Beberapa Cara Memperbaiki Pola Makan

Apabila anda mengalami pola makan yang tidak teratur maka anda perlu beberapa cara yang kami bagikan di sini. Supaya dapat diterapkan di rumah secara teratur.
0
Beberapa Cara Memperbaiki Pola Makan
0 (0%) 0 votes
http://papasemar.com/alasan-mengapa-berat-badan-cenderung-naik-saat-berpuasa-dan-bagaimana-cara-mengatasinya/

Pada lebih dari kebanyakan orang yang mengalami kegemukan dan ingin menurunkan berat badan, serta sangat ingin mempunyai tubuh yang ideal, tetapi anda tidak mau untuk mengubah pola hidup yang paling utama memperbaiki pola makan sehari-hari.

 
Untuk dapat mengubah kebiasaan makan memang bisa dikatakan sebagai tantangan yang paling besar untuk sebagian orang. Terutama apabila prilaku makannya sudah sangat lama dijalani misalnya sudah bertahun-tahun.

 

Jadi sudah tidak heran lagi jika banyak orang yang gagal di tengah-tengah jalan pada saat ingin mencoba mengubah kebiasaan mengatur pola makannya.

 

Anda mungkin juga pernah untuk mencoba menjalani pola makan yang lebih sehat tetapi selalu gagal. Sudah banyak teori yang berbicara tentang cara memperbaiki pola makan.

 

Untuk konsep diet yang paling kita kenal saja sudah bermacam-macam, ada yang diet rendah karbo, diet dengan makanan mentah, diet atkins, diet mediterrania, dan juga yang lain sebagainya.

 

Tetapi sebenarnya, untuk dapat mengubah pola makan di dalam keseharian anda, dapat dimulai melalui hal-hal yang sangat kecil. Dalam mengubah kebiasaan makan yang sederhana tersebut maka lama-kelamaan akan dapat memperbaiki kondisi kesehatan anda mungkin dalam jangka waktu yang sangat panjang. Untuk itu cobalah mengikuti cara-cara yang Hello-Pet bagikan di sini.

 

 

 

 

Cara Mengubah Pola Makan

 

– Ambillah langkah awalnya dengan melakukan perubahan-perubahan kecil dalam program diet atau gaya hidup yang bisa meningkatkan kesehatan anda serta juga dapat memperkecil ukuran pinggang anda.

 

 

– Menjadi jauh lebih sadar. Yakni merupakan salah satu langkah utama untuk dapat menuju kebiasaan-kebiasaan makan yang sangat baik ialah dengan lebih memperhatikan apa-apa saja yang anda makan serta minum. Bacalah terlebih dahulu label makanan, agar menjadi akrab dengan daftar-daftar bahan makanan, serta mulailah untuk memperhatikan segala sesuatu yang akan anda masukkan ke dalam mulut.

Setelah itu anda akan menjadi lebih sadar tentang apa yang sedang anda makan, serta anda akan mulai menyadari betapa perlunya untuk memperbaiki pola makan dalam kesehariannya. Mungkin ada beberapa orang yang mendapat berbagai manfaat dengan cara menjaga buku harian makanan mereka.

 

 

– Langkah selanjutnya dengan membuat sebuah rencana. Bagaimana jika anda dapat memulai dengan lebih banyak mengonsumsi, lalu setelah itu sarapan setiap harinya, ataupun anda dapat pergi ke gym lebih sering? Uraikanlah pilihan anda.

Sebagai contohnya rencanakanlah untuk bisa mengambil sepotong buah pada saat ingin bekerja setiap harinya untuk memakan makanan ringan, serta persediaan sereal dan juga buah-buahan jika anda ingin sarapan dengan cepat. Serta anda juga dapat pergi ke gym pada saat tidak terlalu sibuk atau jika kerjaan anda libur dalam tiga kali seminggu.

 

 

– Sediakan menu-menu baru pada setiap minggunya. Untuk langkah ini pada akhirnya akan menimbulkan perubahan yang sangat besar. Contohnya, apabila tujuan anda ialah agar makan lebih banyak sayuran, anda dapat mengatakan pada diri sendiri jika anda ingin mencoba salah satu sayuran yang baru pada setiap minggunya hingga anda bisa menemukan beberapa sayuran yang benar-benar anda sukai.

 

Ataupun dengan mencari cara termudah untuk dapat menambahkan satu porsi lebih lagi sayuran untuk yang melakukan program diet pada setiap minggunya hingga anda dapat mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Cobalah dengan topping makan siang sandwich anda dengan menambahkan irisan mentimun, atau menambahkan wortel parut dengan muffin yang Anda punya untuk sarapan, maupun topping pizza untuk makan malam anda dengan tambahan tomat kering serta jamur.

 

 

 

– Anda dapat menjadi realistis. Pada langkah yang satu ini anda tidak boleh berharap terlalu banyak dari diri anda dengan melakukannya terlalu cepat. Karena ini sangat membutuhkan waktu mungkin sekitar satu bulan untuk dapat melakukan tindakan-tindakan yang baru agar menjadi suatu kebiasaan.

 

 

– Praktikkan manajemen stres. Untuk bisa fokus agar dapat mengatasi stres yakni dengan cara berolahraga, relaksasi, meditasi, maupun bekerja untuk anda sendiri, agar anda tidak akan jatuh kembali pada kebiasaan-kebiasaan buruk selama periode stres atau dengan memakan makanan untuk dapat membantu anda mengatasi situasi seperti itu.

 

 

 

 

Cara Mengubah Pola Makan Pada Saat Diet

 

Bagi mereka yang selalu gagal untuk dapat mengubah perilaku makannya menjadi lebih sehat ialah karena mereka memulai program dietnya dengan langkah yang salah. Biasanya, ada terdapat dua faktor yang sangat penting dan harus anda perhatikan untuk dapat memaksimalkan program diet anda.

 

 

– Dengan mengubah jenis-jenis makanan yang dapat anda konsumsi
– Dengan mengurangi porsi yang akan anda konsumsi

 

 

Anda tentu tidak mungkin dapat mengubah kedua cara yang ada di atas tersebut secara spontan. Karena dalam mengubah sebuah prilaku makan bukanlah suatu perkara yang sangat mudah. Tubuh pun akan membutuhkan waktu untuk dapat menyesuaikan kebiasaan-kebiasaan lama dengan pola hidup baru yang jauh lebih sehat.

 
Terobsesi mempunyai badan yang sehat dengan sangat cepat, sehingga kebiasaan makannya pun diubah secara tiba-tiba. Di sinilah letak kesalahan pada kebanyakan orang. Sebab dalam menurunkan berat badan itu sangat membutuhkan jangka waktu yang relatif panjang serta juga pembiasaan pada diri kita.

 

 

Mungkin salah satu pola makan yang sangat diperbolehkan pada saat diet ialah dengan mengurangi konsumsi nasi putih, serta perbanyaklah makan sayur-sayuran dan juga buah-buahan.

 

Untuk yang tidak terlalu terbiasa untuk melakukan pola makan yang seperti ini, tentu saja yang ada hanya merasa tersiksa. Jika sudah mulai jenuh, tersiksa, maka hasilnya pun tidak akan dapat, yakinlah jika pola yang seperti ini tidak akan bisa bertahan lama dan juga akan berhenti di tengah-tengah jalan.

 

Maka dari itu tidak dianjurkan untuk melakukan suatu perubahan secara mendadak. Jika anda tidak sanggup untuk makan tanpa nasi, maka anda cukup mengurangi porsinya saja. Apabila untuk mengurangi porsinya pun anda tidak bisa, maka anda cukup mengganti nasi putih dengan nasi merah yang jauh lebih tinggi seratnya, kaya akan gizi serta juga rendah kalori.

 

 

Lakukanlah perubahan-perubahan kecil yang dapat anda kerjakan dalam jangka waktu yang relatif lebih lama. Karena hal ini jauh lebih baik daripada dengan mengubah prilaku makan anda secara tiba-tiba. Ini ada beberapa tips untuk dapat membantu anda agar bisa mengubah pola makan menjadi lebih sehat.

 

 

– Dengan memakai piring yang jauh lebih kecil
– Membagikan porsi makanan menjadi tiga bagian kecil
– Dengan Mengonsumsi cemilan-cemilan yang mempunyai tinggi protein serta rendah kalori pada setiap 2 jam sekali supaya pada saat anda memakan makanan utama, anda tidak akan makan secara berlebihan
– Rajinlah untuk mengonsumsi air putih. Mungkin bagi sebagian orang yang berbadan gemuk akan salah mengartikan sinyal yang haus tubuh sebagai rasa lapar
– Janganlah makan sambil menonton ataupun mengobrol sebab anda tidak akan merasa sadar bahwa sudah menghabiskan berapa banyak jumlah makanan yang telah anda konsumsi pada saat itu
– Supaya perut anda merasa lebih cepat kenyang, kunyahlah makanan dengan lebih lama serta secara perlahan
– Hindarilah stres supaya anda tidak akan mengalami emotional eating

 

 

 

 

 

Cara Mengubah Pola Makan Sehat

 

– Jangan Meninggalkan Waktu Makan
Aturlah jadwal makan anda dengan tanpa diubah-ubah. Contohnya, pada jam makan pagi yakni pukul 7.00, dan jam makan siang yakni pukul 13.00 serta juga pada jam makan malam yakni pukul 19.00.

 

Pertahankanlah waktu makan yang sudah anda tentukan tersebut untuk tetap anda jalankan dalam waktu yang sudah ditetapkan serta tidak diubah-ubah pada setiap harinya. Dan jangan pernah juga untuk meninggalkan makan, karena usaha ini hanya akan berakhir sia-sia. Sebab apabila anda menunda-nunda lapar, malahan anda akan memakan lebih banyak makanan dengan porsi yang bisa dibilang cukup besar walaupun hanya sekali.

 

 

– Mengganti Asupan Makanan Dengan Yang Sehat
Apabila anda selalu saja makan nasi putih, maka usahakanlah untuk menggantinya dengan berbagai sumber karbohidrat kompleks lainnya misalnya beras merah. Karena karbohidrat kompleks akan dapat membuat anda lebih cepat kenyang serta bertahan lebih lama dan juga dapat menunda lapar serta menghilangkan selera kita untuk mengemil.

 

Maka upayakanlah untuk memakan dengan menu makanan yang seimbang yakni bisa terdiri dari karbohidrat, sayur, buah, protein serta juga kalsium. Dan jika bisa kurangilah untuk memakan makanan yang cepat saji serta juga beberapa jenis makanan berlemak atau berkolestrol tinggi. Maka tingkatkan juga asupan seratnya yang dapat memperlancar pencernaan serta BAB.

 

 

– Makan Lebih Sering
Yang dimaksud dengan makan lebih sering ialah seperti pada diet sehat. Yakni dengan meningkatkan frekuensi makan kita misalnya dari 2 hingga menjadi 4 kali dalam sehari tetapi dengan porsi yang lebih sedikit.

 

Makanlah dengan lebih sering namun porsi yang lebih sedikit akan dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh, dengan demikian pada saat asupan nutrisi tersebut diserap sempurna oleh tubuh kita serta tidak akan ada sisa-sisa yang bisa tertimbun di dalam usus, yang dimana pada sebagian besar timbunan sisa makanan tersebut yakni penyebab munculnya perut buncit.

 

 

– Hindari Makan Spontan
Makanlah apabila anda sudah merasa lapar, dan janganlah anda makan secara tiba-tiba pada saat perut belum terasa lapar. Serta jangan memaksakan perut anda makan jika sudah kenyang.

 

 

– Seimbangkan Dengan Air Putih
Jika cara pertama hingga yang kelima sudah anda jalankan, maka jangan lupa juga untuk menyeimbangkannya dengan air. Sebab air putih sangatlah penting bagi kesehatan dan juga untuk menjaga tubuh agar tetap bugar. Maka konsumsilah 8 gelas air perharinya.

 

 

 

 

Tips Untuk Menerapkan Pola Makan Sehat

 

– Makanlah sayur dan buah-buahan segar
Untuk dapat mengimbangi nutrisi yang sudah anda konsumsi, maka tentunya anda harus bisa mengonsumsi beberapa jenis mineral serta juga vitamin yang terdapat di dalam buah dan juga sayur. Selain daripada itu, buah dan juga sayur mengandung banyak sekali serat yang baik bagi pencernaan kita. Dan juga buah serta sayur banyak mengandung antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas di dalam tubuh.

 

 

– Hindari makanan yang mengandung lemak tinggi.
Sangatlah penting bagi kita untuk dapat menghindari makanan-makanan yang berlemak tinggi misalnya ialah gorengan, daging berlemak, kulit ayam serta juga makanan yang mengandung santan. Sebab makanan yang banyak mengandung lemak tinggi bisa mengakibatkan menumpuknya kolesterol di dalam darah yang dapat menyumbat aliran darah. Oleh karena itu, alangkah baiknya anda dapat mengurangi atau bahkan menghindari makanan-makanan yang berlemak tinggi.

 

 

– Makan karbohidrat secukupnya saja.
Karbohidrat adalah sumber energi untuk tubuh. Karena karbohidarat akan diubah hingga menjadi glukosa di dalam tubuh yang dapat menghasilkan sebuah energi. Tetapi apabila glukosa ini dikonsumsi secara berlebihan maka akan dapat menyebabkan berbagai macam masalah misalnya obesitas serta juga kencing manis. Untuk itu hindarilah hal-hal yang seperti ini. Itu sangatlah penting untuk dapat mengendalikan konsumsi karbohidratnya.

 

 

Sumber : http://www.caratipstrik.com/ http://mencegahpenyakit.com/

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori