4 Menu Lebaran Enak dan Terbaik 2016

Hari Raya Idul Fitri identik dengan menu lebaran enak dan tak mudah ditemui pada hari biasa. Kamu mau mencoba membuat beberapa menu? Dijamin mudah!
0
4 Menu Lebaran Enak dan Terbaik 2016
5 (100%) 1 votes
menu-lebaran

Meskipun lebaran masih beberapa hari lagi, tapi sepertinya sejak jauh hari, semua keluarga sudah harus memikirkan menu lebaran enak. Biasanya, lebaran sangat identik dengan hidangan yang namanya ketupat. Tapi pelengkap dari ketupat itu sendiri bisa bermacam macam. Nah, untuk kamu yang masih bingung mau masak apa nantinya di hari raya, Hello-Pet akan kasih beberapa pilihannya nih, seperti ketupat lodeh sayur daun pepaya. Ada menu opor ayam spesial yang tak boleh ketinggalan untuk masuk dalam menu lebaran. Selain itu juga ada lontong kari paha ayam dan rendang daging sapi. Nah, berikut adalah menu dan cara membuat menu lebaran untuk di rumah.

 

 

Baca juga: Peraturan Baru THR Ini Dijamin Bikin Kamu Bahagia Deh

 

 

Ketupat Lodeh Sayur Daun Pepaya

 

sayur-lodeh
Ketupat Lodeh Sayur Daun Pepaya via kulinersehat.com

 

Para ibu di rumah pasti tahu dengan masakan khas lebaran yang satu ini. Yap, karena ketupat lodeh sayur daun pepaya ini memang identik banget dengan hari raya. Cocok banget dihidangkan di hari libur besar ini, baik untuk keluarga maupun untuk para tamu yang bersilaturahmi ke rumah. Untuk kamu yang mau membuat masakan ini, caranya sederhana banget kok.

 

Siapkan dulu bahan-bahannya seperti 2 batang serai yang dimemarkan, 3 sentimeter lengkuas yang dimemarkan, 2 lembar daun salam, 1 sendok makan kaldu bubuk rasa ayam, 2 sendok makan minyak goreng, 500 gram pepaya muda dikupas dan dipotong membentuk korek api, 10 lonjor kacang panjang yang dipotong menjadi 3 sentimeter, 3 sendok makan ebi kering dan 1,5 liter santan dari 2 butir kelapa.

 

Selanjutnya, kamu haluskan bahan bahan seperti 1 sendok teh garam, ½  sendok teh merica bubuk, 7 cabai merah besar, 8 siung bawang merah, 3 butir bawang putih dan 1 sendok teh terasi goreng. Setelah itu, kamu juga harus siapkan pelengkapnya seperti ketupat, bawang goreng dan juga kerupuk.

 

Nah, untuk cara membuatnya adalah kamu panaskan minyak goreng dan tumis bumbu yang dihaluskan tadi hingga tercium aroma harum. Kemudian masukkan ebi, santan, serai, lengkuas, daun salam hingga mendidih. Kalau sudah mendidih, masukkan pepaya muda dan masak hingga lunak, tambahkan kacang panjang dan juga kaldu bubuk rasa ayam. Masak sebentar dan kemudian kamu angkat. Kemudian kamu siapkan mangkuk yang berisi ketupat dengan sayur lodeh yang sudah kamu buat tadi. Taburi dengan bawang goreng, kerupuk dan sajikan saat hangat.

 

 

Baca juga: Cara Membuat Kue Kering Lebaran yang Laku Dijual

 

 

 

Opor Ayam Spesial

 

opor-ayam
Opor Ayam Spesial via royco.co.id

 

Opor ayam juga sepertinya tak boleh ketinggalan untuk menjadi hidangan wajib dan selalu menjadi menu lebaran enak. Karena opor ayam adalah makanan di momen lebaran, maka lebaran kamu bersama keluarga akan terasa nikmat dan lebih dekat lagi dengan sanak saudara yang berkunjung ke rumah. Lantas, bagaimana cara membuatnya?

 

Pertama tama kamu harus siapkan bahan bahannya seperti 1 ekor ayam dan 1 butir kelapa. Nah, setelah itu siapkan untuk pembuatan bumbu halusnya seperti 10 siung bawang merah, 3 butir bawang putih, 1 ruas laos, 2 lembar daun salam, 5 butir kemiri, 1 batang kemiri, 1 batang sereh, 1 ½ sendok makan ketumbar, ½ sendok makan gula merah, ½ sendok makan jinten, ½ sendok makan garam, dan 1 sendok teh lada.

 

Nah, sekarang masuk dalam tahap pembuatannya. Pertama adalah membersihkan daging ayam lalu potong seperti dadu. Parut kelapa dan ambil santannya (santan kental dan santan cair). Setelah itu kamu masukkan bumbu halus ke dalam santan cair dan masak hingga mendidih. Selanjutnya masukkan daging ayam ke dalam santan yang mendidih, tambahkan santan kental dan rebus terus hingga daging menjadi empuk dan matang. Angkat, tuang ke dalam tempat saji, dan opor ayam spesial yang kamu buat sudah siap untuk dihidangkan bersama dengan keluarga tercinta di hari lebaran.

 

 

Baca juga: Rendang dan Nasgor Dinobatkan Jadi Makanan Terlezat di Dunia!

 

 

 

Lontong Kari Paha Ayam

 

kari-ayam
Lontong Kari Paha Ayam via resepaneka-ayam.blogspot.co.id

 

Masakan di hari lebaran memang merupakan momen yang paling ditunggu tunggu oleh setiap keluarga. Selain ketupat dan opor ayam, kamu juga bisa membuat lontong kari paha ayam.

 

Untuk membuatnya, kamu siapkan dulu bahan bahannya seperti 10 potong paha ayam, 5 lembar daun jeruk, 1 batang serai, minyak untuk menumis, 1 lembar daun kunyit, dan 3 buah cabai merah, 1 butir kapulaga dan 1 butir pekak.

 

Setelah itu siapkan juga bumbu halus seperti 50 gram bawang merah, 50 gram bawang putih, 10 gram kunyit dibakar, 20 gram jahe, ½ biji pala yang dimemarkan, 20 gram ketumbar, 5 gram kemiri, 1 sentimeter kayu manis batangnya disangrai, 1 sendok teh cengkih, 10 gram merica bulat dan garam secukupnya.

 

Sementara cara membuatnya adalah tumis bumbu halus dan masukkan daun jeruk, serai, cabai, dan bumbu lainnya menjadi satu ke dalam wadah penggorengan. Setelah itu tuangkan air ke dalam tumisan dan masak hingga mendidih. Terakhir, masukkan paha ayam dan masak hingga matang. Taraaaaa.. Lontong kari paha ayam sudah siap untuk dihidangkan deh.

 

 

Baca juga: Nih, Resep Cara Membuat Bakso Tahu yang Super Lezat

 

 

 

Rendang Daging Sapi

 

rendang-sapi
Rendang Daging Sapi via cecoia.com

 

Kalau sudah ada rencana membuat menu rendang daging sapi di rumah untuk dihidangkan di hari lebaran pasti nikmat banget deh. Apalagi makannya bareng sama keluarga tercinta, pasti bakal lebih nikmat lagi rasanya. Cara membuatnya cukup mudah kok.

 

Siapkan bahan bahannya dulu seperti 500 gram daging sapi yang dipotong dengan ukuran yang diinginkan, 400 mililiter santan, minyak untuk menumis secukupnya.

 

Kemudian siapkan bumbu yang dihaluskan seperti 8 siung bawang merah, 5 butir bawang putih, 4 buah cabe merah besar kering (buang bijinya dan rebus sebentar), 8 buah cabe merah keriting, 2 sentimeter kunyit, 2 sentimeter jahe, 1 ruas lengkuas, 4 buah kemiri sangrai, 2 batang sereh ambil putihnya, ½ sendok makan ketumbar sangrai, ¼ sendok teh  jintan sangrai, ½ biji pala. Kemudian juga siakan bumbu pelengkap seperti 5 sentimeter kayumanis, 3 lembar  daun jeruk, 2 lembar daun salam, 1 lembar daun kunyit robek simpul, 1 sendok makan gula pasir, 2 blok kaldu sapi, dan garam secukupnya.

 

Nah, setelah bahannya sudah siap, sekarang tinggal eksekusi nih. Tumis bumbu halus dengan minyak secukupnya di dalam wajan dan masukkan juga bumbu bumbu pelengkap, aduk terus sampai sedikit kering dan bumbunya juga berubah warna. Setelah itu, masukkan potongan daging ke dalam bumbu dan aduk sampai rata alias dagingnya berubah warna dan mengeluarkan kaldu. Kemudian masukkan santan sedang, garam, gula pasir dan juga kaldu bubuk dan aduk rata sampai daging mulai empuk. Setelah itu masukkan santan kental, aduk sampai rata sampai daging empuk kuah menyusut dan bumbu mengental mengeluarkan minyak serta bumbu berubah menjadi kecoklatan. Rendang sapi sudah bisa dihidangkan deh.

 

 

Baca juga: Tempat Wisata Indonesia Yang Mirip Luar Negeri Ini Wajib Dikunjungi Traveller

 

 

Nah, kalo menurut kamu, menu lebaran endak dan mudah mana yang pas untuk disajikan pada lebaran? Bisa dong pamer ke keluarga besar kamu nanti. Jangan lupa komentarnya ya. Selamat mencoba.

 

Hello Comment 1Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori