Kakek Tua Ini Rela Pikul Jerigen Demi Dapat Air Bersih

0
Kakek Tua Ini Rela Pikul Jerigen Demi Dapat Air Bersih
0 (0%) 0 votes
Miris! Kakek Ini Rela Memikul Jerigen Berkilo-kilo Meter Demi Air Bersih

Untuk siapapun kamu yang suka buang-buang air. Kamu harus tau kalau sekarang air bersih itu sangat sulit untuk didapatkan. Banyak orang yang bahkan sampai rela berjalan puluhan kilometer demi mendapakan air bersih. Sama halnya seperti yang dirasakan Pak Juri. Bapak 60 tahun yang tinggal di desa Dusun Blandit Timur, Kecamatan Singasasari, Kabupaten Malang ini rela mengangkut 2 jeriken berisi 25 liter sambil berjalan 2,5 kilometer demi mendapatakn air bersih.

Setiap harinya, ia bolak-balik menuju kampung sebelah agar bisa mendapatkan banyak air bersih. Jalanan beraspal yang naik dan turun tidak membuatnya patah semangat. Ia merasa mempunyai kewajiban menyediakan air bersih untuk istri dan kakaknya yang tinggal bersama dirumahnya.

Air bersih yang ia perjuangkan digunakan untuk kebutuhan minum dan memasak yang dituangkan di sebuah bejana besar terbuat dari plastik. Sementara sisanya, disimpan di bak kamar mandi. Sudah satu bulan daerahnya kekurangan air bersih hingga harus meminta di kampung tetangganya, Kampung Banyol.

derita-kakek-di-malang-jalan-bolak-balik-memikul-jeriken-demi-air
Source: http://www.merdeka.com/peristiwa/derita-kakek-di-malang-jalan-bolak-balik-memikul-jeriken-demi-air.html
Struktur tanah Desa Blandit berada di lereng perbukitan, sehingga banyak ditemukan bebatuan besar saat dilakukan pengeboran air. Jadi, selama ini warga secara kolektif menggunakan tandon bantuan pemerintah yang terhubung dengan mata air.

Namun, tendon nya kini mengalami kekeringan hingga debit air turun drastis. Sekarang sudah tidak ada lagi air yang mengalir di paralon-paralon.

Para tetangga biasanya mengambil air dengan membawa sepeda motor, namun Pak Juri tidak mempunyai sepeda motor, jadilah hanya memikul 3 kali sehari.

Pak Juri berharap segera turun hujan atau pemerintah segera men-drop air, sehingga tak kesulitan lagi seperti ini.

Kasihan ya.. sudah 60 tahun tapi harus berjuang demi air. Bagaimana menurutmu? Jangan lupa bagikan dan komentari ya!

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori