4 Resep Membuat Masakan Khas Sunda, Nikmat!

Salah satu makanan yang populer di Indonesia adalah Masakan Khas Sunda, Jawa Barat. Kali ini hello-pet bakalan ngebahas resep masakan sunda. Silahkan dicoba
0
4 Resep Membuat Masakan Khas Sunda, Nikmat!
0 (0%) 0 votes
cara membuat masakan sunda

Buat kamu para pecinta masakan sunda, jangan sampai lewatkan beberapa resep yang satu ini loh. Karena, kali ini hello-pet mau ngebahas soal masakan sunda. Masakan sunda ini merupakan salah satu masakan yang sangat popular di masyarakat Indonesia.

 

Baca Juga : Ini Resep Masakan Sunda Nasi Tutug Oncom Ala Bondan Winarno

 

Makanan sunda memiliki ciri kesegaran bahannya, lalap terkenal dinamakan dengam sambal dan juga karedok yang menunjukan bahwa orang sunda kebanyakan sangat suka dengan sayuran, benar bukan? Oke, kalau kamu ingin mencoba beberapa resep membuat masakan sunda, cek langsung di sini aja yuk karena sekarang hello-pet mau memberikan tip dan trik beberapa cara membuat masakan sunda.

 

Resep Enak Urap Sayuran Rumahan

 

cara membuat masakan sunda
via masakankoki.web.id

 

Yang pertama, kita akan coba membuat makanan khas sunda yang menunjukan bahwa orang sunda sangat suka memakan sayuran segar. Tidak begitu sulit untuk menemukan urap sayuran pada warung makan di tatar sunda ini. Namun karena cepat basi, tak banyak yang disajikan sehingga cepat habis. Resep urap sayuran ini terdiri dari beberapa sayur-mayur yang sangat baik untuk pencernaan, khususnya buat kamu yang sedang bermasalah ketika buang air besar. Kalau kuliner barat memiliki salad, Indonesia memiliki urap sayuran yang rasanya tidak kalah enak.

 

Sebelum membuat urap sayuran, kamu sediakan bahan-bahan berikut ini.
50 gram kenikir rebus matang
50 gram daun singkong rebus matang
50 gram daun pepaya rebus matang
50 gram kacang panjang, potong 3 cm, rebus matang
100 gram taoge siangi seduh air panas
200 gr kelapa setengah tua, kupas dan parut kasar
2 sdm air asam
4 lembar daun jeruk
gula dan garam secukupnya.

 

Untuk bahan bumbu halus
2 buah cabai merah
2 buah cabai rawit
3 siung bawang putih
4 cm kencur
1 sdm irisan gula merah
½ sdt garam

 

Nah, kalau kamu sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan, lanjut ke tahap pembuatannya. Tahap pembuatannya juga sangat sederhana. Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah aduk bumbu halus dengan kelapa, air asam dan juga jeruk. Kalau sudah, selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah aduk rata sayuran kelapa berbumbu, tambahkan gura dan galam kalau rasanya masih kurang. Sajikan di piring.

 

 

Baca Juga : Lagi Diet? Ini Cara Menyajikan Sayuran Sehat Untuk Diet

 

 

Resep Sayur Lodeh Khas Sunda

 

cara membuat masakan sunda
via majresep.blogspot.co.id

 

Untuk selanjut, Hello-Pet akan mengajakmu mencoba resep membuat sayur lodeh khas sunda. Untuk resep yang satu ini, kamu perlu menambahkan santan agar kuahnya terlihat putih. Rasa yang gurih yang di hasilkan berasal dari ebi, terasi dan kemiri. Yuk, dicoba.

 

Sediakan semua bahan yang kamu perlukan untuk membuat sayur lodeh ini.
Bahan bumbu halus
2 sendok teh ebi kering yang direndam dengan air panas hingga empuk
4 siung bawang putih
6 siung bawang merah
4 butir kemiri
1 sendok teh terasi
1 sendok teh kencur dan ketumbar bubuk
4 sendok teh garam

 

Nah, untuk bumbu pelengkap
4 iris tipis lengkuas,
4 lembar daun salam,
3 cabe merah iris tipis,
3 cabe hijau iris tipis,
3 barang daun bawang iris 2 cm,
3 sendok teh gula jawa atau 1 sendok makan gula pasir,
2 sendok makan minyak canola untuk menumis,
½ kaleng santan kental,
8 cup air.

 

Bahan sayurannya yaitu 1 buah terong ungu, 1 ikat kacang panjang, 2 buah labu siam, 1 potong tempe, 1 buah jagung manis.

 

Kalau kamu sudah menyiapkan semua bahan tersebut, yuk mari lanjut ke langkah pembuatannya. Pertama, untuk membuat sayur lodeh ini ialah haluskan bahan bumbu halus dengan menggunakan hand blender atau juga bisa dengan food processor. Kalau kamu sudah menghaluskan bumbu halusnya, selanjutnya kamu harus menumis bumbu halus. Lalu, masukkan juga bumbu tambahannya yang akan kamu tumis hingga harum, sisihkan. Siapkan panci masak, masukkan sayuran yang sudah kamu potong, bumbu halus yang sudah ditumis. Tambahkan air dan santan kental, aduk rata. Masak terus sampai matang dan sayurannya terlihat empuk. Kalau sudah, sayur lodeh sunda kamu siap untuk disajikan.

 

 

Baca Juga : 4 Resep Membuat Capcay yang Bikin Ketagihan

 

 

 

Resep Praktis Tumis Bunga Pepaya

 

cara membuat masakan sunda
via bawangsoy.com

 

Resep berikutnya, kamu akan mencoba resep tumis bunga pepaya. Buat kamu yang suka banget sama makanan dengan bahan pepaya, bisa coba resep yang satu ini. Gak perlu lagi deh kamu datang ke rumah makan yang biasanya menyediakan tumis bunga pepaya, mendingan kamu bikin sendiri aja. Yuk, langsung kamu coba saja.

 

Sediakan bahannya
150 gr daging ikan cakalang fufu, suwir
200 gr bunga pepaya siangi dan rebus
150 gr daun pakis siangi
3 lembar daun jeruk
1 ruas jahe memarkan
1 batang serai memarkan

 

Nah, untuk bahan bumbu halusnya ialah 5 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 sdt terasi yang sudah matang, 5 buah cabai merah. Tapi kalau kamu suka pedas, kamu juga bisa menambahkan jumlahnya, dan garam secukupnya.

 

Nah, untuk cara pembuatannya juga tidak begitu sulit kok. Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah panaskan minyak secukupnya yang akan kamu gunakan untuk menumis bumbu halus bersama jahe dan serai hingga harum. Masukkan suwiran ikan cakalang dan aduk hingga merata. Kalau kamu sudah memasaknya dan mengaduknya hingga merata, jangan lupa untuk memasukkan bunga pepaya dan daun pakis, masaklah hingga sayuran layu dan matang. Kalau sudah matang, bisa langsung kamu sajikan. Lebih enak di sajikan dengan nasi putih.

 

Baca Juga : Serba-serbi Diet Pepaya

 

 

Resep Sambal Goreng Kentang Udang Rumahan

 

cara membuat masakan sunda
via resepcaramasak.info

 

Selanjutnya, kita akan mencoba membuat masakan bagi para pecinta seafood. Kandungan Vitamin B3 pada udang dapat memenuhi 19% kebutuhanharian tubuhmu. Sementara kandungan vitamin A-nya dapat memenuhi 11% kebutuhan harian. Tentu saja udang memiliki kandungan omega 3. Di dalam 4 ons udang, terkandung 50% EPA dan 50% DHA.

 

Dengan adanya udang dan kentang yang akan membuat masakan yang satu ini memiliki rasa yang sangat unik, nikmat, dan gurih. Resep ini juga sangat nikmat bila disajikan dengan nasi putih. Hello-Pet merekomendasikan nasi merah yang lebih tinggi serat. Coba deh!

 

Sediakan bahan membuat sambal goreng kentang udang ini.
200 gr udang kepala dan ekornya bersihkan,
250 gr kentang kupas dan potong dadu, goreng setengah kering,
1 lembar daun salam,
2 cm lengkuas geprak,
100 gr santan kental,
3 sdm minyak.

 

Proses halus bahan berikut :
3 buah cabe merah, kalau suka pedas, kamu bisa menambahkannya sesuai dengan selera kamu,
3 siung bawang putih tumis setengah matang,
1 buah tomat matang ukuran kecil saja tumis juga setengah matang,
1 cm lengkuas muda cincang,
1/3 sdt terasi goreng.

 

Nah untuk bahan bumbunya ialah ½ sendok garam, 1 sendok makan gula merah, 2 sendok teh air jeruk nipis.

 

Cara pembuatannya juga tidak begitu rumit. Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah panaskan minyak, tumis udang sampai setengah matang. Selanjutnya, masukan bumbu halusnya, dan salam dan lengkuas, tumis hingga harum dan agak kering. Tuang santan, tambahkan bumbu, didihkan hingga kental dan masukan kentang. Kecilkan api, aduk rata dan teruskan memasak sampai kuah menyusut setengah kering. Angkat, sajikan.

 

Baca Juga : 4 Resep Membuat Capcay yang Bikin Ketagihan

 

Itulah beberapa resep membuat masakan khas Sunda. Selamat menikmati wisata kuliner dari rumah. Kalau kamu lebih suka dengan masakan yang mana nih, guys?

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori