Inilah Panama Papers Yang Lagi Heboh Itu. Kamu Harus Tau Nih!

para pengusaha besar, selibriti, dan olahragawan kelas dunia biasanya memanfaatkannya untuk menyembunyikan sejumlah asetnya agar terhindar dari pajak di negaranya
0
Inilah Panama Papers Yang Lagi Heboh Itu. Kamu Harus Tau Nih!
0 (0%) 0 votes
000001panamapapers

Beberapa hari ini media-media tanah dihiasi dengan headline Panama Papers. Lalu apa sebenarnya Panama Papers itu? Dilansir Kompas, Agar tidak bingung memaknai “Panama Papers”, jurnalis Vox, German Lopez, dan redditor, DanGliesack, memberikan gambaran sederhana mengenai “Panama Papers” berupa ilustrasi anak dan celengan babi.

 

Sederhananya begini, si anak menyimpan celengan babinya di tempat rahasia.

 

panama papersSource: Kompas

 

 

Namun, ibu si anak terus-menerus mengecek berapa banyak uang yang ditabung dalam celengan, atau uang yang diambil. Si anak kurang suka dengan aksi si ibu.

 

panama papersSource:Kompas

 

 

Lalu, si anak membeli celengan babi baru, dan menempatkannya di rumah Johnny, temannya.

 

panama papersSource: Kompas

 

 

Kebetulan, ibu Johnny sibuk. Dia tidak mengecek celengan babi Johnny. Jadi, si anak bisa menyimpan celengannya tanpa seorang pun mengeceknya.

 

Anak tetangga lain berpikir, ide si anak sangat bagus.

 

panama papersSource: Kompas

 

 

Jadi, mereka juga menyimpan celengan babinya ke lemari Johnny.

 

panama papersSource: Kompas

 

 

Sayangnya, suatu hari, ibu Johnny menemukan banyak celengan babi di lemari anaknya.

 

panama papersSource: Kompas

 

 

Dia marah, lalu menelepon semua orangtua teman anaknya, lalu mengadukan bahwa anak-anak mereka menyembunyikan uang di lemari anaknya.

 

Nah, itulah yang terjadi dengan kebocoran dokumen. Jadi, banyak pihak penting yang menyembunyikan “celengan babi”-nya di rumah Johnny, yakni di Panama.

 

panama papersSource: Kompas

 

 

Artinya, tidak semua yang menyembunyikan uangnya di rumah Johnny melakukan hal buruk. Bisa saja, mereka hanya ingin privasi. Namun, bisa juga sebaliknya, tetangga si anak, Michael namanya, menyimpan uang di rumah Johnny sebab dia mencuri uang dari dompet ibunya.

 

Sementara itu, anak lain, Jacob, mencuri uang makan orang lain dan tidak ingin ketahuan orangtuanya agar mereka tidak bertanya darimana uang yang didapat Jacob. Segera, kita semua akan mengetahui apa alasan para pesohor ini menyimpan “celengan babi”-nya di Panama, baik yang berniat buruk maupun tidak.

 

Namun, semua anak yang menyimpan celengan babi di rumah Johnny tersebut masih dalam masalah sebab tidak boleh menyimpannya di lemari “rahasia” di rumah orang lain.

 

Singkatnya, dari berbagai sumber menyebutkan, perusahaan offshore adalah perusahaan yang didirikan di negara-negara yang menganut sistem perpajakan dengan bunga super rendah, atau bahkan nol persen, yang biasanya disebut negara “tax haven”, seperti di Panama.

 

Sedangkan para pengusaha besar, selibriti, dan olahragawan kelas dunia biasanya memanfaatkannya untuk menyembunyikan sejumlah asetnya agar terhindar dari pembayaran pajak di negaranya. Contohnya, Messi dan Jackie Chan.

 

Sementara itu, dalam Panama Papers, nama warga negara Indonesia (wni) yang disebut di dalam data tersebut diantaranya pengusaha minyak Riza Chalid dan buron Kejaksaan Agung, Joko S. Tjandra. Berikut ini beberapa nama dalam Panama Papers selain mereka.

 

Garibaldi “Boy” Thohir (Adaro): Harold Heights Group Ltd

“Ini hal lumrah. Saat memiliki klub bola, saya pakai SPV (special purpose vehicle/perusahaan khusus) di luar negeri, jadi otomatis nama saya terpublikasi.”

Source: m.tempo.co

 

 

Sandiaga Uno atau Sandi Uno (Saratoga, Recapital): Aldia Enterprises, Attica Finance Ltd, dan Ocean Blue Global Holdings Ltd (melalui Saratoga Equity Partners)

“Saya memang punya rencana membuka semuanya, karena saya sekarang dalam proses mencalonkan diri menjadi pejabat publik.”

Source: m.tempo.co

 

 

Fransiscus Welirang (Indofood): Azzorine Ltd (melalui BOS Trust Company Ltd)

“Iya, benar, itu perusahaan saya. Perusahaan satu dolar.”

Source: m.tempo.co

 

 

Airlangga Hartanto (Politikus Partai Golongan Karya): Buckley Development Corporation

“Buckley? Buckley, saya belum tahu. Nanti saya cek dulu.”

Source: m.tempo.co

 

 

Johnny Gerard Plate (Politikus Partai NasDem): Serenity Pacific Ltd

“Ini jangan menjadi rumor atau berita yang tendensius dan cenderung fitnah.”

Source: m.tempo.co

 

 

Hilmi Panigoro (Medco Group): Bartonia Capital Ltd

“Saya punya banyak perusahaan offshore sebagai wahana investasi dan mengelola risiko. Tapi, setelah saya cek, Bartonia tidak ada dalam daftar yang dimiliki Grup Medco atau saya pribadi.”

Source: m.tempo.co

 

 

Source : Kompas

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori