Tips Menjaga Kesehatan Organ Vital Melalui Makanan (Bag. 1)

Seberapa peduli kamu dengan tubuh sendiri? Memikirkan menu makanan artinya kamu peduli pada kesehatan. Menjaga organ vital tetap sehat itu wajib! Simak caranya!
0
Tips Menjaga Kesehatan Organ Vital Melalui Makanan (Bag. 1)
0 (0%) 0 votes
http://psn.ph/sites/default/files/World%20Kidney%20Day%20heart%20kidneys.jpg

Kita semua terobsesi dengan bagaimana cara menjaga penampilan tubuh dan kebanyakan dari kita selalu ingin memastikan perasaan dan penampilan yang sehat. Tetapi apa pentingnya penilaian dari luar jika di dalam tubuh berantakan?

 

 

Sebuah penelitian di Inggris memperlihatkan sebagian besar orang Inggris tidak tahu apa yang organ vital mereka lakukan sebenarnya (misalnya 63% dari mereka bahkan tidak menyadari apa yang ginjal mereka lakukan dan 79% tak yakin apa yang hati mereka lakukan).

 

 

Berikut ini bantuan penjelasan dari Dr. Lizzie Tuckey, seorang doktor dari The Royal Society of Medicine dan saat ini menjabat sebagai direktur Bupa’s Medical, bahwa setiap organ vital memiliki tugasnya sendiri dan apa yang harus kamu makan untuk tetap menjaganya sehat.

 

 

 

 

ORGAN VITAL : GINJAL

 

http://wattworksnutrition.ca/wp-content/uploads/healthykidneys.jpg image source via wattworksnutrition.ca

Apa yang mereka lakukan : Mereka sangat penting untuk menjaga tubuh tetap sehat. Dr. Lizzie mengatakan, “Ginjal berperan penting untuk menjaga kondisi tubuh secara tetap termasuk air, pH, kadar garam, dan komposisi darah. Ginjal juga sangat penting untuk menyaring dan mengekstrak sampah dari darah dengan memproduksi urin.”

 

 

 

Apa yang harus dimakan: sangat penting untuk tetap terhidrasi dengan minum banyak air – sekitar dua hingga tiga liter sehari. Jika kencingmu bening setelah dibuang, artinya kamu memiliki cukup cairan. Berwarna kuning gelap hingga cokelat? Segera ingat penjelasan di atas, ginjalmu mengeluarkan sampah dari tubuh. Untuk penanganan mudah, makan cranberries dapat membantu melindungi ginjal. Buah beri merah memiliki keistimewaan menjaga saluran kencing dan membantu melawan bakteri dalam ginjal.

 

 

 

 

Baca Juga : Syahrini Berbisnis Warung Makan

 

 

 

 

ORGAN VITAL : HATI

 

http://explorelifestyle.com/wp-content/uploads/2015/03/Influence-Of-Liver-Health.jpg source image via explorelifestyle.com

Apa yang dilakukannya : Ingin menurunkan berat badan? Hati adalah teman terbaik. Dr. Lizzie menjelaskan, “Liver memproduksi empedu, yang membantu membawa sampah dan meluruhkan lemak selama proses pencernaan dalam usus. Selain penting untuk memproduksi beberapa protein tertentu, hati juga membantu mengeluarkan kolesterol baik dan hormon.” Jika hatimu tak bekerja 100%, kamu tak bisa menghancurkan lemak secara efektif.

 

 

 

Apa yang harus dimakan : Pertama, bawang putih. Bawang putih mengaktifkan enzim hati yang membantu tubuhmu mengeluarkan racun. Berisi allicin dan selenium, dua komponen yang membantu membersihkan hati. Bayam juga menggerakkan enzim yang membantu membersihkan hati dengan sumber alaminya, glutathione. Jangan membebani hati dengan makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Jika kamu lakukan terus, kamu akan merasakan penyakit hati berlemak. Penelitian terakhir, dua cangkir kopi sehari dapat membalikkan sakit pada hati karena alkohol.

 

 

 

 

Baca Juga : Gadis Cantik Porsi Makannya Banyak

 

 

ORGAN VITAL : PARU-PARU

 

https://oxygensolutions.com.au/wp-content/uploads/2016/07/HealthyLung.jpg image source via oxygensolutions.com.au

Apa yang mereka lakukan : tentu saja, membuat kamu tetap hidup. Mereka membersihkan tubuh dari karbondioksida sama baiknya dengan memberi oksigen. “Inilah sepasang organ vital untuk pertukaran oksigen dan karbondioksida antara udara yang kita hirup dan dara – proses yang dikenal dengan respirasi. Sepanjang membantu tubuh dibersihkan dari karbondioksida, paru-paru membantu oksigen dari udara yang kita hirup masuk ke dalam sel merah dalam darah,” ujar Dr. Lizzie.

 

 

 

Apa yang harus dimakan : Sekali lagi, bawang putih dapat membantu dengan tingginya kadar allicin, antioksidan bertenaga super yang dapat membantu menghancurkan radikal bebas dalam tubuh. Bawang putih juga termasuk anti peradangan. Satu penelitian menemukan bahwa kopi dapat membantu fungsi paru-paru dan khusus penderita asma, kopi dapat melegakan jalan pernapasan sampai empat jam setelah diminum.

 

 

 

Baca Juga: Makan Tteokbokki Yuk!

 

 

Baca Bagaimana Menjaga Organ Vital Tetap Sehat Dengan Makanan Pilihan? (2) untuk mengetahui organ vital lain yang harus kamu jaga.

 

 

 

Disadur dari AskMen

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori