4 Cara Alami Untuk Menyembuhkan Jerawat di Kulit Kepala

Kesehatan kulit kepala penting banget, guys! Ada banyak cara alami yang bisa kamu lakukan untuk bisa menyembuhkan jerawat di kulit kepala. Berikut caranya!
0
4 Cara Alami Untuk Menyembuhkan Jerawat di Kulit Kepala
0 (0%) 0 votes
jerawat0

Terkadang jerawat membandel bisa tumbuh di mana saja. Selain di wajah, jerawat juga bisa tumbuh di punggung dan di dada. Bahkan tak jarang juga mereka yang mengalami masalah jerawat di kulit kepala lho.

 

 

Nah, biasanya jerawat yang tumbuh di kulit kepala itu akan terasa sakit dan gatal. Kendati demikian ada kelebihannya juga. Kalau di kulit kepala, jerawat tidak akan terlihat karena telah tertutup oleh rambut. Beda dengan jerawat yang ada di bagian wajah yang terlihat begitu jelas oleh mata orang lain.

 

 

Tapi jangan salah, minyak alami yang datangnya dari rambut itu sendiri atau pelindung kepala juga bisa memperburuk jerawat kulit kepala, bahkan bisa menyebabkan terbentuknya jerawat baru lho. Tapi jangan khawatir, karena ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menyembuhkan jerawat yang bersarang di kulit kepala kamu. Apa saja caranya? Hello-Pet akan suguhkan buat kamu yang saat ini sedang mengalami masalah jerawat di kulit kepala. Tapi sebelum kita bahas caranya, akan dijelaskan penyebabnya ya.

 

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Jerawat Mudah Secara Alami

 

 

 

Penyebab Munculnya Jerawat di Kulit Kepala

 

Perlu kamu ketahui kalau akar masalah munculnya jerawat di kulit kepala dengan timbulnya ketombe atau rambut rontok itu berbeda ya. Jerawat yang timbul di kulit kepala sendiri disebabkan karena adanya penyumbatan pada folikel kulit. Kelenjar folikel kulit rambut itu sendiri memiliki fungsi untuk menghasilkan minyak yang bisa menyebabkan kulit kepala kamu secara alami. Tapi, sel kulit kepala yang mati akan membuat minyak ini menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan timbulnya jerawat.

 

 

Selain itu, tumbuhnya jerawat di kulit kepala juga bisa disebabkan karena stress yang berlebihan. Karena stress itu dapat menyebabkan gangguan pada sistem produksi hormon dan juga dapat memperbanyak produksi minyak di kulit kepala yang nantinya dapat menyumbat pori-pori, sehingga bisa menimbulkan jerawat di kulit kepala. Oiya, bisa juga disebabkan karena kamu kurang menjaga pola makan.

 

 

Makanya, jangan asal makan sembarangan. Kamu itu harus bisa membatasi konsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi, kemudian makanan yang berminyak dan juga pedas, serta makanan junk food. Karena makanan tersebut bisa merangsang produksi minyak berlebih di kulit kepala kamu nantinya, sehingga timbullah jerawat.

 

 

 

Nah, kan udah tahu nih penyebabnya seperti apa. Oke sekarang kita langsung ke intinya aja yuk. Berikut 4 cara alami untuk menyembuhkan jerawat di kulit kepala.

 

 

Baca juga: Hati-hati, Stres Membuat Jerawat Subur!

 

 

 

Menyembuhkan Jerawat Kulit Kepala Menggunakan Buah Lemon

 

 

Selama masih ada cara alami, buat apa kamu harus repot-repot pakai bahan kimia untuk menyembuhkan jerawat yang ada di kulit kepala kamu. Cara yang pertama, kamu bisa menggunakan buah lemon. Banyak yang bilang kalau buah lemon bisa menjadi cara yang sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat yang ada di kulit kepala kamu. Kenapa bisa demikian? Yap, karena buah lemon itu memiliki sifat antibakteri yang akan sangat bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat di kulit kepala kamu.

 

 

Bukan cuma itu saja keunggulan dari buah lemon. Karena buah yang warnanya kuning ini juga kaya akan kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan juga dapat mencegah terjadinya peradangan para jerawat di kulit kepala.

 

 

Adapun cara pemakaiannya, kamu harus peras lemon tersebut dan campurkan dengan air. Nah, kemudian kamu siram campuran perasan lemon dan juga air itu ke bagian kulit kepala kamu yang ditumbuhi jerawat (diamkan selama 15 menit), kalau sudah 15 menit, kamu bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu harus gunakan cara ini secara rutin ya.

 

Baca juga: 3 Cara Menghilangkan Jerawat Pasir Dengan Metode Masker

 

 

 

 

Menyembuhkan Jerawat Di Kulit Kepala Menggunakan Bawang Putih

 

 

Nah, cara kedua yang bisa menyembuhkan jerawat di kulit kepala kamu adalah dengan menggunakan bawang putih. Yap, bawang putih ini juga bisa dibilang cara alami yang paling ampuh untuk mengatasi jerawat yang membandel di area kulit kepala. Karena bawang putih terkenal memiliki sifat anti bakteri dan antiseptic sehingga bisa membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat secara seketika.

 

 

Selain itu, bawang putih juga memiliki suatu komponen sulfur yang bernama thiacremonon yang memiliki khasiat untuk mengeringkan jerawat secara cepat dan mengusir bekas jerawat di kulit kepala secara cepat. Untuk cara penggunaannya, kamu tumbuk dulu bawang putihnya sampai halus. Kalau sudah halus, kamu ambil bawang putih yang sudah ditumbuk tadi dan kemudian kamu pijat di kulit kepala kamu yang terkena jerawat secara tipis-tipis dan biarkan selama 10 menit. Nah, kalau sudah, kamu langsung bilas dengan sampo. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus gunakan cara ini secara rutin yaitu sehari sekali.

 

 

Baca juga: Stop Kebiasaan Ini Agar Kamu Bebas Jerawat!

 

 

 

Menyembuhkan Jerawat : Campuran Tee Tree Oil dan Minyak Zaitun

 

 

Kemudian untuk cara alami ketiga, kamu bisa menggunakan campuran tee tree oil dan minyak zaitun. Kandungan anti bakteri tee tree oil-nya sendiri diyakini bisa mengatasi segala jenis jerawat, mulai dari jerawat biasa sampai jerawat batu yang membandel, sehingga khasiat dari tee tree oil ini tak bisa diragukan lagi deh pokoknya. Sementara kalau minyak zaitun-nya, karena minyak ini merupakan sumber antioksidan, maka khasiatnya untuk menangkal radikal bebas dan mencegah peradangan jerawat di kepala kamu sudah tidak bisa diragukan lagi.

 

 

 

Cara penggunaannya, kamu campurkan keduanya dengan takaran perbandingan yang sama. Kemudian kamu gunakan campuran tersebut pada kulit kepala yang terkena jerawat sambil dipijat lembut dan diamkan selama 2 jam. Kalau sudah, tinggal kamu bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus gunakan campuran ini secara rutin yaitu sehari sekali.

 

 

Baca juga: Jerawat di Kepala, Apa Sih Penyebabnya?

 

 

 

Menyembuhkan Jerawat : Campuran Madu dan Kayu Manis

 

Nah, untuk cara alami terakhir yang bisa menyembuhkan jerawat yang tumbuh di kulit kepala, kamu bisa menggunakan campuran madu dan kayu manis. Karena madu memiliki sifat osmosis yang bisa menstimulasikan pelepasan hidrogen peroksida, sebuah anti septik yang sangat bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat di kulit kepala.

 

 

Sementara kayu manisnya memiliki kandungan senyawa bernama cinammaldehyde dan proanthocyanidin yang sangat bermanfaat sebagai anti bakteri sehingga dapat membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat di kulit kepala kamu.

 

 

 

Cara penggunaannya sendiri, campurkan 1 sendok madu dan 2 sendok kayu manis. Kemudian usap ke kulit kepala yang tumbuh jerawat, pijat dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, kamu bilat dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa gunakan campuran ini secara rutin.

 

 

 

Oke, itulah tadi cara alami yang bisa kamu pakai untuk bisa menyembuhkan jerawat yang tumbuh di kulit kepala kamu. Semoga dengan cara-cara di atas, jerawat di kepala kamu segera hilang. Jangan lupa like and share artikelnya ya. Siapa tahu keluarga atau teman kamu juga membutuhkan informasi ini. Semoga bermanfaat.

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori