Mendukung Pemerintah Suriah, Iran Turut Melawan ISIS

0
Mendukung Pemerintah Suriah, Iran Turut Melawan ISIS
0 (0%) 0 votes
iran lawan isis

Hadirnya kelompok militan bernama Islamic State of Iraq and Syria atau biasa dikenal dengan ISIS menyita perhatian dunia. Berbagai negara di dunia bahu-membahu untuk melawan ISIS karena tindakan mereka yang tidak manusiawi. Beberapa negara seperti Inggris dan Perancis telah mengeluarkan pernyataan untuk melawan ISIS. Begitu pula dengan Iran. Hassan Rouhani selaku presiden Iran mengungkapkan bahwa perlawanan terhadap ISIS akan menjadi prioritas utama negaranya.

 

Dalam perlawanan terhadap ISIS, Iran mengikuti jejak Rusia dengan mendukung pemerintah Bashar al-Assad selaku presiden Iran. Iran mengungkapkan bahwa pemerintahan Presiden Bashar al-Assad tidak boleh dilemahkan. Meski tetap mendukung proses reformasi di Suriah, Hassan Rouhani tetap berpendapat bahwa pemerintahan Bashar al-Assad harus didukung.

 

Pendapat Presiden Iran Hassan Rouhani disampaikan langsung olehnya di sela-sela Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York pada hari Minggu (27/9) lalu. Pendapat Presiden Iran Hassan Rouhani ini tentunya berbeda dengan pandangan Amerika Serikat dan sekutunya. Amerika Serikat sendiri berpendapat bahwa pemerintahan Bashar al-Assad harus diturunkan. Sang presiden harus turun dari jabatannya. Hal ini dilakukan demi menciptakan perdamaian di Suriah.

 

Akan tetapi, Presiden Iran Hassan Rouhani mempunyai pendapatnya sendiri. Ia menilai jika Bashar al-Assad lengser maka para ekstremis akan semakin merajarela di Suriah. Ia juga mengungkapkan bahwa tindakan Amerika Serikat dan sekutunya yang menyerang ISIS melalui jalur udara tidaklah cukup. Dirinya mengaku bahwa Iran akan melawan terorisme meski mempunyai pandangan yang berbeda dengan Amerika Seirkat.

 

Source: cnnindonesia.com

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori