Aha! Ini Dia 8 Tips Memilih Agen Wisata Aman Dan Benar

Sebelum liburan menggunakan agen wisata, lebih baik simak dahulu tips berikut ini agar kamu tak kecewa saat di perjalanan. Setuju kan?
0
Aha! Ini Dia 8 Tips Memilih Agen Wisata Aman Dan Benar
0 (0%) 0 votes
rute perjalanan

Liburan adalah salah satu solusi untuk menghilangkan stres karena pengaruh kerjaan ataupun masalah kehidupan sehari-hari yang telah menumpuk selama ini.  Siapapun menghendaki adanya liburan dalam hidupnya baik muda ataupun manula. Tempat dan jenis liburan sebenarnya beragam tergantung keinginan masing–masing, ada yang hendak liburan di dalam negeri namun juga tak sedikit pula yang lebih senang  pergi ke luar negeri. Kamu bisa jalan–jalan sendirian atau bahkan berkelompok bersama kerabat ataupun teman–teman.

 

 

 

Tak ingin ribet untuk urusan akomodasi mulai dari transportasi hingga hotel kebanyakan orang cenderung memilih menggunakan agen wisata untuk keperluan liburan mereka.  Menggunakan agen wisata memang menjadi salah satu alternatif dalam mengirit waktu dan perencanaan liburan. Kamu tidak dituntut untuk mencari hotel ataupun transportasi yang kamu butuhkan selama berwisata. Ada pula tour guide yang selalu setia menemani kamu disetiap perjalanan dan memberikan informasi lengkap mengenai obyek wisata yang dituju.

 

 

 

Sayangnya bila kamu tak cermat dan cerdas dalam memilih agen wisata maka liburan yang menyenangkan pun sulit diraih. Kamu pastinya tak ingin mendapatkan hal buruk tersebut terjadi di tengah perjalanan wisatamu, bukan? Untuk itu simak dahulu tips berikut agar kamu terhindar dari agen wisata nakal yang bisa memberikan pengalaman buruk untuk liburan kamu berikut ini:

 

 

 

Tentukan Tujuan Sebelum Menemui Agen Wisata

 

Sebelum memilih agen wisata ada baiknya kamu menentukan terlebih dahulu kemana tujuan liburan kamu. Mungkin kamu memiliki  kota impian yang sudah lama ingin kamu kunjungi namun selalu terganjal  pekerjaan dan waktu. Kamu bisa mulai dari kota impianmu tersebut sebagai tujuan wisata. Kamu juga bisa meminta rekomendasi dari kerabat atau teman mengenai tempat – tempat yang indah dan menarik untuk berwisata. Bila tempat yang dituju berada di luar negeri siapkan dokumen yang kamu butuhkan jauh – jauh hari.

 

 

 

Untuk wisata ke luar negeri tentu saja kamu membutuhkan paspor dan visa yang perlu kamu apply sebelum keberangkatan. Selain itu tentukan pula berapa lama kamu akan liburan di tempat tersebut apakah hanya sehari, 3 hari atau malah seminggu lamanya. Menentukan lamanya liburan bisa mempermudah kamu memilih paket wisata yang ditawarkan pihak agen wisata.  Pastikan pula bahwa tanggal yang kamu tentukan untuk liburan tersebut telah valid dan pasti sehingga tidak ada perubahan yang terjadi setelah kamu membayar paket wisata di agen wisata yang kamu pilih.

 

 

 

Mulai Mencari Agen Wisata

 

Setelah menentukan lokasi wisata kini saatnya kamu mencari informasi  agen wisata yang menawarkan paket wisata ke kota tujuanmu. Beberapa agen wisata biasanya memberikan  penawaran lebih dari satu contohnya paket wisata sehari, paket wisata 3 hari dua malam dan masih banyak lagi jenisnya. Kamu bisa memilih berdasarkan budget yang kamu sediakan untuk liburan kamu. Bila waktu liburanmu cenderung panjang pilih paket yang durasinya lama agar kamu tahu lebih banyak tentang lokasi wisata. Untuk kamu yang memiliki waktu liburan yang relatif pendek bisa memilih paket wisata singkat agar  waktumu lebih efisiensi.

 

 

Baca Juga : 3 Wisata Alam Terbaik Di Jawa Barat Ini Akan Membuatmu Baper

 

 

Kamu bisa mencari agen wisata ini lewat dua jalan yakni rekomendasi dari teman sejawat atau kerabat dan mencari dari  internet. Ketika mencari di internet  jangan asal mencari, kamu perlu tahu lebih dalam  mengenai agen wisata yang kamu kehendaki. Agen wisata yang profesional dalam situsnya akan memiliki kontak baik berupa email ataupun nomor telepon yang bisa dihubungi. Alamat kantor juga harus ada supaya bila terjadi hal –hal yang tak diinginkan atau jika kamu hendak berkomunikasi secara langung kamu bisa datang ke kantornya.

 

 

 

 

Cross Check / Cek Silang Informasi Agen Wisata

 

Jangan lupa untuk selalu mengecek silang terlebih dahulu sebelum memesan seperti harga paket yang ditawarkan dengan harga di pasaran. Kamu juga perlu mengecek website agen wisata tersebut apakah sesuai dengan yang diposting atau tidak. Caranya mudah cukup datang ke lokasi kantornya bila  dekat dengan tempat tinggal kamu.  Bila lokasinya cukup jauh cobalah untuk berkomunikasi dengan mereka ketika hendak memesan. Jika memang terpercaya kamu bisa memesan dan melakukan pembayaran serta mengikuti prosedur yang ada.

 

 

Setelah melakukan pembayaran jangan lupa untuk melakukan konfirmasi pembayaran agar kamu yakin bahwa pembayaran kamu benar – telah diterima oleh pihak agen wisata. Apabila terdapat diskon atau potongan tertentu yang dikenakan pada beberapa pelanggan yang mungkin menggunakan penerbangan yang juga bekerja sama dengan pihak agen wisata maka jangan lupa untuk menjelaskan pula rinciannya.

 

 

 

 

Lihat Ulasan Agen Wisata

 

Terkadang dalam website agen wisata  terdapat beberapa review / ulasan dari pelanggan mereka yang telah menggunakan jasa agen wisata tersebut sebelumnya. Selain melalui website kamu juga dapat melihat review agen wisata di media sosial yang dimilikinya.

 

 

Semua ulasan /  review tersebut akan menguatkan kamu mengenai pelayanan yang ditawarkan oleh pihak agen wisata. Jangan sampai kamu asal memilih dan nantinya hanya berujung pada penipuan. Dari hasil review terkadang kamu juga bisa mendapatkan informasi kualitas hotel dan transportasi yang ditawarkan pihak agen wisata. Adanya review juga membantu kamu memastikan apakah travel agent yang kamu pilih tersebut aman atau tidak.

 

 

 

 

Gunakan Agen Wisata Berjaringan Luas

 

Indonesia memang kaya akan tempat wisata sehingga agen wisata banyak berjamur bukan hanya di kota – kota besar namun juga di pinggiran kota di Indonesia. Bagi kamu yang hendak liburan gunakanlah agen wisata yang memiliki jaringan luas. Pada umumnya untuk mnghemat biaya para agen wisata tersebut bekerja sama dengan beberapa pihak seperti restauran, hotel, maskapai penerbangan, kereta api, kapal pesiar  dan persewaan mobil yang mendukung bisnis mereka.

 

 

Oleh karenanya memakai jasa agen wisata yang berjaringan luas akan menghindarkan kamu dari pelayanan yang kurang menyenangkan. Kamu bisa melihat agen wisata tersebut memiliki jaringan yang cukup luas dengan melihat akomodasi yang ditawarkan.

 

 

Baca Juga: Mengunjungi 4 Objek Wisata Budaya Karo Medan

 

 

Biasanya dalam brosur atau website mereka akan ditunjukkan hotel atau akomodasi dari pihak agen wisata beserta biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan jasa mereka. Bila ada yang belum kamu mengerti tak perlu malu untuk menanyakannya langsung ke pihak agen agar  kamu tidak menyesal kemudian.

 

 

 

Hati – Hati Dengan Harga Murah

 

Ingat jangan mudah tergiur dengan harga yang murah bisa saja harga tersebut hanya merupakan pancingan agar kamu mau menggunakan jasa mereka dan kemudian hanya memberikan pelayanan seadanya. Kejadian penipuan berkedok paket wisata murah tidak hanya sekali dua kali saja terjadi bahkan beberapa kali meskipun begitu masih saja  banyak yang tertipu dengan modus seperti ini. Harga yang murah tak selamanya berujung penipuan sebab ada pula agen wisata yang menerapkan harga promo demi launching usaha.

 

 

 

Tak sedikit juga agen wisata yang menawarkan harga murah dengan mengurangi pelayanan seperti fasilitas hotel yang digunakan. Umumnya mereka  hanya menyediakan kamar biasa tanpa tambahan  fasilitas lain seperti TV kabel, Kulkas mini ataupun AC. Hal ini tergantung kamu apakah nyaman dengan akomodasi yang sederhana seperti itu atau tidak sebab jika kamu hanya ingin numpang tidur dan berfokus pada objek wisata yang kamu tuju mendapatkan akomodasi seperti contoh di atas tak ada ruginya.

 

 

 

 

Lihat Rute Wisata yang Ditawarkan Agen Perjalanan

 

Bagi kamu yang memiliki beberapa referensi agen wisata dan masih bingung menentukan mana yang akan dipilih kamu bisa melihat rute perjalanan mereka. Apakah rute yang ditawarkan kebanyakan memiliki tujuan wisata yang kamu inginkan atau tidak. Contohnya saja dari 7 rute yang ditawarkan 5 diantaranya adalah tempat wisata yang kamu ingin kunjungi.

 

 

Rute yang jelas akan membuat kamu dapat mengira-ngira agen wisata mana yang cocok kamu gunakan. Jika bisa pilihlah agen wisata yang memberikan asuransi jiwa bagi pelanggannya. Hal ini sebagai salah satu cara pencegahan terhadap hal – hal yang tak diinginkan dikemudian hari seperti kecelakaan.

 

 

Baca Juga: Di Balik Indahnya Misteri 8 Lokasi Wisata Angker Di Bogor

 

 

 

 

Prosedur Jelas Dan Rinci Dari Agen Wisata

 

Agen wisata yang profesional akan memiliki gambaran yang jelas mengenai bagaimana bertransaksi dengan mereka. Selain itu ada pula kolom disclaimer yang membahas kebijakan atau kesepakatan yang disetujui kedua belah pihak apabila terjadi sesuatu yang diingin. Sesuatu tersebut bisa berupa pembatalan transaksi yang dilakukan salah satu pihaknya. Prosedur penjemputan pelanggan dan rencana perjalanan di tempat wisata. Kamu juga diberikan informasi lengkap mengenai jadwal  perjalanan mulai dari keberangkatan hingga jadwal pulang.

 

 

 

Bagaimana dengan penjelasan di atas? Apakah kamu merasa artikel ini berguna? Silakan bagikan kepada teman dan saudara yang akan berlibur, ya!

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori