5 Tips Memilih Gitar Akustik Berkualitas Untuk Pemula

Paling seru ketika kumpul dengan teman adalah sesi bermusik. Nah, gitaris pemula yang mau punya gitar akustik tapi bingung memilihnya, cek tips berikut ini ya!
0
5 Tips Memilih Gitar Akustik Berkualitas Untuk Pemula
0 (0%) 0 votes
gitar0

Sebagai seorang pemula, tentunya kamu akan merasa bingung dalam hal pemilihan gitar yang berkualitas. Karena kalau kamu ingin serius belajar bermain gitar, tentunya kamu harus punya gitar terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar kamu bisa terus mengasah kemampuan kamu dalam bermain gitar secara terus menerus.

 

 

Perlu kamu ketahui juga, gitar yang bagus untuk belajar adalah gitar akustik. Karena selain harganya yang cenderung murah, perawatan untuk gitar akustik juga lebih mudah dan tak perlu perawatan khusus lainnya. Banyak sekali tips memilih gitar akustik yang bertebaran di internet, salah satunya adalah Hello-Pet. Yap, dalam artikel kali ini, ada 5 tips memilih gitar akustik yang berkualitas untuk pemula. Dengan begitu, kamu tidak akan kecewa saat memilih gitar akustik di toko alat musik nanti.

 

 

Sebelum membahas tipsnya lebih jauh, saya akan menerangkan sedikit tentang gitar akustik. Perlu kamu ketahui, ada banyak sekali gitar akustik di Indonesia yang berkualitas, seperti Yamaha, Cort, Ibanez, dan masih banyak yang lainnya. Tapi kamu juga harus tahu kalau masing-masing produk tersebut punya ciri khas dan karakter suaranya sendiri. Jadi semuanya itu tak sama. Oke, kalo gitu langsung aja kita masuk ke tipsnya ya. Simak baik-baik tips berikut ini.

 

 

Baca juga: Puluhan Penggemar Musik Metal Sholat Maghrib Berjamaah

 

 

Pengaruh Minat Dalam Memilih Gitar Akustik

 

Nah, untuk tips yang pertama adalah minat. Tentukan dulu minat kamu dalam bermain gitar. Karena gitar akustik itu ada dua model, yang pertama akustik klasik dan yang kedua akustik biasa. Kalau gitar akustik klasik itu menggunakan senar nilon. Jelas saja, gitaris yang memainkan gitar akustik klasik ini akan membawakan lagu-lagu klasik. Sementara untuk gitar akustik biasa menggunakan senar string, sama halnya seperti gitar elektrik.

 

 

Nah, kedua model gitar akustik ini jelas akan menghasilkan suara yang berbeda. Jadi, sudah cukup jelas bukan kalau minat kamu terharap jenis musik tertentu juga sangat berpengaruh dalam menentukan gitar yang ingin kamu beli? Saran Hello-PET, pilihlah gitar akustik klasik untuk belajar. Karena senar nilon, jadi jari-jari kamu tidak akan terlalu sakit saat memainkan kunci gitar.

 

 

Baca juga: Sempat Kehabisan Pick Gitar, David Naif Tampil Apik di WTF Stage

 

 

 

Memilih Bentuk dan Desain Gitar Akustik

 

 

Sementara untuk tips yang kedua, kamu harus bisa melihat dari segi bentuk dan desainnya. Karena bentuk dan desain itu sangat berpengaruh sekali dalam menentukan kualitas dari gitar akustik yang kamu pilih. Untuk mengukur bentuk dan desain yang bagus, kamu bisa coba pegang dan rasakan bodi gitar tersebut. Apakah gitar yang kamu pilih itu sudah sesuai dengan fisik kamu atau belum. Misalnya saja badan kamu kecil, jadi kamu jangan pilih gitar yang ukurannya jumbo. Begitu juga sebaliknya. Kalau badan kamu besar, kamu jangan pilih gitar yang ukurannya terlalu kecil. Dari desain juga demikian, kamu bisa melihat berapa banyak fret yang ada pada neck tersebut. Jadi Hello-PET ingin kasih saran, pilihlah desain gitar yang jumlah fret-nya itu banyak. Karena dengan begitu, kamu akan lebih mudah kalau suatu saat kamu ingin belajar melodi hingga sampai ke bagian fret-fret ujung gitar tersebut.

 

 

 

Oiya, kamu juga harus memperhatikan kualitas kayu dari gitar itu sendiri ya. Biasanya, gitar yang memiliki kualitas kayu yang bagus itu agak berat. Periksa juga dari keseluruhan gitar tersebut, jangan sampai ada cacat pada bodi gitar. Karena itu juga akan mempengaruhi bentuk dan desain dari gitar akustik itu sendiri.

 

 

Baca juga: Shaggydog Semarakkan Kemerdekaan dengan Album Baru!

 

 

 

Merasakan Kenyamanan Saaat Memilih Gitar Akustik

 

 

Tips yang ketiga dalam memilih gitar akustik yang berkualitas adalah dari tingkat kenyamanan gitar itu sendiri. Kamu bisa rasakan sendiri apakah gitar tersebut nyaman dalam genggaman kamu atau tidak. Neck gitar sudah pas atau belum di jari-jari kamu. Kamu juga harus tahu kalau tebal atau tidaknya sebuah neck juga bisa mempengaruhi permainan gitar kamu nantinya. Neck yang terlalu tebal tidak akan cocok untuk bermain kecepatan. Jadi pastikan gitar akustik yang kamu pilih itu pas dan nyaman di tangan kamu ya.

 

 

Baca juga: Sheila On 7 Akan Keluarkan Album Baru Tahun Depan??

 

 

 

 

Mencoba Suara yang Dihasilkan Saat Memilih Gitar Akustik

 

 

Gitar itu akan menghasilkan suara apabila dipetik atau digenjreng. Jadi poin penting yang harus kamu perhatikan lebih mendalam lagi adalah suara yang dihasilkan dari gitar akustik yang telah kamu pilih. Setiap gitar itu punya karakter suaranya masing-masing. Kamu bisa sesuaikan dengan keinginan kamu. Kamu bisa coba memetik senar gitar tersebut dan dengarkan suara yang dihasilkan. Apakah sudah sesuai dengan minat kamu atau belum. Kamu juga bisa petik setiap senar dari ujung ke ujung. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi apakah ada fret yang buzzing atau tidak. Karena fret yang buzzing itu bisa menghasilkan nada yang tidak sempurna. Atau kamu juga bisa melakukan teknik-teknik bending di beberapa fret terakhir.

 

 

Baca juga: Lyla Masih Tetap Eksis Selama 10 Tahun Terakhir!

 

 

 

 

Survey Harga Ketika Memilih Gitar Akustik

 

 

Terakhir, kamu bisa melakukan survey harga dari toko gitar yang satu ke toko gitar yang lainnya. Bandingkan harga dari toko gitar yang berbeda itu. Janganlah terlalu tergesa-gesa dalam membeli gitar akustik yang kamu inginkan. Atau kamu juga bisa cek harga gitar akustik yang kamu inginkan melalui forum-forum yang ada di internet. Tapi kalau saran Hello-PET sih, kamu mending langsung aja datang ke toko gitar tersebut. Karena dengan begitu, kamu bisa langsung melihat fisik dari gitar tersebut. Sementara kalau dari internet, kamu cuma bisa mendapatkan spesifikasi saja. Walaupun ada gambar yang bisa dilihat, tapi kamu tidak bisa merasakan kualitas gitar tersebut secara langsung. Oiya, perlu kamu ketahui juga kalau gitar yang mahal itu belum tentu memiliki kualitas yang bagus. Memang sih ada jaminan kualitas dari harga yang ditawarkan. Tapi kalau kamu pintar memilih, kamu bisa mendapatkan gitar akustik dengan harga terjangkau tapi dengan kualitas yang bagus.

 

 

 

Nah, itulah tadi tips memilih gitar akustik yang berkualitas untuk pemula. Dengan mengikuti tips di atas tadi, kamu tidak akan merasa kebingungan lagi dalam menentukan gitar akustik yang berkualitas untuk kamu belajar.

 

 

Oiya ada tambahan satu tips lagi nih. Terakhir, kamu bisa ajak teman kamu yang mengerti tentang gitar. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan referensi gitar yang memang benar-benar akurat dari segi kualitas maupun harga yang ditawarkan. Meskipun kamu minta pendapat dengan teman kamu, tapi yang menentukan pilihan tetap kamu sendiri. Perlu Hello-PET tegaskan sini, janganlah kamu mudah terpancing dengan kata-kata orang lain yang mengatakan kalau gitar tersebut nyaman dan enak, karena jari-jari kamu dengan teman kamu itu berbeda. Dengan begitu, tingkat kenyamanannya juga akan berbeda. Gitar yang teman kamu bilang nyaman, belum tentu nyaman untuk kamu.

 

 

 

Kalau ada pertanyaan, silakan tinggalkan komentar di bawah ini ya. Jangan lupa juga untuk like and share artikelnya. Karena masih banyak pemula yang ingin mendapatkan gitar berkualitas untuk mereka belajar. Semoga bermanfaat.

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori