Menteri Agama Sebut Gus Dur Pemersatu Konflik Islam dan Pancasila

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menilai Gus Dur telah mampu menyatukan konflik antara Islam dan Pancasila selama ini.
0
Menteri Agama Sebut Gus Dur Pemersatu Konflik Islam dan Pancasila
0 (0%) 0 votes
Gus Dur

Meski sudah lama tiada, enam tahun sejak dirinya meninggal dunia pada tahun 2009 lalu, namun ajaran-ajaran mantan Presiden Indonesia yang keempat KH Abdurrahman Wahid, atau biasa dikenal dengan nama Gus Dur, masih terus dikenang hingga saat ini. Berkat pemikiran-pemikiran tokoh Nadhlatul Ulama (NU) itu, dia pun dikenal sebagai sosok penjunjung tinggi pluralisme. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyebut Gus Dur mampu mampu menyatukan konflik antara Islam dan Pancasila yang bertahun-tahun tidak terselesaikan, berkat kebiasaannya yang tak pernah membeda-bedakan ilmu. Itulah yang selalu dikenang oleh Lukman hingga saat ini.

 

Menteri Agama Juga Nilai Gus Dur Berjasa bagi Pesantren

 

Source: Detik.com

Source: Detik.com

 

Itu sangat luar biasa. Karena, betapa sulitnya dahulu orang Islam menerima Pancasila sebagai dasar negara. Sementara pemerintah terus memaksakan dasar negara Pamcasila. – Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin
Source: Detik.com

 

“Itu sangat luar biasa. Karena, betapa sulitnya dahulu orang Islam menerima Pancasila sebagai dasar negara. Sementara pemerintah terus memaksakan dasar negara Pamcasila,” ungkap Lukman dalam acara Haul ke-6 Gus Dur yang meninggal pada tanggal 30 Desember 2009 itu, yang diselenggarakan di Komplek Al-Munawaroh, Ciganjur, Jakarta Selatan, Sabtu (26/12/2015) lalu. Selain itu, dia juga menilai Gus Dur sebagai tokoh yang mengangkat pesantren hingga ke dunia internasional. “Pesantren tidak hanya terkait santri dan NU, tapi juga nilai dan tradisi yang dikembangkan di dalamnya,” pungkas Lukman. Selain dihadiri oleh para kiai dan tokoh NU, acara haul tersebut juga dihadiri oleh sejumlah para menteri, serta Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan pastor sekaligus budayawan Romo Magnis Suseno.

 

Sumber: Detik.com

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori