4 Cara Menambahkan Teman di Gmail, G+, dan Hangouts

Cara menambahkan teman di Gmail, atau produk keluaran Google lainnya, sangat dibutuhkan sekarang ini untuk memperluas jaringan. Yuk, simak artikel berikut ini!
0
4 Cara Menambahkan Teman di Gmail, G+, dan Hangouts
0 (0%) 0 votes

Siapa, sih, yang sekarang ini tidak menggunakan produk dari Google, atau minimal mendengar namanya? Piranti lunak buatan Google kini bahkan menjadi salah satu piranti lunak yang paling banyak digunakan di dunia, apalagi kalau bukan Android yang banyak mengisi ponsel-ponsel pintar kelas internasional. Namun, produk yang paling sering kita gunakan dari Google, selain mesin pencarinya, mungkin adalah produk pengelola surelnya atau Gmail. Bila sudah demikian, mengetahui cara menambahkan teman di Gmail jelas menjadi sesuatu keharusan, bukan?

 

Di sini Hello-PET akan membantu Anda memberi tahu cara menambahkan teman di Gmail. Tetapi, tenang saja, kami juga akan memberi tahu Anda cara menambahkan teman di beberapa produk keluaran Google lainnya seperti Google Hangouts yang bisa digunakan untuk berkirim pesan singkat melalui internet dan juga Google Plus yang merupakan salah satu kanal media sosial yang profesional. Tapi, sebelum memberikan langkah muda dalam menambahkan teman di produk-produk keluaran Google, yuk kita coba berkenalan dahulu dengan perusahan raksasa yang sudah lama malang-melintang di dunia digital ini.

 

(Baca juga: Google Donasikan 25 Ribu Laptop untuk Orang Miskin)

 

 

 

Sejarah Google Sang Raksasa!

 

Google merupakan perusahaan teknologi multinasional besutan Larry Page dan Sergey Brin yang dimulai di tahun 1996 sebagai master project ketika Page dan Brin tengah kuliah di Stanford University. Meskipun awalnya Google hanya dimaksudkan sebagai proyek semata, pada tanggal 15 September 1997, domain Google akhirnya didaftarkan agar bisa diakses di dunia maya sebagai sebuah mesin pencari dan perusahaannya sendiri mulai diresmikan pada tanggal 4 September 1998. Kemudian, secara perlahan-lahan Google pun mulai dikenal dan dikembangkan hingga menjadi salah satu perusahaan raksasa dunia dengan pendapatan hingga puluhan juta dolar setiap tahunnya.

 

Sebagai sebuah perusahaan dengan produk utama mesin pencari, kini Google memiliki beberapa pusat data, baik yang tersebar di seluruh negara bagian di Amerika Serikat juga pusat-pusat data yang berada di Singapura, Taiwan, Belgia, Cili, Finlandia dan juga Irlandia. Pusat-pusat data ini memungkinkan Google untuk mengindeks miliaran laman-laman web sehingga pengguna internet mencari hampir seluruh kata kunci yang dibutuhkan. Meskipun demikian, praktik mesin pencari ini bukannya tanpa masalah sama sekali. Pada tahun 2003, New York Times mengeluhkan bahwa praktik indeks kata kunci yang dilakukan oleh Google bisa digolongkan sebagai pelanggaran terhadap hak cipta laman website yang diindeksnya. Masalah privasi pengguna pun turut dipermasalahkan ketika Google diindikasi memiliki kerja sama dengan Badan Pengawasan Keamanan Negara dan juga CIA.

 

(Baca juga: Ilmuwan Google Ungkap Teknologi yang Bisa Bikin Manusia Hidup Abadi!)

 

 

 

 

Cara Menambahkan Teman di Google Mail

 

Bila tadi kita sudah membahas sedikit tentang Google, baik sejarah singkat maupun permasalahannya, kini mari kita bahas bagaimana cara menambahkan teman di Gmail. Untuk menambahkan teman di Gmail, pertama-tama Anda harus memastikan bahwa Anda memang memiliki akun Gmail terlebih dahulu. Setelahnya, Anda bisa berkirim email dengan teman yang ingin Anda tambahkan. Bila Anda sudah mengirimkan email atau membalas email dari teman yang ingin Anda tambahkan, Anda bisa langsung saja membuka email tersebut. Di bagian kanan atas email tersebut akan ada beberapa tombol fungsi. Pilih tombol tanda panah ke bawah untuk memunculkan menu drop down.

 

Pada menu yang drop down tersebut, Anda akan menemukan pilihan cara menambahkan teman di Gmail. Bila Anda menggunakan settingan bahasa Inggris, pilihan yang tertera akan berbunyi ‘Add [Nama Teman] to contact list’. Setelah memilih menu tersebut, teman Anda tersebut akan ditambahkan secara otomatis pada kontak yang Anda miliki. Untuk memeriksa apakah teman Anda sudah selesai ditambahkan atau belum, Anda bisa menekan tulisan Gmail di pojok kiri atas layar Anda untuk memunculkan menu. Pilih ‘Contacts’ pada menu yang akan membawa Anda pada daftar kontak yang Anda miliki. Pada awalnya, informasi yang akan Anda temukan hanyalah nama teman Anda beserta alamat emailnya saja, tetapi bila Anda menekan tombol edit yang biasanya menggunakan icon pensil, Anda bisa menambahkan informasi-informasi lain yang Anda inginkan seperti nomor telepon dan juga nama perusahaan tempat teman Anda bekerja.

 

(Baca juga: Waduh! ICMI Minta YouTube dan Google Diblokir dari Indonesia!)

 

 

 

Cara Menambahkan Teman di Google Hangouts

 

Tidak jauh berbeda dengan cara menambahkan teman di Gmail, untuk menambahkan teman di Google Hangouts, layanan pesan singkat yang dimiliki oleh Google, pertama-tama pastikan terlebih dahulu Anda sudah memiliki akun Google Hangouts. Biasanya, bila Anda mendaftarkan diri untuk memiliki akun Gmail, akun Google Hangouts ini secara otomatis sudah Anda miliki. Anda bisa menemukan layanan pesan singkat untuk chatting ini di bagian pojok kiri bila Anda membuka akun Gmail Anda.

 

Di bagian atas daftar teman yang Anda miliki di Google Hangouts, akan muncul kotak pencari. Berbeda dengan cara menambahkan teman di Gmail, Anda tidak perlu berkirim email terlebih dahulu dengan teman yang ingin Anda tambahkan pada kontak Google Hangouts Anda. Pada kotak pencari tersebut, Anda cukup memasukkan nama atau nomor telepon atau alamat email teman yang ingin Anda tambahkan dan klik cari. Setelah memilih menu pencarian, sebuah kotak dialog akan terbuka di pojok kanan bawah layar Anda untuk mengirimkan invitation / undangan terhadap teman yang ingin Anda tambahkan. Kirimkan invitation atau permohonan pertemanan tersebut, dan secara otomatis Google akan menambahkan teman Anda di kontak Google Hangouts. Namun, teman Anda perlu menyetujui permohonan pertemanan tersebut terlebih dahulu sebelum Anda bisa bebas chatting dengannya.

 

(Baca juga: Syukurlah Kominfo Tolak Permintaan ICMI Memblokir Google)

 

 

 

 

Cara Menambahkan Teman di Google Plus

 

Setelah mengetahui bagaimana cara menambahkan teman di Gmail, mungkin Anda juga ingin mengetahui bagaimana cara menambahkan teman di Google Plus? Tenang saja, kami akan memberi tahu Anda bagaimana caranya. Untuk menambahkan teman di Google Plus atau Google+, pertama silakan masuk terlebih dahulu dalam akun Google+ yang Anda miliki dan masuklah ke laman profil teman yang ingin Anda tambahkan. Di bagian atas pada profilnya, Anda akan menemukan pilihan ‘Add to circle’ untuk menambahkan teman.

 

Circle merupakan fitur yang menarik dan hanya ada di Google+. Fitur ini dapat membantu kita untuk mengelompokkan teman-teman yang sudah kita tambahkan. Anda bisa membuat sendiri circle yang Anda inginkan seperti teman, keluarga, atau teman kerja, sehingga ketika Anda menambahkan teman pada Google+, Anda bisa mengelompokkan apakah teman tersebut merupakan keluarga Anda atau circle teman lainnya. Dengan adanya fitur ini, kita juga akan semakin mudah mengatur pesan atau update status yang kita bagikan. Saat membagikan sesuatu di Google+, Anda bisa mengatur apakah Anda ingin membagikannya kepada semua teman yang ada pada daftar teman di Google+ Anda atau hanya pada circle-circle tertentu saja. Jadi, bila Anda memiliki update status yang mungkin akan berbahaya bila dilihat oleh keluarga Anda, yang perlu Anda lakukan hanya membagikan update status tersebut pada semua teman selain teman yang Anda kelompokkan pada circle keluarga. Menyenangkan sekali, ya?

 

(Baca juga: Kacau! Google Menghapus Palestina dari Google Maps!)

 

 

 

 

Keuntungan Menambahkan Teman di Google

 

Bagaimana tips dan trick yang sudah kami berikan di atas? Apakah cukup membantu dan berguna bagi Anda? Lebih lanjut lagi, menambahkan teman di akun-akun layanan Google sebenarnya memberikan Anda keuntungan tambahan. Google yang merupakan sebuah perusahaan teknologi raksasa sangat mementingkan kemudahan Anda dalam mengakses setiap layanannya. Itulah mengapa Google juga menerapkan sistem sinkronisasi di mana setiap teman yang sudah Anda tambahkan pada setiap akun layanan Google yang Anda miliki akan terekam dalam satu layanan khusus yang disebut Google Contact.

 

Google Contact ini akan memudahkan Anda untuk menyimpan semua informasi kontak yang Anda butuhkan dari teman Anda, bahkan mengaksesnya melalui telepon genggam, terutama yang menggunakan OS Android. Anda cukup menyinkronkan telepon genggam dengan akun Google yang Anda miliki dan semua data tersebut akan secara otomatis tersimpan di dalah phonebook Anda. Sebaliknya, bila Anda menyimpan nomor telepon teman Anda pada akun Gmail maka informasi tersebut juga akan secara otomatis terekam dalam Google Contact, sehingga bila Anda mengganti telepon genggam yang Anda miliki, Anda tidak akan kehilangan kontak teman-teman Anda karena Anda bisa menyinkronkan ulang akun Gmail Anda dengan telepon genggam yang baru.

Selamat datang di era digital!

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori