7 Lokasi Wisata Pantai Dekat Bandung Bikin Kangen Berat

Kuliner Bandung? itu sih biasa gimana kalau jalan - jalan ke pantai - pantai cantiknya yang keren ini. Pasti bikin kangen dan baper deh! Berani coba?
0
7 Lokasi Wisata Pantai Dekat Bandung Bikin Kangen Berat
0 (0%) 0 votes
Pantai Tanjung Layar

Pantai selalu memiliki daya tarik untuk dikunjungi. Angin sepoi-sepoi, deburan ombak dan pasir pantai selalu bisa membuat rindu. Ditambah lagi jika bisa menikmati ikan laut khas pantai setempat. Menikmati olahan laut dan menikmati panorama pantai yang indah bisa menjadi komposisi yang sempurna.

 

 

Kamu sedang berada di Bandung, dan ingin liburan ke pantai? Padahal Bandung dikelilingi pengunungan. Gimana dong? Tenang… kamu masih bisa mendapat vitamin sea meski dari Bandung. Di bawah ini ada beberapa pantai dekat Bandung yang menarik untuk dikunjungi.

 

 

 

Pantai Santolo Pameungpeuk Garut

 

Pantai Santolo berada di kecamatan Cikelet, Garut namun lebih dekat dengan Pameungpeuk, Garut. Pantai ini bisa dibilang pantai yang paling dekat dengan Bandung. Sebelum sampai ke pantai ini kamu perlu menempuh perjalanan selama 4 hingga 5 jam. Berada di pantai Santolo kamu akan menemukan dinding-dinding sisa dermaga yang masih kokoh. Di sebelah utara pantai kamu bisa melihat pemandangan alam berupa gunung dan bukit yang indah. Di area pantai Santolo kamu bisa menemukan pulau Santolo. Pulau Santolo dan pantai Santolo hanya dipisahkan oleh sungai. Sungai ini menjadi muara dan pelabuhan Cilaut Eureun.

 

 

Kamu bisa menyewa perahu untuk menyebrang dari pantai Santolo menuju ke pulau Santolo. Perahu ini juga bisa membawamu berkeliling menikmati keindahan pantai Santolo. Jika kamu ingin membeli beberapa cinderamata, disekitar pantai banyak penjual cinderamata yang menjajakan dagangannya. Pantai ini berada di Garut, jadi dari Bandung kamu harus mengarahkan kendaraanmu ke arah Garuh terlebih dulu baru sampai ke Pantai Santolo.

 

Alamat  :Desa Pamalayang, Kecamatan Cileket, Garut

Rute       : Bandung – Pangalengan – Rancabuaya – Pantai Santolo atau Bandung – Garut – Cikajang – Pameungpeuk – Pantai Santolo

 

 

 

Pantai Sayang Heulang Pameungpeuk Garut

 

Pantai Sayang Heulang terletak tidak jauh dari Pantai Santolo. Pantai ini berada di salah satu sisi Pulau Santolo. Jika kamu ingin berkunjung ke Pantai Sayang Heulang kamu harus ke Pantai Santolo terlebih dahulu, dari pantai Santolo kamu bisa menyewa perahu untuk menyebrang ke Pulau Santolo. Hampir sama dengan waktu tempuh menuju pantai Santolo kamu juga akan menghabiskan 4 hingga 5 jam perjalanan dari kota Bandung menuju ke Pantai Sayang Heulang.

 

 

Kamu bisa melihat sunrise yang memesona dari pantai Sayang Heulang. Pantai Sayang Heulang akan memanjakanmu dengan pemandangan bentang karang yang menjorok jauh ke laut di sepanjang garis pantai. Tidak hanya bisa kamu lihat, kamu juga bisa berjalan di karang ini saat surut. Sambil berjalan-jalan kamu bisa melihat ikan-ikan kecil berwarna warni yang terjebak diantara karang. Kamu harus berhati-hati saat berjalan atau bermain di karang ini karena karang ini licin.

 

Baca Juga: Ayo Berwisata Misteri Dan Uji Nyali Di 9 Tempat Horor Bandung Ini!

 

Alamat  :Desa Pamalayang, Kecamatan Cileket, Garut

Rute       : Bandung – Pantai Santolo – menyeberang ke Pulau Santolo – Pantai Sayang Heulang

 

 

 

Pantai Rancabuaya Garut Selatan

 

Pantai Rancabuaya terletak di Garut. Pantai ini berlokasi sekitar 20 km sebelah timur Pantai Sayang Heulang atau berjarak 135 KM dari pusat kota Garut. Perjalanan dari Bandung akan menempuh waktu 5-6 jam. Jika di pantai Sayang Heulang kamu biasa menemukan sunrise yang indah, di pantai Rancabuaya kamu akan melihat sunset yang eksotis. Kamu bisa beristirahat di saung-saung yang berada di pinggir pantai sambil menikmati kecantikan pantai Rancabuaya.

 

 

Pantai Rancabuaya memiliki terumbu karang dan pasir putih yang lembut. Ombak pantai ini termasuk besar, sehingga tidak cocok bila digunakan untuk berenang. Saat malam, kamu bisa melihat bintang bertebaran dengan indah di langit pantai Rancabuaya. Mencapai pantai ini, kamu bisa melewati jalur Pangalengan dari Bandung. Selama perjalanan kamu akan melihat pemandangan hijau khas priangan. Di sekitar pantai telah berdiri hotel-hotel kecil dan juga villa untuk menginap.

 

Alamat  : Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Garut

Rute       : Bandung – Pangalengan – Rancabuaya

 

 

 

Pantai Tanjung Layar Sawarna Lebak Banten

 

Kita berpindah ke Banten setelah melihat-lihat pantai di Garut. Pantai Tanjung Layar merupakan salah satu pantai yang ada di Banten, tepatnya di Desa wisata Sawarna, yang berada di Desa Cikaung, Kecamatan Bayah, Banten. Pantai Tanjung Layar dapat dikatakan sebagai pantai paling fenomenal di Sawarna. Pantai ini memiliki tebing besar menyerupai layar.

 

 

Perjalanan kamu akan menempuh kurang lebih 7 jam untuk mencapai pantai ini dari Bandung. Pantai Tanjung Layar dipenuhi dengan batu karang. Pantai Tanjung Layar memang tidak berpasir namun justru memilki daya tarik yang tidak biasa. Kamu bahkan bisa menemukan batu karang besar yang tingginya mencapai lebih dari 20 meter.

 

Alamat  : Desa Cikuang, Kecamatan Bayah, Banten

Rute       : Bandung –Cianjur – Sukabumi – Pelabuhan Ratu – Bayah – Sawarna – Pantai Tanjung Layar

 

 

 

Pantai Ciantir Sawarna Lebak Banten

 

Pantai Ciantir memiliki sebutan lain yaitu pantai putih Sawarna. Pantai Ciantir terletak tidak jauh dari pantai Tanjung Layar. Jarak antara pantai Ciantir dan pantai Tanjung layar kurang lebih 2 km. Jika dari Bandung kamu memerlukan sekitar 7 jam perjalanan untuk sampai ke pantai ini.

 

 

Jika dari desa Cikuang kamu bisa berjalan kaki untuk mencapai pantai ini, sementra dari Sawarna kamu perlu menyeberang jembatan Cisawarna kemudian menyusuri jalan ditengah rumah penduduk untuk sampai di pantai ini. Kamu bisa menemukan saung-saung di pinggir pantai yang bisa kamu gunakan beristirahat sambil memandangi pantai Ciantir yang elok.

 

Baca Juga : 9 Tempat Makan Enak Di Kota Bandung

 

Ombak pantai Sawarna sangat cocok untuk surfing atau berselancar. Buat kamu yang suka berselancar, kamu harus mencoba ombak di Pantai Ciantir. Pantai Ciantir memiliki hamparan pasir luas. Pasir di sini juga bersih dan halus membuat kamu ingin berlama-lama di pantai ini. Waktu senja, saatnya kamu melihat sunset cantik dari Pantai Ciantir. Telah tersedia banyak penginapan di sekitar pantai Ciantir, tapi jika kamu lebih suka berpetualang sekaligus menghemat biaya kamu bisa mendirikan tenda disekitar Pantai Ciantir.

 

Alamat  : Desa Cikuang, Kecamatan Bayah, Banten

Rute       : Bandung – Cimahi – Padalarang –Cianjur – Sukabumi – Pelabuhan Ratu – Bayah – Sawarna – Pantai Ciantir

 

 

 

Pantai Ujung Genteng Ciracap Sukabumi

 

Menempuh perjalanan sekitar 4 jam dari Bandung, kamu bisa sampai ke Pantai Ujung Genteng. Pantai ini berjarak sekitar 230 km dari kota Bandung. Sepanjang perjalanan menuju pantai Ujung Genteng, kamu akan disuguhi pemandangan indah mulai dari kebun teh, kebun karet yang berjajar rapi dan hutan-hutan.

 

 

Pantai Ujung Genteng berada di desa nelayan, jadi tidak heran jika kamu nanti akan menemukan berbagai aktivitas nelayan mulai dari mencari ikan hingga lobster. Keuntungan berada di desa nelayan adalah kamu juga bisa menyantap berbagai masakan hasil olahan laut di desa ini. Ombak di pantai Ujung genteng tidak terlalu ganas. Hal ini karena adanya hamparan batu karang yang berdiri kokoh tidak jauh dari Pantai Ujung Genteng.

 

 

Kamu bisa bermain air sepuasnya di Pantai Ujung Genteng. Kamu bahkan bisa menyaksikan penyu bertelur di Pangumbahan yang lokasinya tidak jauh dari pantai Ujung Genteng. Keindahan pantai Ujung Genteng akan menghipnotismu untuk tidak pergi dari sana.

 

Alamat  : Desa Gunung Batu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi

Rute       : Bandung – Cianjur – Sukabumi –Jampang Kulon – Surade – Ujung Genteng.

 

 

 

Pantai Pangumbahan Ciracap Sukabumi

 

Seperti yang disebutkan sebelumnya tidak jauh dari pantai Ujung Genteng kamu bisa ke Pantai Pangumbahan untuk melihat penyu bertelur. Jarak dari pantai Ujung Genteng ke Pantai Pangumbahan sekitar 5 km. Pantai Pangumbahan merupakan lokasi penangkaran penyu.

 

Di samping bisa melihat penyu bertelur, pada saat tertentu di pagi hari kita bisa menyaksikan anak-anak penyu atau tukik di lepas ke laut. Tempat Penyelamatan Penyu Pangumbahan berada di bawah naungan Departemen Perikanan Kabupaten Sukabumi yang dikelola sejak Februari 2008. Jenis penyu di tempat penangkaran ini adalah penyu hijau (Chelonia Mydas). Penyu ini digolongkan sebagai hewan langka.

 

Baca Juga : Berkenalan dengan 11 Keindahan Wisata Alam Bandung Selatan

 

Wah, tentu akan menjadi pengalaman liburan yang unik jika bisa melihat hewan langka secara langsung. Penyu bertelur secara rutin di sepanjang pantai Pangumbahan. Penyu yang bertelur merupakan penyu yang berusia di atas 30 tahun. Menetaskan telur penyu membutuhkan waktu antara 52 hingga 70 hari yang tergantung pada cuaca. Satu-satunya transportasi untuk menuju Pantai Pangumbahan adalah ojek. Jika kamu tertarik melihat penyu di Pantai Pangumbahan kamu harus membayar untuk naik ojek dari pantai Ujung Genteng.

 

Alamat  : Desa Gunung Batu, Kecamatan Cirakap, Kabupaten Sukabumi

Rute       : Bandung – Sukabumi – Cipanengah – Cikembar – Jampang Kulon – Surade – Ujung Genteng – Pangumbahan

 

Itulah 7 pantai yang dekat dengan Bandung. Kecantikan pantai-pantai ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Jadi kamu yang sedang berada di Bandung dan ingin berlibur ke pantai bisa mengunjungi pantai-pantai diatas. Dijamin angin sepoi dan deburan ombak di pantai-pantai ini akan masih terasa bahkan setelah kamu kembali lagi ke Bandung.

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori