3 Panduan Penting Mencari Kerja Online

Panduan mencari kerja ini mungkin panduan mencari kerja yang paling Anda butuhkan karena kami akan memberitahu cara memanfaatkan online untuk mencari kerja!
0
3 Panduan Penting Mencari Kerja Online
0 (0%) 0 votes
featured image

Masalah lapangan pekerjaan yang semakin menyempit memang menjadi sumber kebingungan hampir semua orang. Semakin lama rasanya semakin sulit untuk mencari pekerjaan. Bila dulu banyak lowongan pekerjaan yang bahkan bisa dimasuki oleh lulusan SMA, kini bahkan banyak sarjana yang sudah menyelesaikan kuliahnya juga kesulitan untuk menjadi kerja. Namun, apakah lapangan pekerjaan sebenarnya memang menyempit? Nyatanya tidak juga. Bila Anda mencari di tempat yang tepat, sebenarnya Anda masih bisa menemukan perusahaan-perusahaan yang masih membuka lowongan. Anda bisa mencoba mengikuti panduan mencari kerja berikut ini untuk memudahkan Anda mencari lowongan pekerjaan.

 

Panduan mencari kerja yang akan Hello-PET berikan ini mungkin agak sedikit berbeda, karena di sini kami akan lebih banyak menjabarkan pada Anda bagaimana cara mencari kerja dengan memanfaatkan media-media online yang memang sudah sangat menjamur di era digital ini. Apakah Anda sudah siap untuk mendapatkan insight cara mencari kerja yang agak berbeda ini. Tapi, tenang saja, selain memberikan panduan dalam mencari kerja dengan memanfaatkan media online, kami juga akan sedikit memberikan penjelasan mengapa memanfaatkan media online merupakan cara mencari pekerjaan yang lebih tepat dilakukan sekarang ini.

 

(Baca juga: Ingin Mengurus Paspor Lebih Muda? Paspor Online Jawabannya)

 

 

 

Teknologi Mengubah Bidang Dan Cara Kerja

 

Dengan berkembangnya era digital sejak beberapa tahun terakhir, beberapa perubahan memang tak dapat dielakkan. Seiring dengan munculnya kesadaran mengenai pentingnya percepatan penyampaian informasi, banyak dari kita mulai melirik internet sebagai sebuah media yang memenuhi kebutuhan kita untuk percepatan-percepatan tersebut. Tak hanya kita sebagai pengguna awam, banyak perusahaan juga melirik internet untuk mengukuhkan online presence mereka di dunia digital ini. Tak hanya perusahaan-perusahaan besar saja, kebutuhan untuk memiliki online presence ini dimiliki oleh hampir seluruh bidang profesional. Bahkan perusahaan surat kabar yang menggeluti bidang media cetak saja sudah mulai melirik dunia digital dan menyajikan berita-beritanya secara digital.

 

Internet yang membantu kita untuk menyampaikan informasi dengan lebih cepat dan juga mudah pun kemudian mulai menggeser persepsi yang kita, dan juga perusahaan-perusahaan yang ada, miliki. Menyebar lowongan pekerjaan menggunakan media cetak seperti koran dan juga majalah sudah mulai ditinggalkan dan tak sebanyak dulu lagi. Perusahaan pun mulai beralih menggunakan media sosial yang lebih murah, baik untuk mempromosikan kegiatan-kegiatannya maupun untuk hal lain seperti menyebarkan informasi lowongan pekerjaan yang dimiliki. Oleh karena itu, sebagai pencari pekerjaan, Anda pun perlu juga untuk mengubah persepsi dan mulai memanfaatkan media-media sosial maupun dunia digital itu sendiri sebagaimana fungsinya. Dengan semakin diliriknya dunia digital, mengikuti panduan mencari kerja dengan memanfaatkan media online menjadi sangat masuk akal, bukan?

 

(Baca juga: Wah! Mantan Pengamen Punya Omzet Rp 80 Juta Berkat Bisnis Online)

 

 

 

Situs-Situs Pencari Kerja

 

Langkah atau tips mencari kerja yang pertama dan bisa Anda gunakan sebagai panduan mencari kerja dengan memanfaatkan media online adalah dengan mulai melirik situ-situs pencari kerja. Disadari atau tidak, sekarang ini sudah banyak sekali situs-situs di internet, baik yang berbentuk media sosial, forum, maliling list maupun situs-situs pada umumnya yang memang didesain untuk mengumpulkan para pencari kerja dan juga perusahaan-perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan. Di sana, Anda bisa mencari mana perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan dan juga bisa mencari pekerjaan macam apa yang Anda inginkan. Selain mencari pekerjaan, di situs-situs semacam ini Anda juga bertukar pikiran maupun informasi dengan pengguna yang lain sehingga peluang Anda untuk menemukan lowongan pekerjaan pun juga akan semakin besar.

 

Anda bisa mencoba mencari di Google dengan kata kunci ‘job seeker’ untuk menemukan situs-situs semacam itu. Salah satu situs pencari kerja yang bisa Anda gunakan sebagai panduan mencari kerja antara lain adalah jobstreet dan juga jobseeker yang menggunakan bahasa Inggris. Bila Anda ingin mencari situs berbahasa Indonesia, Anda bisa menuju karir.com yang sebenarnya serupa namun bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia. Di situs-situs tersebut, Anda bisa mencari jenis pekerjaan yang Anda inginkan. Anda juga bisa menggunakan fitur filter untuk mempersempit pencarian Anda. Misalnya saja, Anda hanya ingin mencari pekerjaan di Pulau Jawa atau Pulau Bali saja, situs-situs semacam ini akan mempermudah Anda untuk mencari perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan di tempat yang sudah Anda tentukan.

 

(Baca juga: 4 Alasan Untuk Mulai Jadi Blogger Sekarang!)

 

 

 

Mengoptimalkan Online Presence

 

Online presence atau keberadaan di dunia maya tidak hanya penting bagi perusahaan-perusahaan semata. Online presence ini juga penting bagi Anda yang tengah mencari pekerjaan. Dengan memaksimalkan keberadaan Anda di dunia maya, maka akan mudah juga bagi Anda untuk menunjukkan bahwa Anda ahli di suatu bidang, sehingga ketika ada sebuah perusahaan yang menggeluti bidang yang Anda tekuni, akan semakin mudah bagi perusahaan tersebut untuk mempercayai keahlian Anda di bidang tersebut. Anda perlu tahu bahwa beberapa perusahaan, terutama yang bekerja di bidang digital, akan melakukan pengecekan latar belakang kepada Anda sebelum mereka menerima Anda sebagai pegawainya, baik dengan mengecek Twitter maupun Facebook Anda. Online presence yang kuat ini akan membantu Anda mendapatkan penilaian yang positif di mata mereka.

 

Untuk mengukuhkan online presence, Anda bisa memanfaatkan media sosial sebaik mungkin. Mulailah memilah konten yang ingin Anda bagi melalui media sosial yang Anda miliki. Selain media-media sosial seperti Twitter atau Facebook, ada juga media sosial yang memang bersifat profesional yang bisa Anda gunakan seperti about.me dan juga linkedin. Media-media sosial tersebut akan membantu Anda untuk membangun online presence di bidang tertentu. Di sana, Anda bisa menambahkan informasi semacam bidang apa yang saat ini tengah Anda geluti dan seberapa mampu Anda di bidang tersebut.

 

(Baca juga: Sering Browsing Internet Malah Bikin Stres? Kok Bisa?)

 

 

 

Memperluas Jaringan Dalam Mencari Kerja

 

Langkah ketiga, sekaligus terakhir, dalam panduan mencari kerja ini adalah memperluas jaringan. Dunia digital yang mengedepankan percepatan dalam penyampaian informasi mengharuskan Anda untuk memperluas jaringan guna mendapatkan informasi dengan cepat pula. Perluaslah lingkaran pertemanan yang Anda miliki. Bedanya, bila Anda memperluas lingkaran pertemanan di luar dunia nyata, informasi yang disampaikan di sana juga terbatas pada informasi mengenai hal-hal yang terjadi sehari-hari, sementara dunia digital yang mempermudah penyampaian informasi akan membuat Anda mendapatkan informasi yang lebih banyak dalam waktu yang relatif sama.

 

Di sini Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk memperbanyak teman yang bisa memberikan Anda informasi-informasi mengenai lowongan pekerjaan. Terlebih dunia digital mengizinkan Anda untuk bergabung dalam forum-forum khusus yang hanya membahas bidang-bidang yang Anda geluti sehingga Anda bisa dengan lebih mudah dan cepat mendapatkan informasi yang Anda butuhkan di bidang-bidang tersebut, termasuk lowongan pekerjaan yang Anda. Lingkaran pertemanan ini tidak terbatas pada akun-akun personal saja, tetapi Anda juga bisa mengikuti update pemberitaan dari perusahaan-perusahaan yang Anda incar di kanal-kanal media sosial yang mereka gunakan. Tentu saja hal ini lebih mudah dibanding membaca lowongan pekerjaan di koran setiap hari untuk mendapatkan informasi tersebut, apalagi belum tentu perusahaan yang Anda incar tersebut mengiklankan lowongannya di koran yang Anda baca, bukan? Media sosial akan membuat penyampaian informasi ini lebih personal sekaligus profesional dalam saat yang sama.

 

(Baca juga: Kepolisian Swedia Bantah Emoticon Facebook Bisa Mengganggu Privasi)

 

 

 

Memanfaatkan Dunia Digital Untuk Mencari Kerja

 

Dari tips dan trick yang sudah Hello-PET berikan sebagai panduan mencari kerja di atas, tentunya Anda sudah sadar bukan bila dunia online pada umumnya dan media sosial pada khususnya tidak lagi menjadi sesuatu yang personal atau wadah bagi Anda untu menceritakan sesuatu yang personal mengenai diri Anda. Pemanfaatan dunia digital yang baik bisa Anda gunakan untuk mulai membangun personal branding yang Anda miliki sebagai seorang pencari kerja.

 

Tiga langkah mudah mencari situs-situs pencari kerja, membangun online presence dan juga memperluas jaringan merupakan panduan mencari kerja online yang bisa Anda gunakan sebaik-baiknya guna mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Bukan tidak mungkin bila Anda aktif mengunjungi situs-situs tersebut dengan online presence yang sudah terbentuk dan jaringan yang sudah kuat, justru perusahaan-perusahaan tersebutlah yang akan menemukan Anda. Era digital memang memungkinkan hal ini terjadi, lho! Jadi, ayo gunakan sebaik mungkin untuk mencapai cita-cita Anda!

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori