Panduan Lengkap Bermain Pokemon Go di Android

Semua orang membahas Pokemon Go, baik di kereta-api, bus, sekolah, bahkan di tempat kerja. Berikut panduan lengkap yang bisa kamu baca dalam waktu 5 menit.
0
Panduan Lengkap Bermain Pokemon Go di Android
0 (0%) 0 votes
pokemon go pikachu

Demam Pokemon Go sedang melanda hampir semua sudut di dunia. Semua orang membahas Pokemon Go, baik di kereta-api, bus, sekolah, bahkan di tempat kerja. Forum-forum internet dan group WhatsApp juga membahas Pokemon Go baik berupa meme, peringatan bahaya, maupun hoax-hoax yang beredar.

Jika sampai detik ini belum mengetahui apa itu Pokemon dan Pokemon Go, berikut panduan lengkap Pokemon Go yang bisa dibaca dalam 5 menit.

 

 

Apa itu Pokemon dan Pokemon Go?

 

  • Sejarah Pokemon

 

Pada awalnya, tahun 1996, Pokemon adalah sebuah video game yang dimainkan di Nintendo Game Boy, sebuah portable game console. Pokemon yang merupakan singkatan dari “Pocket Monster” (monster yang bisa dikantongi), adalah game yang mengumpulkan, melatih,  dan saling menukar ‘monster’.

Game ini dibuat oleh Satoshi Tajiri, seorang game desainer yang masa kecilnya suka menangkap dan mengumpulkan serangga, ikan dan kecebong di sekitar rumahnya di daerah Tokyo – Jepang.

Seiring Satoshi Tajiri beranjak dewasa, negara Jepang khususnyaTokyo mengalami perkembangan pesat. Urbanisasi, pembangunan, dan berkurangnya lahan hijau membuat serangga semakin susah ditemukan. Satoshi Tajiri lalu mempunyai ide untuk membuat game yang mensimulasikan pengalaman masa kecilnya: menangkap dan mengumpulkan serangga. Dalam wawancara dengan Times di tahun 1999, Satoshi Tajiri menyampaikan:

 

 

Tempat untuk menangkap serangga semakin jarang sebagai akibat dari urbanisasi. Anak-anak sekarang main di rumah saja, dan sudah melupakan asyiknya menangkap serangga” ~Satoshi Tajiri.

 

 

Selain pengalaman menangkap serangga, proses pembuatan game juga diinspirasi oleh Serial TV Ultraman: Ultra Seven karena terdapat ‘capsule monster’ berupa kapsul kecil yang berisi monster raksasa. Dalam masa pembuatan dan pengembangan game selama 6 tahun, Pokemon versi pertama diluncurkan pada tahun 1996, dengan 151 jenis Pokemon.

Berbeda dengan video game yang sedang populer di zamannya, Pokemon memiliki konsep permainan yang berbeda dan aneh. Oleh sebab itu, pada saat peluncurannya game Pokemon tidak ditargetkan untuk sukses besar.

Secara mengejutkan Pokemon yang dirilis dalam versi Pokemon Red/Green mendapatkan sambutan yang sangat baik dan sukses. Video Game Pokemon ini sangat digemari di seluruh dunia dan membuat penjualan Nintendo Game Boy meningkat pesat. Dalam perkembangannya, franchise Pokemon berkembang menjadi Serial TV Anime, trading-card, dan merchandise yang semuanya sangat laris.

 

  • Apa Itu Pokemon Go

 

Pokemon Go adalah game yang dikemas dengan teknologi Augmented Reality digabungkan data peta digital (geo-based game).

Game ini dikembangkan oleh John Hanke, software developer pembuat Google Earth dan Google Maps yang dipakai miliaran orang di dunia setiap hari. Bukan developer sembarangan tentu saja.

Sebelum Pokemon Go, John Hanke juga sudah membuat game berbasis lokasi bernama Ingress pada tahun 2012.

 

 

Cara Bermain Pokemon Go di Android Indonesia

 

Saat ini di Indonesia Pokemon Go belum dirilis secara resmi, tetapi installer untuk Android (APK) sudah beredar dan bisa diunduh, di-install, dan dimainkan dengan baik.

Perlu diingat bahwa ini adalah versi 0.29, masih versi beta. Dalam bidang perangkat lunak, versi beta adalah versi ujicoba. Yang diujicoba adalah perangkat lunak itu sendiri apakah bisa stabil dan baik di berbagai jenis merk HP dengan berbagai variasi jenis prosesor, ukuran layar, ukuran memori, jenis kamera, maupun kecepatan jaringan. Versi beta ini belum mendukung ponsel Android dengan prosesor berbasis Intel, misal ASUS Zenfone.

Selain menguji perangkat lunak yang ter-install, juga menguji kekuatan dan kehandalan server yang harus mampu menangani koneksi dari ribuan bahkan jutaan pemain sekaligus. Saat ditemukan adanya kekurangan, server bisa segera diperbaiki ataupun diperbarui. Jadi jangan kaget apabila tiba-tiba game tidak bisa mengakses server.

 

 

Spesifikasi Minimum Pokemon Go Pada Ponsel Android

Spesifikasi minimum smartphone android sampai saat ini tidak ditentukan secara resmi. Akan tetapi, untuk bermain dengan baik, berikut spesifikasi yang disarankan untuk Pokemon Go versi 0.29:

  1. – Android 4.3 atau lebih tinggi
  2. – RAM/Memory di atas 1GB
  3. – CPU bukan berbasiskan Intel
  4. Storage di atas 4GB, dengan ruang kosong di atas 1GB pada saat instalasi.
  5. – Kamera belakang
  6. – GPS
  7. – Layanan paket data yang baik.

 

 

Cara Unduh dan Install Pokemon Go Pada Andorid

 

Pokemon Go APK bisa diunduh di Link Download Pokemon Go, langsung dari browser ponsel Android. Dengan ukuran file sekitar 58MB, cukup cepat jika diunduh pada jaringan WIFI ataupun 4G. Jika ingin menghemat bandwidth, bisa copy saja dari teman yang sudah download melalui bluetooth transfer.

Setelah selesai mengunduh, buka file APK tadi dan akan muncul tampilan instalasi. Ikuti proses yang ada sampai selesai.

Selepas proses instalasi, jalankan game Pokemon Go dan ikuti langkah-langkah awal:

    1. – Perkenalan tentang dunia Pokemon: sebaiknya baca dan pahami apa yang disampaikan Profesor Willow.

 

    1. – Membuat account Pokemon Go: pilihlah username yang akan digunakan untuk saling mengenal pemain lain di dalam game.

 

    1. – Buat profile pemain: pilihlah warna dan gaya avatar pemain yang disukai. Mulai dari warna kulit, model rambut, sampai model sepatu.

 

Jika sudah semuanya, maka kita siap menjelajahi sekitar kita dan berburu Pokemon.

 

  • Menangkap Pokemon Pertama atau Pokemon Starter

 

Saat game dimulai, kita akan diminta untuk mengaktifkan GPS.

Segera setelah game mendeteksi lokasi kita berdasarkan GPS, akan ada tampilan avatar kita berada pada peta tepat lokasi kita berdiri. Perhatikan peta di layar ponsel dibandingkan dengan jalan di sekitar kita berdiri. Cobalah putar-putar arah dan perhatikan pula layar akan bergerak.

Dengan petunjuk dari Professor Willow, kita akan diberi kesempatan untuk menangkap Pokemon Starter dengan mudah.

  1. 1. Di sekeliling kita akan muncul 3 Pokemon, pilihlah salah satu (dengan cara ‘tap’) dan akan muncul tampilan Pokemon dengan latar belakang yang dilihat dari kamera.

 

  1. 2. Lemparkan Pokeball yang berada di bawah layar dengan cara melakukan ‘swiping’ ke arah pokemon tersebut. Pastikan lemparan bola mengenai lingkaran hijau di sekeliling Pokemon tersebut.

 

  1. 3. Saat pokemon sudah terkena pokeball, pegang pokeball dengan jari, tahan jangan sampai lepas sampai muncul informasi jika Pokemon berhasil ditangkap.

 

Tips Pokemon Go: menangkap Pikachu sebagai Pokemon Starter.

Saat diminta menangkap salah satu dari 3 Starter Pokemon, jangan memilih tetapi larilah (secara harfiah) ke tempat lain di luar lingkaran tersebut.

Saat berhenti, akan muncul lagi lingkaran dan 3 Pokemon di sekitar kita, larilah lagi untuk menghindar.

Setelah menghindar 4 kali, akan muncul pilihan 4 Pokemon yang bisa kita pilih, salah satunya adalah Pikachu. Segara tangkap si kuning lucu ini sebagai starter Pokemon-mu.

Jika terlanjur mendapatkan starter Pokemon lain akan tetapi ingin mengulang dari awal, cara yang bisa dilakukan adalah install ulang Pokemon Go dan ganti email yang digunakan untuk mendaftar.

 

 

 

Istilah-istilah Dalam Pokemon Go

 

  • Pokeball

 

b9962a11-e782-4fec-b3aa-8b19e2dff7ba

Pokeball adalah bola merah-putih yang digunakan untuk melempar Pokemon yang kita temui. Jumlah Pokeball terbatas, jadi lemparlah dengan hati-hati. Pokeball yang didapat akan disimpan dalam PokeBag.

 

Jika kehabisan Pokeball, kita masih bisa mencarinya di Pokestop.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Pokedex

b15d31f9-aed4-4353-a2b5-bd449567f2ae

Pokedex adalah daftar jenis-jenis Pokemon yang sudah berhasil ditangkap.

Sementara untuk melihat Pokemon yang sudah berhasil ditangkap bisa dilihat dengan melakuan tap pada ikon Pokemon. Tap masing-masing Pokemon yang ada untuk melihat informasi mengenai Pokemon tersebut.

Seperti halnya berburu serangga, perlu diingat bahwa kita bisa menangkap satu jenis Pokemon berkali-kali. Dan masing-masing Pokemon yang ditangkap walaupun satu jenis, bisa jadi mempunyai CP dan HP yang berbeda.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • CP (Combat Point),HP (Hit Point), Stardust, Candy, Power Up, Evolution

34b25fb5-4dbd-44c4-9c57-56480212c937

Setiap jenis pokemon memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Salah satu pembeda terbesar dalam Pokemon adalah ‘CP’ atau Combat Poin.

Sementara itu, masing-masing Pokemon memiliki status kesehatan dan kemampuan masing-masing:

HP (Hit Point). Semakin besar semakin baik.

Power Up: Untuk meningkatkan Hit Point, kita bisa melakukan ‘power up’ dengan menggunakan ‘candy’ dan ‘stardust’ yang bisa didapat di Pokestop.

Evolve: Sementara itu, lagi-lagi seperti serangga, Pokemon juga bisa berubah bentuk, jadi lebih besar dan lebih kuat.

Candy: Digunakan utnuk melakuan Power Up dan Evolve . Masing-masing jenis Pokemon memiliki tipe Candy yang spesifik.

 

Contohnya:

  • Krabby Kingler: membutuhkan 50 Krabby candy
  • Pidgey Pidgeotto Pidgeot : memerlukan 5 Pidgey candy untuk evolusi ke Pidgeotto, lalu 50 Pidgey candy untuk evolusi ke Pidgeot

 

  • Pokestop

 

Pada peta dalam game, kadang terdapat tempat yang telah ditandai dengan kotak-kotak berwarna biru.

Pokestop biasanya terletak pada fasilitas umum: sekolah, halte, taman, mushola, gereja, maupun museum dan kawasan wisata.

Di Pokestop terdapat berbagai jenis item yang bisa kita ambil. Untuk mengambil barang di Pokestop, secara fisik kita harus mendekat ke lokasi tersebut, lalu putar tanda biru sampai mendapatkan barang yang ada.

Di Pokestop juga biasanya terdapat pokemon yang berkeliaran yang bisa kita tangkap.

Semakin banyak Pokestop yang bisa kita datangi, semakin cepat pula kita bisa naik level.

 

  • Level

 

Level menunjukkan tingkatan dari setiap pemain Pokemon Go. Lvel pemain bisa naik setelah berhasil menangkap sejumlah pokemon tertentu, mendapatkan item tertentu, ataupun achievement yang lain.

Setelah level 5, pemain baru bisa ikut bertarung di Gym.

 

  • Pokemon Go Gym

 

Selain Pokestop, ada tanda pada peta yang terlihat lebih tinggi dan berbentuk seperti menara.

Gym adalah bagian penting dari permainan Pokemon, yaitu fungsi pemain sebagai “Pokemon Trainer”. Gym adalah tempat pemain melatih kemampuan Pokemon miliknya dengan mengadunya dengan Pokemon lain yang sedang menguasai Gym tersebut.

Biasanya Gym terletak pada ‘Landmark’ di suatu kawasan. Bisa berupa mall, ataupun taman.

 

 

 

 

 

  • Egg dan Egg Hatching

 

Kadang kala, pemain tidak menemukan Pokemon, tapi mendapatkan telurnya saja ‘egg’.

b3ac728e-2a7c-4615-9251-936fe9a1fc80Pemain Pokemon Go tidak mengetahui apa isi Egg tersebut sampai telur menetas. Tapi dengan melihat berapa lama waktu penetasan, kadang bisa diperkirakan apa isi telur tersebut.

Proses menetaskan telur “Egg Hatching dilakukan dengan cara membawa smartphone kita berjalan sejauh persyaratan yang ditentukan. Kegiatan menetaskan telur ini juga memberikan tambahan candy.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Have Fun dengan Pokemon Go!

 

Dengan berdasarkan informasi di atas, semua bisa ikut bermain dan menikmati Pokemon Go. Rasakan berpetualang dan mendapat teman-teman baru di Pokestop, tapi tetap waspada terhadap lingkungan sekitar.

 

 

Jangan lupa klik untuk berbagi…
 

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori