Tips Menjaga Kesehatan Organ Vital Melalui Makanan (Bag. 2)

Selain ginjal, kamu harus memerhatikan usus, tempat tinggal para bakteri. Jangan lupa beri asupan tepat untuk kantung empedu juga. Cek caranya di sini!
0
Tips Menjaga Kesehatan Organ Vital Melalui Makanan (Bag. 2)
0 (0%) 0 votes
http://www.prostate-massage-and-health.com/images/xColon_Xray.jpg.pagespeed.ic.5aPHa3ozdL.jpg

Dari hati ke jaringan limpa, banyak organ yang diacuhkan oleh pemiliknya, tak tahu apa yang organnya lakukan dan apa yang harus dimakan oleh organnya untuk bekerja optimal. Karena apa yang berada di dalam tubuh, sangat berpengaruh.

 

Seteelah membaca Bagaimana Menjaga Organ Vital Tetap Sehat Dengan Makanan Pilihan? (1), maka sekarang ada tiga organ vital lainnya yang harus kamu perhatikan demi kesehatan tubuh lebih lama.

 

 

 

ORGAN VITAL : KANTUNG EMPEDU

 

http://ee90f6b805aae820daaa-549a96ccbf72b2d1a642d6e3578a62c7.r79.cf5.rackcdn.com/wp-content/uploads/gallbladder_location.jpg image source via universityhealthnews.com

Apa yang dilakukannya : Pernah berpikir mengapa tinjamu berwarna cokelat? Mungkin lebih baik tidak dibahas. Tetapi ini alasannya, “Kantung empedu persis di bawah hati dan meski kecil, dia berperan penting dalam membantu mencerna makanan kita. Saluran empedu menyimpan empedu (berwarna hijau gelap / cokelat dan diproduksi di hati) hingga dibutuhkan untuk mencerna makanan padat dalam usus kecil. Warna empedu ini lah alasan mengapa tinja berwarna cokelat.”

 

 

Apa yang harus dimakan : Batasi jumlah lemak jenuh dan makanan berkolesterol tinggi dalam dietmu, seperti makanan cepat saji dan daging merah berlemak, untuk tetap menjaga saluran empedu dalam kondisi baik. Diet rendah serat sering berhubungan dengan batu ginjal. Makanya tambahkan brokoli, bayam, asparagus, dan makanan berserat lainnya untuk mengurangi risiko.

 

 

 

 

 

Baca Juga : Aneka Makanan Goreng Rendam

 

 

 

ORGAN VITAL : PANKREAS

 

http://steptohealth.com/wp-content/uploads/2015/04/pancreas.jpg image source via steptohealth.com

Apa yang dilakukannya : “Terletak di bagian perut, pankreas mengeluarkan enzim pencernaan yang memainkan peranan penting dalam mengubah makanan menjadi bahan bakan untuk sel dalam tubuh,”ujar Dr. Lizzie. “Tambahannya, pankreas memproduksi insulin, sebuah hormon yang membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.”

 

 

Apa yang harus dimakan : Sekali lagi, bawang putih. Tambahkan juga fenugreek, bawang bakung, lokio, dan bawang bombay. Mereka mengandung sulfur, arginine, selenium, dan flavanoid yang telah diketahui mengurangi risiki kanker pankreas. Faktanya, para peneliti menemukan pada diet buah dan sayuran secara keseluruhan memotong risiko kanker pankreas sebanyak 15%.

 

 

 

 

Baca Juga : Makanan Paling Enak Di Dunia Adalah….

 

 

 

ORGAN VITAL : USUS

 

http://a57.foxnews.com/media2.foxnews.com/thumbnails/i/071513/876/493/indegestion.jpg?ve=1&tl=1 source image via foxnews.com

Apa yang mereka lakukan : Kebanyakan orang hanya tahu fungsi dasar dari organ ini, tetapi ada perbedaan besar antara usus besar dan usus kecil. “Usus adalah selongsong panjang yang menyambung dari perutmu hingga ke pembuangan akhir, rumah bagi 100 triliun bakteri. Usus kecil menyerap kebanyakan gizi dari makanan dan minuman yang kamu makan. Usus besar, dikenal sebagai kolon, menyerap aneka cairan dari pembuangan yang dihasilkan tubuh. Sampah itu yang kita sebut feses.”

 

 

 

Apa yang harus dimakan : beberapa makanan yang kamu masukkan ke dalam tubuh secara aktif bisa menyehatkan usus. Karena usus adalah rumah bagi banyak bakteri, maka dengan memakan makanan tepat, kamu bisa meningkatkan jumlah ‘bakteri baik’ di sana. Makanan fermentasi seperti yoghurt, miso, dan asinan kol adalah sekutu yang baik dan akan membantu menjaga ususmu tetap sehat. Makanan lain bisa kamu konsumsi adalah herbal, yang membantu melepas gas. Lihatlah kunyit, kayu manis, dan kapulaga adalah contoh bagus dan mereka sering terlihat di menu kari!

 

 

Baca Juga: Bule Juga Ternyata Ketagihan Makanan Indonesia

 

Diterjemahkan bebas dari AskMen

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori