Menyusuri 6 Kota Pengrajin Batik Jawa Tengah Terkenal

Batik merupakan kain khas indonesia yang sudah sangat terkenal. Kali ini kami akan memberikan refrensi kain batik Jawa Tengah yang unik dan indah tentunya.
0
Menyusuri 6 Kota Pengrajin Batik Jawa Tengah Terkenal
0 (0%) 0 votes
Batik Asli Pekalongan

Jawa tengah merupakan  salah satu  provinsi yang terdapat di negara Indonesia dengan ibukota Semarang. Secara budaya, memiliki kedekatan sejarah dengan Jogjakarta.

 

Selain itu Jawa Tengah mempunyai penduduk sangat banyak, mempunyai beraneka ragam  kesenian dan  kerajinan yang  sangat terkenal sampai ke provinsi-provinsi lain contohnya saja kain batik khas Jawa Tengah yang memiliki motif- motif dan juga ciri khas tersendiri.

 

 

 

Batik Solo

 

 

 

 

Solo ialah salah satu daerah  kesultanan dengan beraneka ragam  tradisi maupun  adat istiadatnya dan juga selain itu kota Solo bisa dibilang  sebagai salah satu kota yang memiliki motif batik yang beraneka ragam. Ada suatu daerah bernama  laweyan dan merupakan daerah yang memiliki sangat banyak sekali perajin-perajin batik. Di Solo, batik sudah sangat mendarah daging bagi pengerajin-pengerajin batik yang ada di daerah tersebut, dan batik di Solo sudah diturunkan dari leluhur mereka.

 

 

 

 

Sangat banyak motif-motif  batik yang sudah diciptakan. Dengan tujuan dan harapan agar dapat membawa kebaikan dan kesenangan tersendiri bagi pemakainya. Motif- motif batik Solo yang terkenal antara lain  sebagai berikut:

 

 

 

Parang rusak barong, kawung dan sawata

Motif batik yang satu ini  dianggap sangat sakral dan  hanya bisa digunakan atau dipakai oleh para raja dan juga keluarganya saja.

 

Slobog

Slobog jika diarti longgar atau besar. Batik ini merupakan batik yang digunakan atau dipakai unuk acara pemakaman atau biasa disebut  melayat. Selain itu maksud atau makna yang terdapat di dalam motif yang ada pada batik ialah agar roh seseorang yang meninggal tidak akan mendapat cobaan ataupun halangan dan juga dapat diterima amal kebaikannya.

 

Sidomukti.

Motif batik sidomukti merupakan batik ini biasa digunakan dan juga sangat berhubungan dengan yang namanya  pengantin. Pada umumnya motif batik ini  yang satu ini digunakan dalam acara pernikahan. Sidomukti terdiri dari sido yang arti nya terus menerus dan mukti berarti bercukupan. Jadi maksud atau arti sidomukti ialah  agar yang menggunkan batik ini bisa hidup bahagia dan juga rezeki yang senantiasa selalu ada dan juga yang senantiasa tercukupi.

 

 

Truntum.

Motif batuk trutum ini masih sama dengan motif batik sidomukti yaitu sama-sama berhubungan dengan yang namanya  pernikahan, motif batik ini juga  biasa dikenakan sebagai pakaian dari orang tua calon pengantin. Truntum mempunyai arti menuntun, jadi maksudnya ialah agar suatu pernikahan orang tualah yang akan selalu menuntun anaknya di dalam menjalanin rumah tanggga atau hidup baru sehingga nantinya akan menjadi suatu keluarga yang sakinah.

 

 

Satrio manah.

Batik  yang satu ini biasa digunakan untuk wali pengantin pria ketika pada waktu prosesi lamaran ataupun pinangan. Arti yang terkandung di dalam motif batik yang satu ini ialah agar lamaran bisa diterima oleh pihak calon pengantin wanita dan juga beserta keluarganya.

 

 

 

Semen rante.

Motif batik semen rante merupakan  motif batik yang bisa digunakan pada proses acara lamaran apabila  wali pengantin pria menggunakan motif batik satrio manah maka sebaiknya bagi pihak pengantin wanita menggunakan batik semen rante.  Karena rantai memiliki sebuah makna yang berarti suatu ikatan yang kuat dan juga kokoh, adapun maksud dari semua itu ialah jika lamarannya diterima  oleh pihak pengantin wanita maka pihak pengantin tersebu sangat menginginkan suatu ikatan yang sangat kuat dan juga kokoh yang membuat mereka tidak dapat dan tidak bisah dipisahkan sau sama lain.

 

 

 

Batik Yogyakarta

 

 

 

 

Batik ialah salah satu warisan  budaya di turunkan secara turun-menurun dan juga merupakan warisan yang sangat penting yang dimiliki orang Jawa. Di setiap daerah pasti mempunyai jenis dan motif tersendiri.

 

 

Di daerah istimewa Yogyakarta sangat banyak memiliki beraneka macam jenis batik atau varariasi batik tersendiri yang menjadi ciri khas.

 

Inilah beberapa motif-motif batik Yogyakarta

 

Motif ceplok, grompol

Motif batik ceplok yang satu  ini mempunyai beraneka macam benuk geometris, dan juga bentuknya berdasarkan bentuk bunga mawar melingkar, ataupun bintang dalam bentuk kecil lainnya, dan juga membentuk suatu pola simetris dari keseluruhan pada kain tersebut.

 

 

 

Motif batik kawung

Motif batik kawung yang satu ini  juga dikenal sebagai motif batik tertua. Jadi dulunya  motif batik ini disiapkan buat keluarga kerajaan saja. Selain itu  motif kawung ini juga merupakan suatu penampung buah aren kelapa.

 

 

 

 

Batik Asli Pekalongan

 

 

Katanya batik Pekalongan mempunyai beraneka ragam nilai sejarah yang  saling bersangkutan dengan pergejolakan pada zaman kolonial Belanda. Pada waktu itu panembahan Senopati mengumumkan bahwasanya akan diadakan perang terbuka melawan tentara Belanda dan juga perpecahan pun mulai terjadi terjadi pada lingkungan keraton Yogyakarta. Kemudian  semua keluarga keraton saling terpecah belah satu sama lain.

 

 

 

Setelah itu semua para bangsawan pergi meninggalkan keraton Yogya bersama dengan para pengikutnya selain itu mereka menetap di berbagai daerah yang ada Pekalongan. Pada daerah-daerah tersebut para pengerajinan batik tetap dikembangkan oleh keluarga keraton Yogya dan juga disertai dengan motivasi yang menginspirasi kondisi daerah yg menjadi tempat tinggal baru mereka.

 

 

 

Sbenarnya motif ataupun corak batik pekalongan samnga mirip dengan batik Yogyakarta, yang bedanya ialah lebih hidup dan juga lebih berwarna yg cerah. Adapun ciri khas motif batik Pekalongan ini  ialah:

 

Ornamen khas Pekalongan

Motif batik asli Pekalongan mempunyai bentuk ornamen tumbuhan dan juga hewan seperti burung garuda tetapi tidak mempunyai cecek sawut ataupun cecek gori. Bentuk corak motif Pekalongan ini biasanya cecek garis-garis ataupun cecek pitu. Secara lengkap cecek batik khas Pekalongan yang satu ini sangat amat menonjol dan membuat garis pembentuk ornamen ini menjadi motif terbentuk dari cecek-cecek juga. Salah satu merk batik halusan asli Pekalongan yang terkenal dengan permainan cecek ini biasa disebut Oei Tjow Soen.

 

 

Motif batik jlamprang

Motif batik jlamprang ialah salah satu nama  jenis motif batik pekalongan. Jlamprang juga merupakan motif batik dengan motif yang berbentuk seperti geometris. Motif jlamprang yang satu ini dipengaruhi oleh syiar agama Islam dan juga yang sangat menghindar atupun menghindari ornamen dengan beraneka bentuk makhluk hidup. Tetapi ada pula ahli sejarah yang mengatakan dan juga berpendapat bahwasanya motif batik jlamprang banyak dipengaruhi oleh kebudayaan kebudayaan Hindu Syiwa.

 

 

 

Motif batik liong

Motif baju batik Pekalongan yang satu ini sangat amat mirip dengan burung phoenix yang ada di film Harry Potter. Selain motif kepala dan ekornya sangat bergelombang serta mempunyai ornament liong atau naga berkaki dan ini pengaruh pada kebudayaan Cina.

 

 

 

 

 

Batik Semarang

 

 

 

Satik Semarang diproduksi oleh  para pengrajin yang ada di kampung batik. Pada kelurahan Bubakan, Kecamatan Mijen, Semarang, batik Semarang ini juga banyak menawarkan beragam adan bahkan beraneka ragam motif yang khas apabila jika dibanding dengan motif-motif batik yang berasal dari daerah Jawa Tengah lainnya.

 

 

Umumnya batik-batik khas Semarang berwarna dasar oranye kemerahan karena mendapat banyak dipengaruhi oleh bangsa  China maupun  Eropa. Selain itu, motif-motif dasar batik Semarang sangat banyak dipengaruhi budaya bangsa China yang pada umumnya menampilkan motif-motif hewan ataupun fauna yang lebih menonjol jika dibandingkan dengan motif flora atau tumbuh-tumbuhan. Contohnya saja merak, kupu-kupu, jago, cendrawasih, burung phoenix, dan sebagainya. Ada juga motif Semarang yang sangat menonjolkan ikon atau lambang kota Semarang contohnya saja  tugu muda, lawang sewu, burung kuntul, wisma perdamaian, dan juga gereja blenduk.

 

 

 

Batik Rembang

 

 

 

Batik Rembang juga merupakan batik yang sangat terkenal dari provinsi Jawa Tengah. Batik terkenal di Rembang merupakan batik lasem. Batik lasem sangat indah dan juga unik tentunya batik  ini  juga sudah sangat terkenal di pasaran  lokal dan mancanegara.

 

 

 

 

Batik Tegal

 

 

 

 

Batik Tegalan sangat banyak didominasi oleh  warna coklat dan juga warna biru. Ciri khas batik Tegal  lainnya berwarna-warni. Adapun batik tulis tegal ataupun tegalan itu dapat dikenali dengan corak gambar ataupun motif rengrengan besar dan juga bentuknya melebar. Motif yang satu  ini tak dipunyai oleh daerah lain sehingga tampak sangat eksklusif.

 

 

Selain itu motifnya sangat banyak mengadaptasi dari beraneka ragam flora dan fauna  yang berada di sekitar kehidupan yang ada di masyarakat di kota Tegal. Motif ini grudo ataupun artinya garuda dengan berbagai warna terang yang dapat mempertontonkan bentuk-bentuk dan corak-corak sayap burung garuda dan juga  motif gribigan dengan berbagai bentuk khas dan warnanya agak atau sangat gelap. Budaya untuk berpakaian batik  yang ada di Tegal dibawa oleh raja Amangkurat  ataupun sunan Amangkurat Mas di berbagai keraton kasunanan raja Surakarta. Selain itu Amangkurat yang saat itu menyusuri pantai di bagian utara dan membawa para pengikutnya yang di antaranya para perajin batik yang ada di Tegal.

 

 

 

 

 

 

Itulah beberapa jenis batik yang sangat terkenal di Jawa Tengah selain bentuk nya yang indah dan juga motifnya yang unik. Jawa Tengah juga merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak hasil karya pengerajin yang sudah mampu terjual sampai ke manca negara. bahkan tokoh besar seperti mendiang Nelson Madela juga pernah menggunakan kain khas Indonesia, kita pastinya harus bangga dengan negara kita daripada memakai produk pakaian  luar negeri lebih baik menggunakan produk dalam negeri saja.

sumber : http://www.jatikom.com/2016/08/keterangan-gambar-motif-batik-indonesia.html

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori