Tiru 3 Pilihan Pakaian untuk Wawancara Kerja Ini!

Pakaian untuk wawancara kerja jangan pernah disepelekan, karena dari pakaian yang kamu kenakan, orang yang mewawancaraimu bisa menilai seberapa keseriusanmu!
0
Tiru 3 Pilihan Pakaian untuk Wawancara Kerja Ini!
0 (0%) 0 votes

Apakah kamu sedang melamar sebuah pekerjaan dan sudah mendapatkan panggilan untuk wawancara? Bila jawabannya adalah iya, apakah kamu sudah menyiapkan pakaian yang akan kamu kenakan untuk wawancara tersebut? Jangan pernah menyepelekan pakaian untuk wawancara kerja, karena biasanya inilah penilaian pertama yang akan mereka berikan padamu dalam wawancara. Meskipun tidak menjadi penialaian yang resmi, tetapi pakaian yang kamu kenakan akan menguatkan kesan pertamamu. Tentunya, kamu tidak ingin meninggalkan kesan pertama yang serampangan, bukan? Oleh karena itu, jangan mengenakan pakaian yang serampangan pula. Pastikan bahwa kamu mengerti pentingnya mengenakan pakaian yang mampu menguatkan keseriusanmu dalam melamar kerja.

 

 

 

Bila kamu bingung ingin mengenakan pakaian apa pada saat wawancara kerja nanti, jangan buru-buru panik karena di sini Hello-PET akan memberikan tips bagaimana memilih pakaian untuk wawancara kerja. Di sini kami akan membagikan 3 pilihan pakaian yang bisa kamu kenakan saat wawancara kerja. Jangan khawatir, kami akan memberikan 3 pilihan pakaian untuk perempuan dan juga 3 pilihan pakaian untuk laki-laki, jadi kamu tidak perlu buru-buru kecewa dahulu. Pilihan-pilihan pakaian yang akan kami berikan ini tidak terlalu rumit atau aneh-aneh, kamu bisa menggunakan pakaian yang sudah ada di dalam lemari bajumu. Kalaupun ada jenis pakaian yang belum kamu miliki di lemari bajumu, kami pastikan kamu akan dengan mudah menemukannya di department store terdekat. Sudah siap? Langsung saja!

 

 

 

 

Gaya Busana Laki-Laki Untuk Wawancara Kerja

 

Untuk laki-laki, busana untuk wawancara kerja memang tidak sebanyak pilihan busana untuk perempuan. Namun, meskipun demikian, jangan menyepelekan juga karena meskipun dengan pilihan yang terbatas pun kamu masih bisa memaksimalkan kesan pertama yang ingin kamu tinggalkan di benak mereka yang mewawancaraimu. Selalu sediakan celana berbahan kain atau chino, ikat pinggang dengan gesper kotak yang besar namun tidak terlalu mencolok dan sepasang sepatu pantofel hitam yang sudah disikat dan disemir hinga hitam mengkilat. Kelengkapan busana ini merupakan sebuah keharusan bila kamu ingin berhasil melewati wawancara yang akan kamu jalani dengan nilai yang memuaskan. Berikut ini kami berikan 3 tips untuk memaksimalkan penampilanmu!

 

(Baca juga: Tiru 3 Cara Menjawab Pertanyaan Saat Wawancara Kerja Ini!)

 

 

 

 

Pakaian Untuk Wawancara Kerja : Warna Biru Navy dan Abu-Abu Gelap

 

Untuk laki-laki, pilihan warna biru navy atau abu-abu gelap adalah pilihan pakaian untuk wawancara kerja yang aman. Gunakan kemeja atau jas berwarna navy atau abu-abu gelap yang polos untuk wawancaramu. Kebanyakan kemeja memang kini banyak dipenuhi motif garis-garis yang halus. Coba cek, tampaknya di dalam lemari bajumu pun mungkin sama seperti itu. Namun, kemeja yang polos akan lebih tepat dikenakan pada saat wawancara kerja karena kemeja-kemeja semacam ini akan terlihat lebih solid sehingga kamu bisa memunculkan kesan pertama yang tanggung. Untuk bawahan, selalu gunakan celana berbahan kain atau chino yang elegan.

 

 

Pakaian Untuk Wawancara Kerja : Kemeja Putih

 

Pilihan pakaian untuk wawancara kerja yang lebih aman adalah kemeja putih polos biasa. Namun, pastikan kemeja yang kamu pilih ini terbuat dari bahan katun yang akan membuat warna putih pada kemejamu tampak semakin cerah bila dibandingkan dengan kemeja dari bahan-bahan kain yang lain. Bila kamu memilih kemeja warna putih, maka kamu perlu mengimbanginya dengan aksesori lain yang bisa membuatnya lebih mencolok. Pasangan untuk kemeja tentu saja dasi. Tetapi untuk dasi pun, pastikan memilih yang tepat. Pilihlah dasi dengan motif polkadot kecil atau garis-garis klasik. Lengkapi dengan ikat pinggang bergesper besar dan juga sepasang sepatu yang hitam mengilat.

 

(Baca juga: 3 Panduan Penting Mencari Kerja Online)

 

 

 

 

Patuhi Dresscode Saat Wawancara Kerja

 

Tips dan trick yang ketiga ini bahkan lebih aman lagi. Ketika kamu menerima panggilan untuk wawancara, sebenarnya kamu bisa bertanya apakah ada dresscode tertentu pada saat wawancara. Untuk beberapa perusahaan tertentu, ada yang sudah menentukan terlebih dahulu pakaian untuk wawancara kerja yang harus dikenakan. Bila perusahaan tersebut memang tidak memiliki dresscode khusus, biasanya mereka akan menjawab gaya business casual atau gaya formal yang santai. Bila kamu mendapat jawaban ini, jangan terburu-buru untuk langsung mengenakan kaos yang santai atau semacamnya. Tetap gunakan kemeja formal atau pakaian resmi lainnya supaya kamu tak dianggap menyepelekan wawancara kerjamu, ya!

 

 

 

 

Gaya Busana Perempuan Untuk Wawancara Kerja

 

Untuk kamu para perempuan yang sedang cemas menerima panggilan interview setelah mengobrak-abrik lemari baju mencoba menemukan pakaian untuk wawancara kerja, tiga pilihan busana berikut ini bisa kamu tiru. Bagi perempuan, memang pilihan pakaian untuk dikenakan pada saat wawancara memang tidak terlalu terbatas seperti pada laki-laki, namun justru itu kamu harus lebih berhati-hati. Justru karena kamu memiliki pilihan yang tak terbatas, maka kombinasi padu-padan untuk pakaian yang akan kamu kenakan pun jadi banyak sekali. Kamu perlu tahu mana padu-padan yang aman digunakan untuk wawancara kerja dan mana yang sebaiknya dihindari, bukan? Mari kita coba tiga gaya berikut ini!

 

(Baca juga: 3 Tips Mencari Kerja di Luar Negeri)

 

 

 

 

Gaya Klasik nan Elegan Untuk Wawancara Kerja

 

Pakaian untuk wawancara kerja yang paling aman bagi perempuan adalah kemeja lengan panjang putih polos dengan sedikit renda di bagian leher yang memanjang sampai ke kancing nomor dua. Sama seperti warna aman untuk laki-laki, gabungkan kemeja lengan panjang tersebut dengan cardigan atau suit berwarna biru navy atau abu-abu gelap yang akan menonjolkan keprofesionalanmu.

Untuk pilihan bawahan, kamu bisa menggunakan rok span atau celana panjang dengan warna senada. Percantik gayamu dengan pumps hitam yang elegan namun tetap terkesan profesional. Dandanan semacam ini tentu tak akan lengkap dengan pilihan aksesori yang sama elegannya, bukan? Jangan terlalu berlebihan mengenakan gelang ataupun giwang, seperlunya saja untuk menambahkan corak busanamu.

 

(Baca juga: Koleksi Busana Hijab & Abaya Kontroversial Dari D&G)

 

 

 

Gaya Santai yang Menawan Saat Wawancara Kerja

 

Bila kamu merasa cardigan atau suit terlalu formal untuk gaya wawancara kerjamu, kamu bisa meninggalkan itu. Gunakan pakaian untuk wawancara kerja yang lebih santai seperti blus putih biasa yang terang untuk membuat penampilanmu terlihat lebih menawan. Untuk pakaian semacam ini, kalung yang cantik dengan rantai kecil dan bandul ukuran kecil sudah cukup untuk membuatmu tampil menarik dan memiliki ciri khas yang mudah diingat. Kenakan pula rok span warna hitam untuk mengontraskan blus putih yang kamu kenakan. Pumps hitam masih bisa kamu gunakan dalam gaya yang santai ini, atau kamu juga bisa mengenakan sepatu boots yang akan terlihat lebih santai lagi.

 

(Baca juga: 6 Cara Cepat Mencari Pekerja Impian)

 

 

 

 

Menyesuaikan Pakaian Dengan Image Perusahaan

 

Bila kamu melamar di perusahaan start up atau perusahaan digital yang santai dan tidak mengharuskan pegawainya mengenakan pakaian yang formal, tampil dengan busana yang terlalu kaku pada saat wawancara kerja jelas akan membuatmu terlihat salah kostum, Celana jeans hitam yang dipadu-padankan dengan kemeja sederhana dan sweater yang manis sudah cukup untuk ini. Kenakan ballet flats sebagai ganti pumps yang terlalu formal. Tapi, bila kamu melamar pekerjaan di perusahaan yang dekat dengan bidang fashion, jangan ragu-ragu untuk tampil maksimal dengan busana-busana bermerk yang kamu sukai. Menyesuaikan pakaian dengan image perusahaan akan membuatmu jauh lebih profesional dibanding dengan berdandan total yang berakibat dengan salah kostum. Jangan sampai kamu gagal dalam wawancara kerja hanya karena pakaianmu!

 

 

 

Menyempurnakan Penampilan Saat Wawancara Kerja

 

Bila kamu sudah memiliki pilihan pakaian untuk wawancara kerja, kini saatnya bagimu untuk menyempurnakan penampilan. Kamu harus ingat bahwa penampilan bukan hanya dilihat dari busana apa yang kamu kenakan pada saat wawancara kerja, tetapi juga fisikmu secara keseluruhan. Jangan sampai kamu sudah menemukan busana yang tepat tetapi datang ke wawancara kerjamu dengan rambut yang kusut acak-acakan. Pastikan selalu membawa sisir pada saat wawancara, terutama bila kamu datang ke tempat wawancara tersebut menggunakan helm yang akan membuat rambutmu berantakan. Datanglah lebih awal untuk menata penampilan terlebih dahulu.

 

 

 

Bagi kamu yang sedang mencari kerja dan tengah menunggu panggilan untuk wawancara, menyiapkan parfum adalah sebuah keharusan. Pastikan kamu tetap wangi saat melakukan wawancara, karena ini akan sangat mendukung penampilanmu. Terlebih bila kamu mudah berkeringat atau harus berdesak-desakan di dalam angkutan umum untuk menuju ke calon tempat kerjamu yang baru. Skill dan kemampuan kerja memang dibutuhkan agar kamu lolos dalam wawancara, tetapi yakinlah bahwa penampilanmu juga akan mempengaruhi penilaianmu pada saat wawancara. Jadi, jangan sampai memberikan penilaian yang buruk pada saat wawancara, ya!

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori