Cara Membuat Tahu Bulat, Tahu Yang Digoreng Dadakan

Ini lho cara membuat tahu bulat, tahu yang digoreng dadakan dan sedang populer belakangan ini. Tahu bulat sangat cocok untuk dijadikan camilan favorit lho!
0
Cara Membuat Tahu Bulat, Tahu Yang Digoreng Dadakan
0 (0%) 0 votes
Tahu Bulat

Tahu tidak bagaimana cara membuat tahu bulat yang sedang populer saat ini? “Tahu bulat, digoreng dadakan, lima ratusan, hangat, gurih-gurih.” Begitulah lagu yang terkenal dari tahu bulat yang membuat cemilan itu terkenal. Tahu kah kamu bahwa lagu tersebut dibuat oleh seorang pedagang tahu bulat dengan merekam suaranya sendiri? Unik sekali, ya, caranya! Kudapan gurih ini banyak dijual oleh pedagang dengan truk secara berkeliling, namun ada juga yang menjualnya di warung biasa. Walau begitu, tahu bulat yang sedang populer saat ini banyak yang dijual dengan truk kecil karena akan digoreng ketika ada pelanggan datang menghampiri! Menikmati tahu bulat yang hangat sangat enak lho, tentunya kalian juga bisa membuat tahu bulat sendiri bila ingin!

 

Tahu Bulat Digoreng Dadakan

 

 

Penasaran dari mana lirik ‘tahu bulat digoreng dadakan’ ini muncul? Ceritanya ada tren yang muncul di antara penjual tahu bulat, yaitu berjualan tahu di atas mobil bak terbuka yang berkeliling dengan menyuarakan rekaman suara khas dari makanan itu.

 

“Tahu bulat, digoreng dadakan, lima ratusan, gurih-gurih nyoi…,” begitu terdengar saat mobil tahu bulat ini melintas.

Source: megapolitan.kompas.com

 

Siapa sih yang menyuarakan lirik yang akhirnya mendadak jadi populer ini? Rupanya itu adalah pemilik dari penjaja tahu bulat tersebut. Bahkan suara tersebut direkam di kontrakannya lho! Sejak berkembang di daerah Cianjur, rekaman itu sudah digunakan untuk menjajakan tahu bulat itu. Bahkan katanya selama hampir dua tahun di daerah Cianjur dan Sukabumi sudah berkembang penjualan kudapan ini. Tidak hanya di sana, penjualannya merambah ke daerah lain. Mereka pun menjualnya di daerah Jakarta, Bogor, dan sekitarnya.

 

Macam-Macam Tahu Bulat

 

 

Wow, bahkan tahu bulat pun punya varian tersendiri lho. Produk yang diolah dengan tangan terampil ini tentu saja sangat menggoda banyak orang untuk mempelajari bagaimana cara membuatnya. Bahkan rasanya yang murah pun membuat orang berbondong-bondong untuk membelinya bila tidak sempat membuat tahu bulat ini. Apa sih macam-macam tahu bulat yang ada saat ini?

 

Yang pertama adalah tahu bulat pedas. Tahu bulat yang satu ini menggunakan cabai asli yang diproses dengan bahan-bahan berkualitas tinggi! Bagi para pecinta rasa pedas, tahu bulat pedas ini adalah salah satu produk yang wajib dicoba lho! Tapi hati-hati jangan kebanyakan, nanti perutnya yang berulah!

 

Berikutnya adalah tahu bulat jumbo. Sesuai namanya, tahu bulat yang ini memiliki ukuran jumbo yang lebih besar dari gorengan tersebut pada umumnya lho. Konon katanya, tipe yang satu ini makin mengembang lebih besar dari jenis yang biasanya. Siapa yang tidak tergoda untuk mencoba? Cara membuat tahu bulat ini juga tidak sulit lho, coba deh disimak!

 

Bahan Pembuatan Tahu Bulat

 

 

Sudah dengar kan cerita populer dari tahu bulat yang sedang gencar dijual ini? Apalagi, saat ini permainannya sudah ada di playstore Android, menjadi top game dan mengalahkan Clash of Clans! Dengan harga Rp500,- saja kau sudah bisa mendapatkan sebuah tahu. Mm, sungguh nikmat! Lalu kenapa tidak mencoba untuk membuat sendiri dan menjajakannya? Nah, ini lho bahan-bahan yang kamu perlukan untuk membuat tahu bulat.
– 10 buah tahu putih segar ukuran besar
– Minyak secukupnya untuk menggoreng
– Cabe rawit pedas

 

Setelah menyiapkan bahan-bahan untuk tahu, tentunya kamu perlu juga bahan-bahan untuk membuat bumbu tahu bulatmu agar rasanya makin gurih! Bahan-bahan bumbu itu nanti akan dihaluskan.
– 5 siung bawang putih
– 3 siung bawang merah
– 2 butir kemiri
– 2 sdt merica
– Garam secukupnya
– Gula secukupnya

 

(Baca Juga: Rendang dan Nasgor Dinobatkan Jadi Makanan Terlezat di Dunia!)

 

Cara Membuat Tahu Bulat

 

 

Nah, begini lho cara membuat tahu bulat itu. Kalau bahan-bahan sudah siap, kamu bisa mulai untuk buat tahu bulat untuk cemilanmu. Sebisa mungkin tahu putih tersebut jangan disimpan di freezer sebelumnya agar bahan adonan tahu putih yang akan dijadikan tahu bulat dapat mengembang maksimal. Setelah itu haluskan tahu putih dengan blender bersama dengan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya dan aduk hingga rata.

 

Hasil blender nantinya dimasukan ke dalam baskom yang agak besar, lalu ambil adonan tahu dan bentuklah tahu menjadi bulat-bulat hingga habis untuk digoreng nanti. Panaskan minyak dan gorenglah tahu tersebut dalam api kecil-sedang. Hal ini dilakukan agar tahu bulat yang digoreng tidak cepat gosong dan nantinya dapat matang dengan sempurna. Setelah tahu bulat berwarna kuning kecoklatan, angkatlah segera dan tiriskan. Tahu bulat yang sudah matang dan mengembang pun siap dihidangkan sebagai hidangan keluarga!

 

Cara Membuat Tahu Bulat Pedas

 

 

Apakah kamu tahu kalau tahu bulat pun ada resep lainnya, yaitu tahu bulat pedas! Caranya tentu tidak jauh berbeda dari membuat tahu bulat biasa, namun di sini irisan cabai akan menambahkan rasa mantap si bulat. Siapkan terlebih dulu bahan untuk memasaknya, yaitu 4 siung bawang merah, gula merah, 1 bungkus tahu sutra yang sudah dihaluskan, 3 siung bawang putih, garam, cabe, tomat yang diiris, irisan dari daun seledri, irisan halus bawang bombay, dan mentega atau minyak goreng. Nah, tidak jauh berbeda dari tahu bulat biasa kan?

 

Bumbu-bumbu kemudian dicampur dan dicampurkan dengan adonan tahu. Kalau sudah digoreng dan mengembang, nantinya akan terlihat potongan-potongan cabai di permukaan si tahu bulat. Rasanya? Mmm, maknyus! Pedas dan gurih, siapa yang bisa menahan godaan yang datang dari gorengan yang satu ini?

 

Tahu Bulat Cemilan Keluarga

 

 

Tahu bulat ini sangat cocok untuk dijadikan cemilan keluarga lho. Selain teman makan nasi, tahu bulat juga bisa kamu makan dengan irisan cabe rawit untuk menambah rasa mantap tahu bulat yang akan dimakan. Bisa juga menggunakan saus atau kecap. Mm, tentunya dimakan hangat-hangat bersama keluarga rasanya pun akan makin enak! Selain dengan cabe rawit dan kecap manis, kamu pun bisa mencoba untuk memakannya dengan mayonaise. Pokoknya selera kamu saja deh! Semua saus yang dipadukan dengan tahu bulat ini tentunya akan makin menambah kelezatan si bulat.

 

Siapa tahu juga kamu bisa mencoba untuk berbisnis tahu bulat karena cemilan ini sangat mudah untuk dibuat lho. Walau dijual dengan harga murah, tetapi bila terjual banyak tentu akan untung besar! Yang terpenting, nikmatilah rasa gurih dari tahu bulat yang akan memanjakan lidahmu itu. Selamat mencoba untuk membuat tahu bulat yang digoreng dadakan ini!

 

Sumber: ruangresep

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori