Pejudo Mesir Tolak Jabat Tangan Pejudo Israel di Olimpiade Rio

pejudo asal Israel itu mencoba mengulurkan tangan kanannya dengan maksud mengajak El Shehaby berjabat tangan, namun tak disangkan El Shehaby justru
0
Pejudo Mesir Tolak Jabat Tangan Pejudo Israel di Olimpiade Rio
0 (0%) 0 votes
7882_840x576

Beragam kejadian menarik terjadi di tengah penyelenggaraan Olimpiade Rio 2016. Setelah sebelumnya ada petinju China Lu Bin yang keburu GR menang, tetapi ternyata kalah, kini perayaan Olimpiade di hebohkan dengan sikap pejudo Mesir Islam El Shehaby yang menolak menjabat tangan atlet judo Israel Or Sasson yang mengalahkannya.

 

Kejadian bermula setelah pertandingan usai, sesaat setelah wasit mengumumkan Or Sasson keluar sebegai pemenang, pejudo asal Israel itu mencoba mengulurkan tangan kanannya dengan maksud mengajak El Shehaby berjabat tangan, namun tak disangkan El Shehaby justru tidak menanggapi ajakan Sasson dan malah menggelengkan kepala.

 

El Shehabymenolak ajakan Sasson untuk bersalaman

 

0718389Pejudo-Mesir780x390Source:Kompas

 

Melihat kejadian itu, wasit langsung memanggil El Shehaby dan memerintahkan dia untuk membungkukkan badan. El Shebahy pun menuruti perintah wasit dengan anggukan kepala cepat. Sontak sikap pria Mesir itu pun menuai banyak kecaman dari berbagai dunia yang menyaksikan pertandingan tersebut. Banyak yang menilai buruk sikap. Umumnya mereka berpedapat bahwa tidak seharusnya El Shehaby membawa masalah politik hingga ke arena olahraga.

 

Sementara itu Federasi Judo Internasional (IJF) mengatakan, terlepas dari keengganan El Shehaby menjabat tangan Or Sasson, pertarungan kedua atlet itu sudah merupakan sebuah kemajuan.

 

“Ini sudah merupakan kemajuan besar bahwa atlet dari negara Arab bersedia bertanding melawan atlet Israel,” kata juru bicara IJF Nicolas Messner.

Source: internasional.kompas.com

 

Lebih lanjut Messner menambahkan, seccara resmi memang tak ada kewajiban atau aturan yang mengharuskan atlet judo harus berjabat tangan usai bertanding. Namun, kata dia, saling membungkukkan badan sudah wajib hukumnya dalam pertandingan judo.

 

Menurut Associated Press, El Shehaby memang diminta mundur oleh kalangan muslim dan nasionalis Mesir ketika Ia dipastikan akan bertanding dengan atlet dari Israel. Ia didesak untuk mudir dari keikutsertaannya di Olimpiade Rio.

 

Di tempat lain, Associated Press menjelaskan bahwa saat mengetahui El Shehaby akan bertarung menghadapi pejudo Israel, kalangan muslim dan nasionalis Mesir memang telah memintanya untuk mundur sebelum pertandingan berlangsung. Namun entah karena alasan apa El Shehaby tetap mengikuti pertandingan.

 

“Mesir akan menangis, Mesir akan bersedih dan kau akan dianggap sebagai pengkhianat di mata rakyat Mesir,” tambah Matar.

Source: internasional.kompas.com

 

Sementara itu, El Shehaby enggan memberi komentar terkait sikapnya yang menuai banyak kecaman.

 

Sumber : Kompas

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori