN Kalselteng, Purnomo mengaku pihaknya sudah siap memenuhi kebutuhan listrik Palangka Raya jika memang jadi didapuk menjadi Ibu Kota Negara yang baru.

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori