3 Kreasi Cara Membuat Jus Jambu Biji Istimewa

Cara membuat jus jambu biji tentu sudah diketahui banyak orang, termasuk Anda. Tapi apakah Anda tahu cara membuat jus jambu biji yang istimewa? Yuk, simak deh!
0
3 Kreasi Cara Membuat Jus Jambu Biji Istimewa
0 (0%) 0 votes

Cara membuat jus jambu biji yang seperti apa yang Anda suka? Apakah seperti yang biasa dijual di penjual jus buah-buahan di luar sana, baik yang mudah ditemukan di pinggir jalan, di halaman minimarket-minimarket yang sudah mulai menjamah seluruh penjuru daerah, atau bahkan seperti yang ada di cafe-cafe enak bersofa empuk? Atau Anda sebenarnya justru bosan menikmati jus jambu biji di luaran tersebut? Kenapa tidak membuat sendiri? Bosan karena jus jambu biji buatan Anda yang itu-itu saja? Jangan cemas!

 

Berikut ini Hello-PET akan membagikan tiga kreasi cara membuat jus jambu biji sehingga Anda tidak akan merasa bosan untuk membuatnya sendiri. Masing-masing dari kreasi yang akan kami bagikan ini tentu saja istimewa, jadi Anda tidak perlu cemas kalau nantinya rasanya akan sama saja. Tenang saja, tidak perlu khawatir. Salah satu kreasi yang akan kami bagikan kepada Anda ini nanti bahkan memiliki kemasan yang jauh berbeda dengan kebanyakan jus jambu biji lain, dan jelas akan sangat disukai oleh buah hati Anda bila Anda bermaksud menyajikannya khusus untuk mereka.

 

(Baca juga: 3 Cara Membuat Jus Strawberry Susu yang Tidak Biasa)

 

 

 

Sekilas Sejarah Jambu Biji

 

Sebelum mulai membahas cara membuat jus jambu biji istimewa yang sudah kami janjikan, tidak ada salahnya, bukan, bila kita cari tahu dulu sejarah dari buah jambu biji ini sendiri. Sebagai orang Indonesia, kita harus berbangga diri karena buah jambu biji sebenarnya adalah buah-buahan tropis sehingga banyak ditemukan di negara-negara tropis, seperti Indonesia, dan sub-tropis. Buah yang memiliki nama latin Psidium guajava ini awalnya banyak dibudidayakan di Mexico dan juga negara-negara di Amerika Tengah. Dari daerah tersebut, buah-buahan ini kemudian merambah daerah tropis Amerika Serikat dan juga Karibia, dan perlahan-lahan mulai disebarkan juga di negara-negara di Asia, bagian selatan Amerika Serikat seperti Tennessee dan North Carolina, hingga Afrika.

 

Buah jambu biji memiliki kandungan nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B1, kalsium, mineral, karbohidrat, lemak, kalori, hidrat arang, fosfor, zat besi, protein, dan serat. Buah jambu biji biasanya berukuran sekitar empat hingga dua belas sentimeter dengan bentuk yang beragam tergantung dari spesiesnya. Ada buah jambu biji yang berbentuk bulat bundar, dan ada juga yang berbentuk oval. Buah jambu biji yang ada di Indonesia umumnya mengambil bentuk yang pertama, bulat bundar, tetapi pernahkah Anda melihat buah jambu biji yang berbentuk oval? Buah jambu biji ini sebenarnya memiliki aroma khas, seperti lemon namun tidak setajam aroma buah berwarna kuning tersebut. Buah tropis ini juga tidak memiliki tipikal ketebalan kulit karena tergantung juga dari spesiesnya, dan warna kulitnya saat matang pun beragam dari kuning, merah kecoklatan hingga hijau, sementara dagingnya umumnya berwarna merah atau putih.

 

(Baca juga: 4 Resep Membuat Es Doger yang Bikin Segar Tenggorokan)

 

Cara Membuat Jus Jambu Biji Istimewa

 

Original recipe untuk cara membuat jus jambu biji sebenarnya beragam, namun dalam kreasi pertama ini kita akan membuat jus jambu biji yang istimewa karena akan mengubahnya menjadi jus jambu biji tropikal. Bahan-bahannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan buah-buahan tropis yang dipotong dadu sebesar dua-tiga sentimenter. Siapkan setengah cangkir potongan buah jambu biji dan untuk setengah cangkir sisanya Anda bisa memenuhinya dengan potongan buah-buahan tropis lainnya seperti mangga, nanas dan pepaya, atau bahkan campuran ketiganya.

 

Masukkan potongan buah-buahan tersebut ke dalam blender, tambahkan yoghurt secukupnya, semakin banyak yoghurt yang Anda tambahkan, jus buatan Anda akan semakin kental. Tambahkan pula seperempat cangkir jus jeruk untuk menambah rasa tropis yang ada dan masukkan es batu secukupnya. Bila Anda ingin jus buatan Anda terasa lebih dingin lagi, masukkan terlebih dahulu potongan buah-buahan tropis yang sudah Anda siapkan ke dalam lemari pendingin. Selanjutnya, Anda tinggal menyalakan blender untuk membuatnya menjadi jus. Pastikan Anda memblender buah-buahan tersebut hingga sangat lembut dan tidak ada lagi bagian yang masih berbentuk. Tambahkan susu atau air bila menurut Anda jus yang tengah dibuat masih terlalu kental. Perhatikan, susu yang berlemak akan membuatnya semakin kental, lho!

 

(Baca juga: 4 Resep Membuat Es Teler Rumahan)

 

Membuat Smoothies Jambu Biji

 

Resep berikutnya dalam cara membuat jus jambu biji adalah dengan menjadikannya smoothies jambu biji. Caranya sama mudah dengan kreasi yang pertama, yang harus Anda siapkan adalah setengah cangkir jambu biji yang sudah dipotong-potong, satu cangkir es batu, setengah cangkir yoghurt, setengah sendok teh es krim strawberry atau vanila, setengah cangkir susu dan juga setengah cangkir jus jeruk untuk menambah rasa masam bagi jambu biji yang rasanya sudah manis. Masukkan semuanya ke dalam blender selama lima detik lalu matikan blender. Ulang langkah terakhir ini hingga jus jambu biji Anda terasa lembut dan siap untuk disajikan.

 

Selain rasanya yang istimewa, dengan mengubah cara membuat jus jambu biji ini menjadi smoothies jambu biji, Anda juga bisa menggunakan cara penyimpanan yang istimewa. Dengan tambahan yoghurt dan juga susu, jus jambu biji istimewa buatan Anda ini akan terasa sedikit kental. Mungkin Anda tidak bisa langsung menghabiskannya dalam sekali sajian, tetapi bila Anda merasa sayang untuk membuangnya, tenang saja. Anda tidak perlu membuangnya namun cukup masukkan kembali ke dalam lemari pendingin. Ingat, jangan dimasukkan ke dalam freezer bila tidak ingin membuatnya menjadi es batu. Bila Anda ingin menikmatinya lagi, Anda cukup mengolahnya lagi dalam blender selama beberapa saat dan smoothies buah jambu ini akan terlihat seperti smoothies yang baru dibuat tanpa ada tanda-tanda pernah disisakan dan disimpan sebelumnya. Istimewa sekali, bukan?

 

(Baca juga: 4 Resep Membuat Es Krim Goreng Rumahan)

 

Menikmati Es Krim Jambu Biji

 

Kreasi ketiga dalam cara membuat jus jambu biji ini bahkan lebih mudah lagi, lho! Apakah Anda ingat bahwa bila Anda menyimpan smoothies pada kreasi kedua di dalam freezer lemari pendingin Anda, maka Anda akan mengubahnya menjadi es batu? Nah, untuk kreasi ketiga ini justru cara tersebutlah yang akan kita lakukan. Pertama-tama, Anda bisa membuat smoothies pada kreasi kedua seperti biasa. Lalu, untuk kreasi yang terakhir ini, Anda tidak perlu menuangkannya ke dalam gelas, tetapi langsung saja tuangkan ke dalam cetakan es batu yang biasanya ada di bagian freezer lemari pendingin Anda.

 

Bila Anda sudah menuangkan smoothies buah jambu biji Anda ke dalam cetakan es batu, selanjutnya, tancapkan tusuk gigi atau garpu plastik kecil ke dalam masing-masing kotak pada cetakan es batu Anda, dan masukkan ke dalam freezer. Setelah membeku dan menjadi es batu, Anda tinggal mengeluarkannya lagi. Tusuk gigi atau garpu-garpu plastik yang Anda tusukkan tadi akan menjadi pegangan dan kini Anda bisa menikmati jus jambu biji buatan Anda sebagai es popsicle! Buah hati Anda akan sangat menggemari kreasi buatan Anda ini, bukan? Siapa, sih, yang bisa menolak kelezatan es popsicle? Terutama di siang hari ketika matahari sedang sangat panas-panasnya.

 

(Baca juga: 3 cara Lain Membuat Jus Mangga untuk Buah Hati!)

 

Manfaat Jambu Biji Merah

 

Nah, kini Anda sudah mengerti bagaimana cara membuat jus jambu biji istimewa dalam tiga kreasi berbeda, tetapi apakah Anda tahu manfaat jambu biji itu sebenarnya? Sebagai buah-buahan tropis, jambu biji sebenarnya menyimpan banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, lho! Anda bisa mendapatkan suplai kalsium, zat besi, magnesium dan juga kalium dalam buah yang satu ini. Dalam seratus gram buah jambu biji, terdapat kalori sebanyak 68 kilokalori, empat belas gram karbohidrat dan juga delapan gram gula. Tidak hanya itu, buah jambu biji juga mengandung serat yang baik untuk diet sebanyak lima gram, lho!

 

Vitamin pada buah jambu biji juga banyak sekali. Anda bisa menemukan kandungan vitamin A beta karotin, B kompleks, C dan juga vitamin K dalam buah jambu biji. Banyak sekali, bukan? Tentunya Anda jadi ingin sering-sering mengonsumsi buah yang satu ini setelah melihat banyaknya kandungan gizi di dalamnya, kan? Jangan ragu, konsumsi saja buah jambu biji setiap hari! Anda juga tidak perlu khawatir akan merasa bosan bila mengonsumsinya setiap hari karena Anda sudah tahu 3 kreasi berbeda dalam mengolah jambu biji. Bila Anda bosan dengan kreasi yang pertama, sajikan saja kreasi yang kedua untuk keesokan hari. Gampang sekali, bukan?

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori