Ahmad Dhani, Musisi Cerdas yang Punya Sentuhan Magis

Sudah beberapa dekade ini Indonesia selalu dimanjakan oleh karya musik yang ditelurkan Musisi Ahmad Dhani. Mari kita lanjutkan fakta fakta menarik Ahmad Dhani
0
Ahmad Dhani, Musisi Cerdas yang Punya Sentuhan Magis
0 (0%) 0 votes
Ahmad Dhani

Ahmad Dhani adalah seorang Musisi kenamaan Tanah Air yang terlahir dengan nama Dhani Ahmad Prasetyo, di Surabaya pada 26 Mei 1972. Ia juga merupakan pentolan DEWA 19, sebuah grup band yang sukses merajai panggung musik Indonesia sepanjang dekade 1990 dan 2000-an.

 

Minat dan Bakat Musik Ahmad Dhani

 

Minat dan Bakat Musik Ahmad Dhani
Minat dan Bakat Musik Ahmad Dhani via liriklaguindonesia.net

 

Minat Ahmad Dhani terhadap musik dibangun oleh Kakak tirinya, Dadang S. Manaf, yang juga merupakan salah satu Musisi kenamaan Indonesia. Melihat hal ini, Ayahanda Dhani, Eddy Abdul Manaf, kemudian membekalinya sebuah keyboard dan mengikutsertakannya ke dalam les dengan harapan akan menjadi unggul di genre musik klasik.

 

Bakat musik Dhani semakin menggila ketika menginjak bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Ia dan ketiga sahabatnya, Andra Junaidi, Erwin Prasetya, dan Wawan Juniarso, sepakat untuk mendirikan sebuah band yang dinamai DEWA pada 1986. Di band ini Dhani bertindak sebagai Keyboardis sekaligus Vokalis.

 

Dhani yang semula intens di jalur rock mengubah kiblat musiknya ke genre jazz yang kemudian diikuti perubahan nama Dewa menjadi Downbeat. Dengan nama baru band-nya, Dhani sempat menjuarai Festival Jazz Remaja se-Jawa Timur, juara I Festival band SLTA ’90 atau juara II Djarum Super Fiesta Musik. Namun akhirnya Dhani kembali ke jalur rock dan mengibarkan bendera DEWA 19 dengan tambahan Ari Lasso.

 

Ketiadaan Studio yang memadai di tanah kelahirannya, Surabaya, memaksa Dhani Cs hijrah ke Jakarta pada tahun 1991. Dhani mencoba memasuki banyak Perusahaan Rekaman dengan harapan ada yang mau melabeli Dewa 19.  Setelah sempat ditolak sejumlah label, Dhani dan band-nya kemudian dilirik Jan Djuhana dari Team Records. Kejadian kecil inilah yang menjadi awal dari segala kebesaran nama Ahmad Dhani di kancah musik Tanah Air.

 

Pada tahun 1992, Dewa 19 menelurkan album perdananya yang diberi tajuk “Dewa 19 (1992)”. Album tersebut meledak di pasaran seiring melejitnya sejumlah hits seperti ”Kangen” dan ”Kita Tidak Sedang Bercinta Lagi”. Album itupun menjadi album terlaris pada tahun 1993, yang kemudian berujung pada diganjarnya Dewa 19 sebagai band pendatang baru terbaik.

 

Kesuksesan Ahmad Dhani dengan Dewa 19-nya berlanjut di album-album berikutnya. Hingga saat ini, setidaknya ada 11 album yang berhasil ditetaskan Dhani Cs, yakni Dewa 19 (1992), Format Masa Depan (1994), Terbaik Terbaik (1995), Pandawa Lima (1997), The Best Of Dewa 19 (1999), Bintang Lima (2000), Cintailah Cinta (2002), Atas Nama Cinta I & II (2004), Laskar Cinta (2004), Republik Cinta (2006), dan Kerajaan Cinta (2007).

 

Kecerdasan Dhani dalam bermusik tak hanya membawa harum nama Dewa 19. Sepanjang kiprahnya di industri musik, Dhani sudah mengorbitkan banyak penyanyi dan grup musik yang juga sukses berkat sentuhan magisnya. Bekas Suami Maia Estianty ini adalah salah satu Musisi yang mampu mengubah yang bukan siapa-siapa menjadi bintang yang dipuja-puja.

 

Baca Juga: Waduh! Ahmad Dhani Di-bully Fans Maia Estianty di Dunia Maya

 

Penyanyi Pertama Orbitan Dhani

 

Penyanyi Pertama Orbitan Dhani
Penyanyi Pertama Orbitan Dhani via britisia.com

 

Di masa keemasan Dewa 19, Dhani dkk memiliki banyak Penyanyi latar. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah Reza Artamevia. Dhani melihat Reza memiliki warna tersendiri dalam kemampuan vokalnya. Ia pun terpikat untuk mengorbitkan Penyanyi yang khas dengan suara altonya itu.

 

Di bawah bimbingannya yang bertindak sebagai Produser, Reza kemudian mengeluarkan album perdana yang bertajuk “Keabadian”. Album tersebut banyak mengemas lagu-lagu yang begitu indah didengar, bahkan salah satu lagu yang berjudul “Pertama” sukses membawa Reza menduduki no 1 tangga-tangga lagu di Indonesia dan menjadi Hits Fenomenal saat itu. Di tengah masalah krisis moneter yang melanda Indonesia, album “Keabadian” sukses terjual hingga lebih dari 100.000 kopi, dan kontan melabungkan nama Reza di balntika musik Tanah Air.

 

Ahmad Dhani dan Dewi Dewi

 

Ahmad Dhani dan Dewi Dewi
Ahmad Dhani dan Dewi Dewi via 1.bp.blogspot.com

 

Pada tahun 2007, Ahmad Dhani kembali mengeluarkan sentuhan magis untuk grup vokal bentukannya yang dinamai Dewi Dewi. Grup tersebut dinahkodai oleh tiga Wanita cantik dan bersuara merdu, yakni Tata Janeeta, Purie Andriani, dan Inna Kamarie, yang sebelumnya lolos terpilih di acara “Obsesi Dewa 19 Mencari Dewi Dewi”.

 

Di bawah naungan Musisi Ahamd Dhani dan Republik Cinta Management (RCM), Dewi Dewi menelurkan album perdananya yang berjudul Recycle + (2007). Album ini berhasil terjual lebih dari 150.000 keping, dan memperoleh penghargaan platinum.

 

Pada tahun Desember 2008, Dewi Dewi ditinggal keluar salah satu personelnya, Inna, yang kemudian berujung pada diubahnya nama Dewi Dewi menjadi MahaDewi. Namun pada tahun 2013, Dhani mencoba menghidupkan kembali Dewi Dewi dengan merekrut dua peserta X Factor Indonesia yang gagal di babak Judges’ Home Visit, yaitu Nurul Fadhilah dan Pratami Marja, ditambah Baby Niken, salah satu Artis solo RCM yang sudah bergabung sejak tahun 2010.

 

Pungut Mulan Selepasnya dari Ratu

 

Pungut Mulan Selepasnya dari Ratu
Pungut Mulan Selepasnya dari Ratu via 1.bp.blogspot.com

 

Pada 28 Mei 2007, Ahmad Dhani memungut Mulan Kwok yang beberapa bulan sebelumnya hengkang dari duo Ratu, ke dalam RCM. Ia kemudian mengubah nama belakang Mulan menjadi Jameela.

 

Januari 2008, Mulan pun hadir sebagai solois dengan album perdananya yang diberi judul “Mulan Jameela”, sama seperti nama panggung barunya. Album yang digarap oleh Ahmad Dhani itupun menelurkan 4 buah hits, yakni “Makhluk Tuhan Paling Sexy”, “Wonder Woman”, “Bukannya Aku Takut” dan “Jatuh Cinta Lagi”. Hanya dalam kurun kurang dari 2 bulan, album ini telah meninggalkan angka penjualan 75.000 kopi dan disemati platinum oleh EMI.

 

Nama Mulan Jameela kini menjadi salah satu nama Penyanyi solo kenamaan di Tanah Air. Namun tak hanya dirinya dan dua bintang di atas yang berhasil diorbitkan Dhani lewat sentuhan magisnya, selain Mereka ada juga The Virgin, The Laki Lucky, dan masih banyak lagi.

 

Sumber : id.wikipedia.org

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori