Pelajaran Matematika di Sekolah Dinilai Terlalu Lama

Ketua Pusat Kurikulum dan Pembukuan sendiri mengaku bahwa pelajaran matematika di Indonesia amat lama.
0
Pelajaran Matematika di Sekolah Dinilai Terlalu Lama
0 (0%) 0 votes
thumb-math

Pelajaran matematika diakui banyak pelajar Indonesia sebagai pelajaran tersulit jika dibandingkan dengan pelajaran yang lain. Bahkan menurut Supriyatno, Ketua Pusat Kurikulum dan Perbukuan mengatakan bahwa durasi pelajaran matematika di Indonesia tergolong lama. Mungkin itu bisa menjadi penyebabnya. Karena itulah kedepannya perlu ada perbaikan agar waktu belajar siswa bisa lebih pendek.

 

Hal itu disampaikan langsung oleh Supriyatno di Kantor Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan pada hari Kamis, 7 Januari 2016,

 

“Dibanding negara lain, durasi belajar matematika di Indonesia yang mencapai 90 menit per sesi itu terlama di dunia,”

 

Belajar Matematika

 

mtk

 

Source: nasional.tempo.co

 

Supriyatno membandingkan lamanya pelajaran matematika di berbagai negara seperti Amerika Latin, Finlandia hingga Singapura yang tidak selama di Indonesia. Supritayno menyayangkan karena lamanya belajar matematika di Indonesia tidak berbanding lurus dengan hasilnya.

 

Nilai matematika kebanyakan anak Indonesia tidak setinggi pelajar di negara lain. Misalnya yang terlihat dalam penilaian Programme for International Student Assessment (PISA).

 

Kurikulum 2013

 

k13

 

Source: crossfitnorcal.com

 

Kini, pemerintah sedang melakukan perbaikan revisi untuk silabus Kurikulum 2013 yang akan digunakan pada 25 persen sekolah di Indonesia mendatang. Tapi untuk pelajaran matematika masih belum di revisi.

 

Pendiri Pendidikan Karakter Education Consulting Doni Koesoema membenarkan durasi pelajaran matematika di Indonesia terlalu lama. Bahkan secara keseluruhan di Kurikulum 2013 jumlah mata pelajaran dan durasinya pun sudah sangat menghabiskan waktu siswa.

 

Doni turut menjelaskan dengan menggunakan Kurikulum 2013 yang sekolah selesai pada pukul 15.00, mereka bisa saja baru tiba di rumah pukul 17.00,

“Kalau ada kegiatan tambahan, anak-anak itu pulang hingga malam hari,” ungkap Doni.

 

Belajar

 

bljr

 

Source: www.dedeobi.com

 

Menurut Doni, anak-anak seharusnya pulang sekolah pukul 13.00 jadi, mereka masih memiliki banyak waktu untuk bersosialisasi dan belajar banyak hal secara mandiri. Doni juga terlibat dalam pembahasan Kurikulum 2013 tetapi dirinya mengaku tidak ada usulan untuk merevisi durasi mata pelajaran yang sudah ada.

 

Doni berharap pemerintah mengembangkan diversifikasi kurikulum.

 

“Sehingga jam belajar siswa bisa lebih dinamis dan sekolah bisa menentukan secara mandiri tentang jam belajarnya.”

 

Kedepannya, semua rakyat Indonesia selalu mengharapkan hal yang terbaik bagi pendidikan bangsa karena pendidikan adalah tolak ukur pertama dari majunya suatu bangsa. Juga, jangan terlalu memaksakan para murid untuk bisa atau mengikuti pelajaran matematika yang terlalu lama padahal mereka tidak suka karena bisa saja membuang waktu serta tenaga mereka yang bisa mereka lakukan untuk hal yang lebih bermanfaat.

 

Hmm.. bagaimana menurutmu?

 

Source: nasional.tempo.co

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori