5 Resep : Ini Dia Menu Masakan Ramadan yang Bikin Ngiler 2015, 2016

Menu masakan Ramadan memang paling enak dibahas dan disajikan untuk santap sahur dan berbuka puasa. Kamu punya daftar menu favorit? Pastinya bikin ngiler deh!
0
5 Resep : Ini Dia Menu Masakan Ramadan yang Bikin Ngiler 2015, 2016
5 (100%) 1 votes
menumasakan

Kalau bicara soal masakan terkadang memang bikin ngiler ya. Apalagi jika membahas menu masakan Ramadan seperti sekarang ini. Tapi memang itu poinnya. Kita memang akan membahas soal menu masakan Ramadan yang bisa disajikan untuk sahur dan berbuka puasa. Meskipun begitu, kadang banyak orang masih bingung mau masak apa. Tapi jangan khawatir, karena Hello-Pet akan membahasnya menu masakan Ramadan apa yang nantinya bisa kamu sajikan untuk santap sahur dan berbuka puasa.

 

Ada banyak pilihan seperti martabak telur mini, tahu tauco, bakwan jagung kentang bakso goreng ayam dan masih banyak lagi deh pokok. Langsung aja yuk kita bahas satu per satu perihal cara membuat menu Ramadan.

 

Baca juga: Cara Membuat Sushi, Makanan Jepang Tiada Dua

 

 

Martabak Telur Mini

 

martabaktelurmini
Martabak telur mini via tokomesin.com

 

Namanya juga mini, sudah pasti bentuknya kecil dong. Nah, justru dari kata ‘mini’ inilah yang menjadikan martabak telur yang satu ini disukai oleh banyak orang. Baik rasa maupun bentuknya telah memiliki daya tarik tersendiri bagi para penggemarnya. Walau kecil, tapi rasanya tak kalah dengan martabak telur yang bentuknya besar. Mau tau cara membuatnya? Simak bareng yuk!

 

Bahan-bahan untuk membuat adonan isi adalah 4 batang daun bawang yang sudah diiris, 6 butir telur, merica dan garam secukupnya, 6 sendok makan bawang bombay diiris, 300 gram daging giling, 4 bawang putih yang sudah dihaluskan dan 1 sendok makan bubuk kari.

 

Cara membuatnya mudah. Kamu ambil satu bagian kulit lalu pipihkan sampai agak melebar, kemudian pegang ujung adonan, putar dan entakkan di tempat semula berulang-ulang hingga adonan tipis. Kemudian isi mangkok dengan 1 telur kocok, daging giling, irisan 2 batang daun bawang, merica, garam dan orak arik telur kemudian kamu aduk-aduk. Panaskan minyak di wajan yang agak besar dan masukkan adonan kulit yang sudah ditipiskan tadi. Barulah kamu isi bagian tengahnya dengan adonan dalam mangkok tadi. Lipat bagian pinggir kulit ke arah tengah hingga tertutup rapat, kemudian goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan. Taraaa… Kamu baru saja selesai membuat martabak telur mini lho.

 

 

Baca juga: Ini Lho Cara Membuat Martabak Manis Mudah dan Cepat

 

 

Tahu Tauco

 

tahutauco
Tahu tauco via makandunk.blogspot.co.id

 

Kalau kamu ingin masak tahu tapi bingung cara mengolahnya seperti apa? Mending kamu olah menjadi tahu tauco deh. Rasanya juga enak banget, jadi pas banget buat menu sahur ataupun buat makan besar di saat kamu dan keluarga berbuka puasa.

 

Siapkan dulu bahan bahannya ya, seperti 10 buah tahu goreng dan dipotong menjadi dua bagian, 5 sendok makan tauco, 5 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 3 buah cabe rawit yang diiris halus, 8 buah cabe rawit, 1 batang daun bawang yang diiris serong, 1 buah tomat dan belah jadi delapan bagian, 1 sendok makan kecap manis, 2 lembar daun salam, 1 batang sereh yang dimemarkan, 2 ruas lengkuas yang dimemarkan, dan gula serta kaldu bubuk secukupnya.

 

Untuk cara pembuatannya, yang kamu harus  menumis bawang merah, bawang putih dan irisan cabe rawit. Kemudian kamu tambahkan salam, sereh dan lengkuas. Setelah itu kamu bisa masukkan tauco dan tambahkan air secukupnya. Setelah mendidih, kamu bisa masukkan tahu, cabe rawit utuh, kecap manis, gula dan kaldu bubuk. Masaklah sampai kuah sedikit menyusut. Langkah terakhir adalah kamu masukkan daun bawang dan tomat dan aduk sampai rata. Oke, tahu tauco siap untuk dihidangkan menjadi menu Ramadan kamu deh.

 

Baca juga: Cara Membuat Kue Kering Lebaran yang Laku Dijual

 

 

Bakwan Jagung Kentang

 

bakwanjagungkentang
Bakwan jagung kentang via bukusehat.click

 

Bakwan jagung kentang juga sepertinya enak banget dijadikan menu Ramadan kamu dan sangat cocok buat dijadikan masakan santap sahur dan buka puasa.

 

Jika kamu mau buat bakwan jagung kentang, kamu harus siapkan bahan bahannya seperti pipilan biji jagung dari 1 buah jagung manis, 2 buah kentang (iris tipis memanjang), 100 gram tepung terigu, 50 gram tepung beras, 50 gram tepung serbaguna pedas, garam secukupnya, 2 batang daun bawang, 250 mililiter secukupnya dan 1 butir telur.

 

Cara memasaknya adalah kamu siapkan dulu jagung, kentang dan daun bawang yang diriis. Kemudian kamu masukkan telur, garam, air, dan semua tepung. Kalau kamu mau bakwan jagung kentangnya pedas, kamu bisa tambahkan lada atau irisan cabe. Baru setelah itu kamu aduk semuanya jadi satu sampai rata. Panaskan minyak segera. Ambil satu bagian adonan seukuran satu sendok makan dan masukan ke dalam minyak panas. Lakukan sampai semua adonan habis. Gorenglah sampai bakwan berwarna keemasan. Angkat dan tiriskan. Taraaa.. kamu sudah selesai membuat bakwan jagung kentang. Kamu bisa jadikan makanan camilan ataupun lauk untuk makan utama. Selamat mencoba.

 

Baca juga: Nih, Resep Cara Membuat Bakso Tahu yang Super Lezat

 

 

Bakso Goreng Ayam

 

baksoayamgoreng
Bakso goreng ayam via makannikmat.com

 

Untuk membuat bakso goreng tidak sulit kok. Bakso goreng juga banyak macamnya, salah satunya adalah bakso goreng ayam yang akan kita buat ini.

 

Mau tau resepnya? Yuk disimak. Pertama tama kamu siapkan dulu bahan bahannya seperti 250 gram daging ayam giling, 1 sendok makan minyak wijen, 5 butir bawang putih dihaluskan, 4 siung bawang merah dihaluskan, 2 butir telur, 150 gram tepung tapioka, ½ sendok teh baking powder.

 

Untuk cara pembuatannya mudah kok. Kamu campurkan ayam giling, telur, garam, lada dan minyak wijen ke dalam satu wadah dan aduk rata. Alternatif pencampuran adalah menggunakan food processor untuk mengaduknya. Kemudian kamu tambahkan baking powder dan aduk rata. Lalu tambahkan tepung tapioka secara bertahap dan aduk rata. Bentuk bulat adonan sebesar bola bekel dan digoreng. Lakukan sampai semua bahan habis.  Nah, bakso goreng ayam yang kamu buat sekarang sudah jadi deh. Paling enak dicocol pakai sambal lho.

 

Baca juga: Resep Nasi Kari Jepang Rumahan yang Sederhana

 

 

Makaroni Tumis Pedas

 

makaroni
Makaroni tumis pedas via cookpad.com

 

Makaroni tumis pedas ini enak banget buat dijadikan lauk santap sahur ataupun berbuka puasa nanti.

 

Siapkan dulu bahan bahannya seperti 300 gram makaroni, ½  buah bawang bombay, irisan daging ayam secukupnya, 4 siung bawang merah, 2 butir bawang putih, 3-4 cabe merah keriting, 1-2 batang daun bawang, 1 sendok makan kecap manis, 1 sendok makan saus tiram, 1 sendok makan saus tomat, garam secukupnya, dan lada secukupnya.

 

Untuk cara membuatnya, rebus makaroni dalam panci berisi air  mendidih dan sudah diberi minyak dan garam. Sementara itu, iris semua bahan seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombay, cabe, daun bawang. Makaroni yang sudah direbus tadi, ditiriskan. Tumis bawang merah, bawang putih, bawang bombay dan cabe. Setelah harum, masukkan daging ayamnya. Setelah ayamnya matang, masukkan makaroni bersama dengan daun bawang. Aduk perlahan sambil masukkan saus tiram, saus tomat, kecap lalu garam dan lada. Kemudian aduk lagi dan beri sedikit air. Setelah matang, sajikan segera.

 

Baca juga: Ini Lho Cara Membuat Takoyaki Jepang Asli Sendiri!

 

Kalau menurut kamu, mana yang lebih cocok dan lebih mudah pembuatannya untuk menu masakan Ramadan kali ini? Tulis komentarmu di bawah ini ya. Selamat mencoba.

 

Hello Comment 2Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori