Harga Obat Naik 5 Ribu Persen, Martin Shkreli Dibenci

0
Harga Obat Naik 5 Ribu Persen, Martin Shkreli Dibenci
0 (0%) 0 votes
000001mostofhatemaninUS

Martin Shkreli, menjadi obyek kebencian netizen, namanya disebut sekitar 20.000 an postingan di internet. Sebenarnya, apa dosa si Shkreli ini, hingga dibenci seluruh Amerika?
.
Setelah membaca “daftar dosa” Shkreli ini, kamu mungkin juga ingin ikut mengambil garpu rumput dan bergabung dengan massa untuk menyerangnya.
Shkreli adalah pendiri Turing Farmasi, umur 32 tahun, mantan manager “hedge fund”.

Minggu ini, Shkreli jadi obyek kemarahan media sosial, setelah terungkap ia membeli hak paten untuk obat yang dapat menyelamatkan jiwa dan segera mendongkrak harga per pil dari $13,50 ke $750 –yang artinya Shkreli meningkat harga per dosis lebih dari 5.000 persen. Terlalu!

Obat yang disebut Daraprim, telah di pasar selama 62 tahun dan digunakan untuk melawan infeksi yang mematikan parasit pada wanita hamil, orang lainnya beresiko, orang-orang dengan malaria dan orang-orang dengan AIDS.

Harga baru tersebut membawa biaya tahunan mengobati penyakit dengan obat berpotensi ratusan ribu dolar, dan menurut toThe New York Times, menempatkan obat benar-benar keluar dari jangkauan untuk beberapa rumah sakit dan orang-orang di daerah berpenghasilan rendah.

Oh ya, biaya pembuatan obat ini, “sangat sedikit,” atau kurang dari $1 per pil.
Jadi apa yang harus Shkreli dan orang baik di Turing lakukan pada obat itu untuk membenarkan kenaikan harga 5000 persen tersebut? Tidak ada! Ini rupanya obat yang sama persis sudah sejak awal.

Tapi ini bukan pertama kalinya Shkreli dituduh dengan hal jahat di dunia farmasi besar. Tahun lalu, ia dipecat dari perusahaan obat ia yang dimulainya,  karena diduga mencoba untuk memanipulasi peraturan FDA pada perusahaan obat yang sahamnya ia korslet untuk keuntungan pribadi. Hal ini yang menyebabkannya jadi “mantan” manager hedge fund.

Perusahaan tersebut kini menggugatnya sebesar $65 juta kareba dilaporkan menggunakan keuntungannya untuk membayar kembali kreditur marah.

Dalam sebuah surat terbuka kepada Turing, Infectious Diseases Society of America dan HIV Medicine Association menulis bahwa mendongkrak harga dilembagakan oleh perusahaan adalah “tidak dibenarkan” untuk populasi pasien medis rentan membutuhkan obat ini dan tidak mendukung untuk sistem perawatan kesehatan.”
.
Shkreli membela dirinya dengan mengatakan kepada wartawan: Ini bukan perusahaan obat serakah mencoba untuk menipu pasien, itu adalah kami berusaha untuk tetap dalam bisnis … Ini benar-benar tidak masuk akal untuk mendapatkan kritik seperti ini.”
.
Tetapi untuk orang-orang baik dari Twitter, itu masuk akal baginya untuk dikritik karena menyebabkan tidak terjangkaunya obat bagi mereka yang sangat membutuhkan.
.
Dan bukannya menulis surat profesional yang super seperti IDSA, atau hanya membiarkan Shkreli lolos seperti ia berharap, Internet memutuskan untuk membanjiri feed sosialnya dan pada dasarnya dia keluar sebagai parasit kebal obat. Simak kicauan “merdu” para netizen untuknya…


@MartinShkreli Sebagai anak dari dokter terkenal didunia dalam bidang penyakit infeksi, biar kukatakan: Kamu adalah perwujudan dari iblis
— Kurt Eichenwald (@kurteichenwald) September 21, 2015


CEO Martin Shkreli menyatakan dia harus mendongkrak harga obat 5.500% untuk R&D, tapi dokter memberitahu CNBC mereka tak butuh R&D. https://t.co/qWWZPfPLks
— Ben Norton (@BenjaminNorton) September 21, 2015
Nb. R&D adalah singkatan dari research&development


Aku ingin melihat seseorang mengubah tempurung lututnya jadi debu https://t.co/4jL4tkr44j
— MC ☭ (@theOFFICIALmilf) September 21, 2015


Sedihnya, @martinshkreli, belum ada obat dipasaran untuk mengobati orang brengsek.
— Xeni Jardin (@xeni) September 21, 2015


Bahkan Hillary Clinton ikut beraksi!

Mendongkrak harga seperti ini dalam pasar obat khusus adalah keterlaluan. Besok aku akan membuat rencana untuk mengurusnya. -H https://t.co/9Z0Aw7aI6h
— Hillary Clinton (@HillaryClinton) September 21, 2015


Walaupun, masih ada saja orang yang mendukung Shkreli di media sosial. Dan jangan khawatir, Shkreli me-retweet semua dari mereka hanya sehingga kita tahu siapa orang-orang yang harus di unfollow!


@MartinShkreli Loved your interview on @cnbc. Thank you for defending capitalism.
— Vlad Mazek (@vladmazek) September 21, 2015

@MartinShkreli Doing good schooling these fools. “Are you short” LOL. Keep going dude
— BossHogg (@KarlusMaxiumus) September 21, 2015


Dan setelah diserang secara massal di internet, akhirnya Shkreli menyatakan bahwa dia akan menurunkan harga, tapi belum menyatakan sejauh apa akan diturunkan.

Kalau menurut aku pribadi sih, manusia semacam itu pantes di bully di internet, biar kapok. Mana boleh, harga obat penting dipermainkan seenak jidatnya! Kalau menurutmu gimana?

Yuk di share dan berikan komentarmu

source: ELITE DAILY

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori