7 Daerah Pengrajin Aneka Motif Batik Jawa Barat

Kali ini bukalah wawasan kamu mengenai batik khas Jawa Barat. Sangat banyak motif batik Jawa Barat yang bagus, indah, dan penuh sejarah. Yuk koleksi semuanya!
0
7 Daerah Pengrajin Aneka Motif Batik Jawa Barat
0 (0%) 0 votes
Batik Sumedang

Batik merupakan salah satu kain khas Indonesia. Setiap daerah di Indonesia pasti mempunyai ciri khas batik sendiri contohnya saja Jawa Barat. Batik juga memiliki berbagai macam corak dan juga kelebihan-kelebihan tersendiri. Batik juga banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia dari berbagai kalang mulai dari kelas bawah, menengah, hingga kalangan kelas atas. Biasanya batik dipakai pada acara-acara formal. Semua usia juga bisa memakai kain khas Indonesia yang satu ini mulai dari anak-anak, remaja ,dewasa hingga lanjut usia.

 

 

 

 

Tapi terkadang para remaja zaman sekarang enggan menggunakannya mereka lebih memilih pakaian merek luar daripada mengenakan pakaian hasil produk negaranya sendiri. Oleh karena itu kita sebagai generasi muda harus mencintai produk lokal. Jadi mulai sekarang gunakanlah batik, karena batik zaman sekarang sudah fasionable loh.
Dan kali ini Hello-PET akan memberikan sedikit informasi tentang batik Jawa Barat buat kamu semoga ini bisa menambah wawasan kamu mengenai batik:

 

 

 

 

 

 

Motif Batik Ciamis

 

Batik Ciamis memilikii atau mempunyai khas motif sederhana. Biasanya motif atau corak batik Ciamis berbentuk daun dan juga parang rusak. Ciri khas batik Ciamis paling dikenal ialah pada pemakaian warna, yaitu memakai dua warna yang berbeda satu sama lain contohnya warna coklat dan juga hitam dengan dasar kainnya berupa kain yang berwarna putih.

 

 

Akibat pengaruh dari wilayah-wilayah pesisir dan juga wilayah non pesisir yang saling berpadu dengan nilai budaya masyarakat Sunda dan juga kehidupan yang sosial masyarakat atau warga,  Ciamis mampu melahirkan beraneka ragam motif ataupun batik Ciamis yang sangat sederhana tetapi juga sangat elegant. Motif ataupun batik pada daerah Ciamis yang sangat terkenal ialah sebagai berikut.

 

Rereng lasem,

 

Parang sontak,

 

Rereng seno,

 

Rereng sintung ageung,

 

Kopi pecah,

 

Lepaan,

 

Rereng parang rusak,

 

Rereng adu manis,

 

Kumeli,

 

Rereng parang alit, dan lain-lain.

 

 

 

 

 

Motif Batik Cirebon

 

Batik Cirebon memiliki corak batik khas terkenal sekaligus mampu menjadi ikon kota Cirebon. Menyebut batik cirebon akan membuat orang memikirkan salah satu motif terkenalnya yaitu motif batik megamendung. Motif menggambarkan awan yang membawa hujan ini bermakna lambang untuk kesuburan dan juga pemberi pada kehidupan. Sejarah motif tersebut sangat berkaitan pada sejarah datangnya bangsa Cina ke Cirebon, Motif batik ini juga mempunyai campuran warna yang sangat amat bagus dengan menggunkan prosedur pewarnaan yang dikerjakan sebanyak 4 kali.

 

 

 

 

Batik Cirebon memiliki ciri khas masing-masing pada motif batiknya antara lain ialah sebagi berikut :

1. Menampilkan banyak motif keratonan yang terinspirasi dari ornamen-ornamen yang ada pada keraton mulai dari unsur bangunannya maupun benda-benda yang di dalam dan juga yang di sekitar keraton tersebut. Warna motifnya juga cenderung mirip dengan warna sogan dan juga warna babar mas. Selain keratonan, juga memperlihatkan motif yang lain contohnya motif pesisiran. Motif pesisiran biasanya berisi flora dan juga fauna baik berasal dari darat maupun yang berasal dari laut. Umumnya motif ini memiliki warna yang lebih terang, contohnya warna biru, merah, dan sebagainya. Selain itu bahan-bahan yang biasanya dipakai ialah bahan kain sutra, kain katun, dan kain katun prima.

 

 

Dan juga motif batik Cirebon sangat diingat oleh orang sekaligus dipakai sebagai lambang pada kota Cirebon tersebut ialah motif batik awan Mega Mendung. Motif ini juga sangat banyak terpengaruhi pada budaya dari negeri China. Garis yang ada pada awan di motif mega mendung ini terinspirasi dari motif negeri China. Tetapi meski begitu, mega mendung merupakan batik khas Cirebon dan juga tentunya mempunya ciri khas sendiri, contohnya bentuk garis garis pada awan yang mempunyai bentuk lonjong, lancip dan juga segitiga ini sangat amat berbeda jika dibandingkan dengan garis awan motif khas China yang memiliki benuk bulatan atau pun bentuk lingkaran. Akibat sentuhan-senuhan budaya yang dimiliki China di batik khas Cirebon itu sehingga mampu mengeluarkan motif batik yang baru yang bisa menjadi ciri khas kota Cirebon.

 

 

 

Selain itu motif batik mega mendung Cirebon sangat banyak mempunyai makna secara religius dan juga makna secara filosofi. Garis-garis yang ada pada gambar batik tersebut mempunyai simbol perjalanan-perjalanan hidup manusia yang panjang, dimulai dari lahir, anak-anak, remaja, dewasa hingga sampai menjumpai akhir hayat. Dan ini merupakan salah satu simbol kebesaran yang dimiliki oleh Tuhan . Selain perjalanan-perjalan hidup pada manusia, corak mega mendung juga menggambarkan kepemimpinan yang mampu mengayomi masyarakatnya dan sebagai lambang untuk keluasan dan juga lambang untuk kesuburan.

 

 

 

 

2. Memperlihatkan Motif batik Kompeni, ini salah satu batik khas kota Cirebon setelah baik motif Mega Mendung. Awal mulanya muncul motif tersebut pada zaman dulu motif batik ini dibuat oleh seorang pengusaha yang berasal dari Belanda yang menetap di kora Cirebon ini terjadi pada waktu zaman penjajahan. Motif batik kompeni memiliki ciri-ciri motif yang biasanya berisi mengenai kehidupan para tentara kompeni zaman dulu dan juga memakai ciri khas seperti membawa bedil ataupun senapan, selain itu motif batik ini mengadung makna kehidupan pertanian dan juga perdagangan.

 

 

 

 

 

Motif Batik Garutan

 

Batik garutan memiliki ciri khas pada ragam hiasnya yang datar dan juga berbentuk geometris dan juga mengarah pada diagonal, bentuk seperti kawung, dan juga bentuk belah ketupat. Batik garutan ini juga memiliki nama yang khas contoh nya saja rereng peteuy, rereng kembang corong, rereng kembang merak ngibing, rereng pancul, limar, lereng adumanis, lereng suuk, sapu jagar, dan lain-lain.

 

 

 

 

 

Motif Batik Indramayu

 

 

Batik Indramayu juga disebut Batik Dermayon sangat terkenal dan tidak kalah dengan batik-batik lainnya. Batik Indramayu memiliki batik khas dan disebut batik tulis complongan.

 

 

 

Batik tulis complongan ini berarti teknik cara melubangi atau membolongi kain batik dengan menggunakan deretan-deretan jarum. Keunikan yang dimiliki batik ini menjadi daya tarik masyarakat Eropa, Asia, dan juga masyarakat lokalnya.

 

 

Jenis-jenis motif batik Indramayu.

 

1. Motif Etong.

2. Motif kapal terdampar.

3. Batik motif ganggeng.

4. Batik motif kembang unda.

5. Batik motif swastika.

6. Motif batik merak ngibing.

7. Motif batik kereta kencana.

 

 

 

 

 

Batik Sumedang / Kasumedangan

 

Batik khas Sumedangan memiliki sangat banyak motif, dan juga pada setiap motif memiliki ciri khas masing-masing yang dimulai dari mengisahkan berbagai warisan budaya yang dimiliki Sumedang sampai juga pada kondisi lingkungan kota setempat.

 

 

 

Contoh motif Sumedang seperti :

Motif mahkota binokasih sanghyang pake,

Motif kesenian kuda renggong,

Motif kereta kencana naga paksi,

Motif monumen lingga,

Dan juga motif daun boled atau daun ubi.

 

 

 

 

 

Motif Batik Tasikmalaya

 

Jika dibandingkan dengan batik lain maka batik Tasikmalaya sangat berbeda apalagi dengan batik keraton. Motif dan juga corak yang dimiliki batik Tasikmalaya diciptakan tidak melihat daan juga tidak berdasarkan dengan status secara sosial si pemakai. Hal ini sangat selaras dengan menggunakan sistem secara sosial pada masyarakat di kota Tasikmalaya yang sangat menekankan pada pentingan secara kesetaraan dan juga secara kesamaan sehingga Batik Tasik menjadi ini sangat luwes dan juga bisa dibilang sangat modern. Motif-motif batik Tasik juga sangat menarik. Batik Tasikmalaya terdiri menjadi 3 karakter yang utama utama, yaitu:

 

Batik sukapura atau biasa disebut sukaraja jika dilihat secara sepintas saja batik ini menyerupai batik khas Madura dengan menggunakan motif yang memiliki irama yang sangat kontras, baik ukuran pada motif ataupun tata warna yang dimiliki batik tersebut. Ciri khas yang dimiliki batik sukapura ialah dengan memakai warna-warna tanah yang dipakai.

 

 

Batik sawoan yang biasanya batik ini menggunakan warna cokelat contohnya warna buah sawo, dan ditambah lagi warna indigo dan juga cicak-cicak yang warna putih.

 

 

• Batik Tasik atau batik tasikan yang memiliki komposisi warna yang lebih cerah dan kaya Motif-motif batik Tasikmalaya ada di antaranya yang mirip dengan batik garut / garutan. Pada batik sukapura jarang dijumpai isen-isen, kalaupun ada tidak dibuat secara rinci.
Ciri khas yang di miliki Batik sukapura atau batik Tasikmalaya ialah dengan memperlihatkan perpaduan warna merah, hitam, dan juga cokelat. contoh motifnya motif seperti:

Motif merak ngibing,

Motif roda bunga,

Motif rawa kupu-kupu,

Motif gambir saketi,

Motif balimbing seling ombak banyu,

Motif daun taleus,

Dan juga motif lereng adu manis dan lain-lain

 

 

 

 

 

Motif Batik Banten

 

Meskipun Banten tidak lagi masuk ke dalam wilayah Jawa Barat, tetapi pengaruh corak dan motifnya masih berdekatan. Berikut ini merupakan macam-macam motif-motif batik Banten:

Dataluya

Datulaya merupakan nama suatu tempat kediaman Sultan Maulana Hasanuddin ataupun truang keluarga pada masai Kesultanan Banten.

 

 

Kaibonan 

Kaibonan merupakan nama suatu bangunan seperti pagar yang memutari pada Keraton Istana kota Banten.

 

 

Kapurban 

Kapurban merupakan nama gelar yang disematkan untuk Pangeran Purba pada masa menyebarkan Agama Islam di banten.

 

 

 

Kawangsan 

Kawangsan merupakan nama untuk gelar yang disematkan untuk Pangeran Wangsa pada masa menyebaran Agama lslam di Banten.

 

 

 

Langenmaita

Langenmaita merupakan suatu nama tempat berlabuhnya suatu kebahagiaan pada saat mengarungi samudera cinta dengan menggunakan kapal pesiar ataupun dermaga.

 

 

 

Mandalikan 

Mandalikan merupakan suatu nama untuk gelar yang disematkan untuk Pangeran Aria Mandalika pada masa menyebarkan Agama lslam di Banten.

 

 

Memoloan

Memoloan merupakan nama suatu kontruksi bangunan seperti atap pada menara di mesjid dan juga di pendopo Kesultanan kota Banten.

 

 

 

Pamaranggen 

Pamaranggen merupakan suatu nama tempat yang berisi para Pengrajin-pengerajin Keris dan juga asesoris untuk keris pada lingkungan Kesultanan kota Banten.

 

 

 

Pancaniti

Pancaniti merupakan nama suatu tempat ataupun bangsal tempat Sultan Maulana Hasanuddin melihat semua prajuritnya berlatih untuk perang.

 

 

 

Panembahan

Panembahan merupakan nama untuk gelar yang diberikan Sultan Maulana Hasanudin ketika penataan Negara pada zaman kejayaannya keraton Kesultanan Banten.

 

 

 

Panjunan 

Panjunan merupakan nama sebuah tempat perkampungan yang dihuni para pengrajin-pengerajin gerabah dan juga pengerajin keramik disekitar wilayah Kesultanan kota Banten.

 

 

 

Pasepen

Pasepen merupakan nama suatu tempat untuk tata ruang di Istana tempat Sultan Maulana Hasanuddin bermeditasi.

 

 

 

sumber : http://batik-nusantara-sprachklasse.blogspot.co.id/2013/11/batik-banten.html

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori