Tak Hanya di Jakarta, Kekejaman PKI Juga Terjadi di Yogyakarta!

Kekejaman para PKI yang membantai para jenderal tinggi Indonesia pada tahun 1965 silam ternyata tidak hanya terjadi di Jakarta. Namun, juga terjadi di Yogya
0
Tak Hanya di Jakarta, Kekejaman PKI Juga Terjadi di Yogyakarta!
0 (0%) 0 votes
kolonel sugiono

Kekejian PKI yang menganiaya dan membunuh para korban selamaperistiwa G30S/PKI rupanya masih menyisakan duka mendalam bagi banyak pihak. Tak hanya masyarakat luas yang mengutuk kekejaman para antek-antek Partai Komunis Indonesia tersebut, keluarga korban yang juga menjadi saksi hidup peristiwa tersebut sampai saat ini masih menganggap G30S/PKI sebagai peristiwa kelam. Salah satunya adalah putra dari Kolonel Sugiono yang menjadi korban tewas atas kekejaman PKI di Yogayakarta.

 

Kolonel Sugiyono sendiri merupakan salah satu Pahlawan Rebolusi yang gugur menjadi korban kekejaman PKI di Yogyakarta. Pria yang memiliki tujuh orang anak tersebut meninggal pada tanggal 1 Oktober 1965 silam usai diculik dan dibantai oleh PKI. Pada saat kejadian, Kolonel Sugiyono sendiri kala itu berusia 39 tahun. Disinggung mengenai peristiwa G30S/PKI, Ganis Priyono selaku putra keenam Pahlawan Revolusi ini menceritakan kembali kejadian yang menimpa sang ayah.

 

Pada saat itu, Kolonel Sugiyono memegang dua jabatan, yakni Dandim Jawa Tengah dan juga Kasrem di 072 Pamungkas. Disebutkan pula jika Sugiyono sempat menempuh perjalanan dari Semarang ke Yogayakarta untuk melapor kepada Brigjen Katamso yang pada kala itu memegang jabatan sebagai Danrem 072 Pamungkas. Sayangnya, di tengah-tengah perjalanan, tepatnya di daerah Ambarawa, Sugiyono dicegat oleh Mayor Suryotomo.

 

Kehadiran Suryotomo sendiri rupanya memberikan peringatan kepada Sugiyono perihal kondisi di Yogyakarta yang tidak kondusif. Kendati sempat bimbang, Kolonel Sugiyono tetap nekat melanjutkan perjalananan sekaligus mencari tahu keadaan sebenarnya. Sayang, Kolonel Sugiyono justru ikut diculik saat ingin mencari tahu keberadaan atasannya, Pak Katamso.

 

Sayangnya, keberadaan Kolonel Sugiyono sendiri ditemukan sudah tidak bernyawa di dalam satu lubang yang berada di kawasan Kentungan. Jasad Kolonel Sugiyono juga ditemukan dengan jasad Katamso yang berada dalam lubang yang sama. Terkait peristiwa tersebut, lubang yang menjadi saksi keji PKI kini sudah dibangun menjadi Monumen Pahlawan Pancasila untuk menghormati jasa-jasa Pahlawan Revolusi.

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori