3 Cara Ampuh Membersihkan Virus Dari Ponsel

Kadang bisa saja ponsel kita terkena virus, terutama kamu yang doyan download. Mau tahu cara-cara yang dapat kita gunakan untuk membersihkan virus?
0
3 Cara Ampuh Membersihkan Virus Dari Ponsel
0 (0%) 0 votes
cara membersihkan virus di ponsel

Ponsel merupakan singkatan dari telepon seluler, nama lain dari telepon genggam atau handphone (HP). Ponsel merupakan perangkat telekomunikasi elektronik yang dapat dibawa ke mana-mana (portabel,mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless). Namun, kemampuan dasarnya sama dengan telepon konvensional yang tersambung dengan kabel.

 

Ponsel tidak hanya dapat digunakan untuk melakukan dan menerima panggilan telepon, melainkan juga dapat digunakan untuk melakukan pengiriman dan penerimaan pesan singkat atau SMS (short message service). Sejurus dengan perkembangan teknologi digital, kini ponsel juga dilengkapi dengan berbagai pilihan fitur, seperti kemampuan untuk menangkap siaran radio dan televisi, perangkat lunak pemutar audio dan video, kamera digital, game, dan layanan internet.

 

Lalu apa jadinya jika ponsel yang kita gunakan sehari-hari terkena virus yang sangat parah? Mungkin akan menghambat komunikasi kita dengan orang terdekat.
Tapi sekarang anda tidak perlu khawatir, Hello-Pet akan memberikan beberapa cara serta tips untuk membersihkan virus dari ponsel anda.

 

 

 

Cara Membersihkan Virus Di Ponsel Secara Total

 

 

 

 

Langkah-Langkahnya

 

– Instal Anti Virus
Kasus ini dilakukan pada saat handphone android yang sudah terkena virus, namun tingkat kerusakannya belum begitu parah. Setelah melakukan instalasi AntiVirus, sobat bisa lanjutkan dengan melakukan scanning. Proses scanning ini merupakan langkah pertama. Setelah melakukan scanning biasanya akan muncul pemberitahuan aplikasi mana dan file apa saja yang bermasalah (terinfeksi).
Tunggu sampai proses scanning ini selesai. Setelah itu silahkan lakukan pembersihan virus terlebih dahulu (hapus file yang terkena virus).

 

 

– Uninstall Aplikasi yang Bermasalah
Setelah proses pembersihan selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan penghapusan aplikasi atau yang biasa di sebut dengan Uninstall. Mengenai aplikasi apa saja yang perlu di hapus, sobat bisa melihatnya pada list aplikasi yang terkena infeksi pada saat proses scanning selesai. Hapus aplikasi yang terinfeksi maupun aplikasi yang mencurigakan.
Untuk melakukan penghapusan aplikasi (uninstall), silahkan masuk ke Pengaturan –>Aplikasi –> Atur Aplikasi –> Pilih Aplikasi yang akan di Uninstall, selanjutnya pilih Hapus Instalan. Setelah melakukan proses uninstall aplikasi yang bermasalah. seharusnya android sobat sudah kembali dalam keadaan normal.

 
Kalau memang masih ada tanda – tanda handphone android sobat bermasalah (masih terasa lelet ataupun aplikasi tidak berjalan sebagaimana mestinya), kemungkinan handphone sobat terinfeksi virus yang cukup parah. Untuk kasus seperti ini, solusinya adalah melakukan master reset (melakukan pengaturan awal).

 

 

– Melakukan Pengaturan Awal (Master Reset)
Proses ini akan menghapus semua aplikasi dan datapada ponsel, jadi berhati–hatilah Pastikan sobat telah melakukan backup data-data yang dirasa penting seperti foto, musik dan nomor telfon. Sekali lagi, lakukan backup terlebih dahulu!
Untuk melakukan master reset sobat bisa melakukannya dengan cara masuk ke Pengaturan –> Privasi –> Reset Data Pabrik. Setelah itu akan muncul peringatan Hapus semua data pada penyimpanan USB. Jika sobat tidak ingin data sobat pada memorycard terhapus pastikan Jangan Mencentang “Format Penyimpanan USB“. Ingat, Jangan di centang! Selanjutnya pilih Reset Data Telfon.

 

 

– Lakukan Pencegahan
Sebenarnya langkah ini merupakan langkah pertama, tapi sengaja saya letakkan pada poin terakhir karena artikelnya berjudul cara membersihkan virus pada android. Artinya handphone android sudah dalam keadaan terkena virus. Tapi tetap saja langkah pencegahan ini juga penting. Karena jangan sampai handphone yang sudah sobat bersihkan kembali terkena virus lagi.

 

Proses masuknya virus atau program jahat kedalam handphone, biasanya dimulai pada saat kita melakukan transfer data antar handphone maupun download data dari internet. Biasanya virus tersebut berbentuk trojan (aplikasi / program jahat yang menyusup kedalam aplikasi lain). Setelah aplikasi tersebut dijalankan, program jahat akan memisahkan diri dan mulai menjalankan fungsi utamanya (menginfeksi sistem).

 
Untuk melakukan pencegahan, sobat bisa lakukan dengan cara melakukan instalasi antivirus sebelum menginstall aplikasi lain. Antivirus ini nantinya akan menjadi firewall pada saat sobat melakukan instalasi.

 

Langkah pencegahan selanjutnya adalah, pastikan aplikasi yang di download merupakan aplikasi resmi yang berada pada playstore. Aplikasi resmi yang bersumber dari playstore resikonya lebih kecil dibandingkan dengan pada saat kita mendownload aplikasi secara langsung, contoh : langsung dari website atau langsung melakukan pencarian aplikasi di google.

 

 

 

Cara Membersihkan Virus Di Ponsel Secara Cepat

 

 

 

 

Langkah-Langkahnya

 

– Jangan Install Aplikasi Android dari sumber yang kurang Jelas
Terkadang virus dapat juga masuk ke Hp Android dengan jalur penginstalan aplikasi android yang tidak terpercaya. sehingga pada sistem operasi android akan akan menanyakan tentang kepercayaan terhadap sebuah aplikasi yang akan diinstall ketika aplikasi yang kita masukkan berasal bukan dari sumber google play. Dan bisa saja sebuah aplikasi telah dimodifikasi serta telah disisipi dengan berbgaai virus untuk yang akan mengganggu kinerja HP Android.
Oleh sebab itu sebaiknya kita hanya menginstal sebuah aplikasi android dari sumber yang jelas kebersiahnnya dari virus. Sehingga Hp Android yang akan lebih terhindar dari serangan virus yang yang kemungkinan terbawa oleh file aplikasi android dari sumber yang kurang jelas.

 

 

– Jangan Terlalu Sering pertukaran data antar perangkat
Salah satu penyebab masuknya virus ke Hp Android yang paling sering adalah melalui pertukaran data antar sesama pengguna smartphone atau data dari komputer. Entah data yang ditransfer tersebut melalui bluetooth atau melalui medi atransfer data yang lainnya. Sehingga pastikan data yang akan ditransfer benar-benar bersih dari kemungkinan adanya virus yang akan menyerang sisem operasi yang ada di smartphone.

 

 

 

– Sering Mengambil File atau data dari Internet dengan situs yang tidak aman
Jika kita gemar melakukan download data dari internet seperti MP3, Video, serta file yang lainnya, pastikan melalui situs yang terpercaya dantidak ada peringatan konten akan virus dari situs tersebut. Sehingga Hp android kita akan lebih terhindar dari serangan virus.

 
Karena data dari internet memang salah satu jalur paling rawan untuk virus penyebaran virus serta p. Mendownload dari rogram yang menggangguterutama untuk komputer. Dan ini sudah bukan rahasia lagi jika semua virus berawal dari internet.

 

Mengunjungi sebuah situs yang bervirus
Dan salah satu penyebab terkenanya virus pada sebuah smartphone android adalah ketika tidak sengaja membuka sebuah situs yang mengandung virus. Dan biasanya sebuah situs yang dicurigai mengandung virus telah dideteksi oleh google sebagai situs yang membahayakan dan kita akan mendapatkan sebuah peringatan terlebih dahulu ketika kita akan membuka situs yang memang mengandung virus.

 

Dan sebaiknya jangan membuka sebuah situs di internet yang muncul peringatan virus berbahaya ketika akan membukanya. Maka ini akan lebih mengamankan HP Android kita dari serangan virus yang akan merugikan kita sendiri nantinya.

 

 

 

Cara Membersihkan Virus Di Ponsel Tanpa Anti Virus

 

 

 

 

– Masuk ke Safe Mode

 

Masuk ke Safe Mode akan memungkinkan Androidmu untuk berjalan dengan lebih ringan karena hanya menjalankan aplikasi inti yang dibawa oleh sistim. Ketika berada di Safe Mode, semua aplikasi yang kamu instal akan hilang. Tapi tenang, aplikasi tersebut bukan hilang selamanya, hanya sementara saat berada di Safe Mode saja. Jadi, saat berada pada Safe Mode, kamu bisa dengan leluasa berpindah antar sistem aplikasi tanpa kendala, hingga memudahkan kamu juga untuk mengecek atau membersihkan file-file tidak penting, seperti file cache.

Cara masuk ke Safe Mode tiap perangkat Android berbeda-beda. Namun, rata-rata adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume saat proses booting. Jika masih bingung, silakan Googling dengan keyword “Safe Mode (tipe Android)”.

 

 

– Cek aplikasi di Safe Mode

 

Saat berada dalam Safe Mode, silakan cek aplikasi yang terinstal. Caranya masuk ke Settings – Apps, lalu pilih tab Downloaded. Sistem akan menghilangkan semua daftar aplikasi pihak ketiga di Safe Mode, tapi karena virus termasuk dalam sistem, maka virus akan terlihat sebagai aplikasi pihak ketiga namun dapat menjalankan fungsi sistem. Jika Android kamu terinfeksi virus, maka akan muncul aplikasi asing yang tidak pernah kamu instal di Android kamu.

 

 

– Hapus aplikasi yang mencurigakan

 

Jika kamu menemukan aplikasi mencurigakan tersebut, kamu klik aplikasi tersebut dan pilih Uninstall. Pada satu kasus, kamu mungkin menemukan aplikasi asing tersebut tidak dapat di-uninstall, karena aplikasi itu telah memberikan akses administrator.

 

 

– Hapus akses administrator aplikasi asing

 

Saat menemukan aplikasi asing yang memberikan akses administrator pada dirinya sendiri, tugas kamu adalah menghapus akses administratornya. Caranya, keluar dari Application Settings, lalu masuk ke Settings – Security – Device Administrator. Hilangkan akses administrator aplikasi mencurigakan tersebut. Selanjutnya, kembali ke Application Settings dan periksa aplikasi mencurigakan tadi, harusnya sekarang kamu sudah bisa menghapusnya.

 

 

– Keluar Safe Mode

 

Setelah proses penghapusan aplikasi mencurigakan selesai, selanjutnya kamu tinggal keluar dari Safe Mode. Caranya dengan melakukan proses Restart seperti biasa.

 

 

 

Aplikasi-Aplikasi Untuk Membersihkan Virus Di Ponsel

 

 

 

– 360 Security – Antivirus Boost
– Norton Antivirus & Security
– Avast Free Mobile Security
– Kaspersky Mobile Security
– McAfee Mobile Security
– MYAndroid Protection
– F-Secure Mobile Security
– Dr.Web anti-virus Light
– Zoner AntiVirus Free
– Lookout Security & Antivirus

 

 

 

Ciri-ciri Ponsel Terkena Virus

 

 

 

– Smartphone Mati Mendadak atau tiba-tiba
Misalkan anda sedang menerima sebuah panggilan telepon lalu menerima panggilan tersebut lalu ditengah percakapan anda, tanpa sebab yang jelas smartphone anda mati. Kalau hal ini terjadi coba cek dulu pulsa telpon, berikutnya daya batrei, terakhir lihat jaringan kartu smartphone anda. Jika masalah mati mendadak itu bukan bersal dari penyebab di atas maka sudah bisa di indikasikan kalau smartphone anda lagi terjangkit sebuah virus.

 

 

– Performa atau kinerja smartphone lambat
Jika anda baru saja membeli smartphone android kira-kira sebulan, lalu anda mersa kok rasanya smrtphone saya lambat sekali. Coba deh cek dulu aplikasi yang sudah anda instal, jika banyak sekali aplikasi yang di instal sudah pasti kinerja dari smartphone itu akan melambat akan tetapi misalkan aplikasinya masih sama seperti yang sebelumnya, maka sudah dipastikan kalau smartphone anda sudah terjangkit sebuah malware atau virus.

 

 

– Boros Baterai
Berikutnya adalah batrei itu cepat habis, hal ini banyak sekali penyebabnya seperti digunakan untuk bermain game, melakukan browsing ditempat yang kurang jaringan internet. Kalau alasan borosnya baterai bukan karena alasan diatas ada indikasi kalau smartphone anda lagi terserang sebuah virus.

 

 

– Penggunaan Data Internet Naik Drastis
Misalkan anda membeli paket internet jaringan seluler dengan kuota, lalu anda hanya menggunkan untuk menjalankan aplikasi sosial media saja. Dan biasanya kuota anda bertahan sampai satu bulan akan tetapi jika anda mengalami hal berbeda seperti kuota anda habis dipertengahan bulan seperti itu, coba cek dulu apakah anda sering melakukan kegiata streaming youtobe maupun intensitas penggunaan internet anda mulai meningkat berarti itu hal biasa. Akan tetapi jika aktivitas anda sama seperti bulan lalu, sudah dipastikan kalau smartphone anda lagi terkena virus.

 

 

 

Tips Mencegah Ponsel Terkena Virus

 

 

 

– Manfaatkan aplikasi pihak ketiga
Ada banyak sekali aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mencegah agar Android Anda tidak terkena virus. Anda dapat mendownloadnya di Google Play Store.

 

 

– Hindari aplikasi bajakan
Anda harus menghindari aplikasi bajakan ataupun aplikasi yang mencurigakan. Sebagai saran sebaiknya Anda memilih aplikasi yang berbayar agar lebih aman dan terpercaya.

 

 

– Lakukan pengaturan keamanan perangkat
Hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari Android Anda dari serangan virus yaitu dengan memaksimalkan pengaturan keamanan pada perangkat Android Anda. Caranya yaitu buka menu Setelan, pilih Keamanan dan kemudian centang pada bagian Verify Apps.

 

 

– Lakukan update Android
Hal lain yang dapat Anda lakukan yaitu dengan melakukan update Android Anda.

 

 

– Hindari aplikasi yang membutuhkan akses data pribadi
Ada banyak sekali aplikasi yang meminta anda untuk memasukkan data pribadi Anda. Hal ini perlu anda waspadai dan hindari.

 

 

– Jangan memilih Auto Connect Wi-Fi
Jangan mengatur Android Anda agar auto connect WiFi. Cukup gunakan sesuai kebutuhan anda saja.

 

 

– Gunakan anti virus terbaru
Memasang anti-virus memang penting untuk anda lakukan. Tetapi yang perlu Anda ingat yaitu pasanglah anti virus versi terbaru agar fungsinya lebih maksimal.

 

Semoga membantu.

 

sumber: http://www.gapteksolutions.com http://koranhandphone.com/

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori