5 Cara Membersihkan Plafon Mobil yang Baik Dan Benar

Membersihkan plafon mobil harus berhati-hati, jika tidak akan fatal akibatnya. Jika anda tidak ingin terjadi sesuatu pada mobil anda. Yuk, simak caranya disini.
0
5 Cara Membersihkan Plafon Mobil yang Baik Dan Benar
0 (0%) 0 votes
cara membersikan plafon mobil

Mobil merupakan kendaraan darat yang digerakkan melalui tenaga mesin, beroda empat atau bisa juga lebih, biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menyalakan mesinnya.

 

 

Anda pasti sangat menyukai mobil yang anda kendarai dan pastilah tidak ingin melihat mobil anda kotor, ataupun berdebu baik bagian luar maupun dalam Kebersihan interior mobil juga merupakan hal yang begitu penting, karena jika kotor dan berdebu, tentu akan mengurangi kenyamanan anda dalam berkendara.

 

 

Plafon mobil merupakan bagian dari interior mobil yang harus tetap kita jaga kebersihannya, tidak jarang juga kita menyentuh plafon mobil dengan tangan yang kotor atau tidak sengaja menggoresnya dengan kuku. Terlebih jika plafon mobil anda terbuat dari bahan fabric berserat. Tentu tidak boleh sembarangan dalam membersihkan plafon mobil, karena jika salah sedikit saja akan menyebabkan plafon mobil menjadi kendur, sobek, atau bahkan bisa bolong.

 

 

Mungkin dengan memperhatikan langkah-langkah membersihkan plafon mobil berikut ini, anda dapat membersihkan plafon mobil anda secara benar tanpa membuatnya rusak ataupun sobek.

 

 

 

 

Cara Membersihkan Plafon Mobil Beludru

 

 

 

 

– Bersihkan plafon dengan menggunakan air namun jangan sampai berlebihan, lalu gosok dengan lap yang tidak terlalu basah.

 

– karena konfigurasi plafon yang berlapis-lapis dan terdiri dari beragam material maka kita membutuhkan perawatan yang khusus untuk membersihkannya.

 

– Perlu anda ketahui, bahwa lapisan luar plafon berbahan kain wool jika ia terkena air, lapisan di atas wool akan menjadi lembap.

 

– Bila terjadi kelembapan yang berlebihan maka dapat menimbulkan bau yang tidak sedap.

 

– Bahkan kelembapan juga dapat menyebabkan jamur. Maka dari itu segera bersihkan dengan lap ke daerah yang telah disikat dan disabuni tersebut.

 

– Dan kita juga pada saat mengeringkan palfon mobil harus menghindari penggunaan vacuum cleaner karena bisa menarik plafond dan dapat mengakibatkan efek gelembung.

 

 

 

 

Cara Membersihkan Plafon Mobil Dengan Cairan Pembersih

 

 

 

 

– Cara membersihkan plafon mobil dengan menggunakan cairan pembersih sangatlah mudah. Anda hanya perlu membeli cairan pembersih tersebut di toko-toko material terdekat anda. Pilihlah cairan fabric sebagai pembersih plafon atau mungkin cairan lain yang tidak sejenis cairan fabric, dan jangan anda menggunakan air sabun. karena dapat menimbulkan efek yang tidak pernah anda pikirkan.

 

 

 

 

Cara Membersihkan Plafon Mobil Kotor

 

 

 

 

– Membersihkan plafon dengan kain
Plafon yang kotor terkadang tidak nampak oleh mata, karena yang biasanya menempel di plafon itu adalah debu. walaupun tidak nampak tetapi membersihkan plafon itu sangatlah penting. Debu yang biasanya menempel di plafon mobil anda akan sangat mudah berpindah tempat dan juga bisa mengganggu area pernafasan. Pembersihan plafon bisa anda lakukan sekitar seminggu sekali supaya plafon anda selalu bersih dan bebas debu. Dan anda juga bisa melakukan pembersihan ketika sedang mencuci mobil. Tips membersihkan plafon mobil yang pertama adalah dengan menggunakan microfiber. Bahan yang halus dan lembut akan membersihkan plafon dan tanpa merusaknya.
Tips membersihkan plafon mobil yang selanjutnya adalah dengan kain basah. Anda bisa menggunakan kain yang sedikit basah untuk membersihkan plafon. Bersihkan plafon pelan-pelan agar plafon tidak cepat rusak atau sobek. kain yang basah akan dapat memudahkan kita untuk membersihkan debu yang menempel di plafon. Dalam melakukan pembersihan plafon kita tidak boleh terlalu menekan plafon. Karena jika kita terlalu keras membersihkan plafon maka yang akan terjadi justru plafon menjadi berlubang. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan cara membersihkan plafon mobil dengan baik. Kain yang anda pakai juga haruslah yang lembut agar plafon tidak menjadi berserabut.

 

 

 

– Membersihkan plafon dengan vacum cleaner
membersihkan plafon mobil dengan sebuah alat yaitu vacum cleaner juga bisa anda lakukan. Tapi anda juga perlu mengatur daya serap dari vacum cleaner. Karena daya serap yang bisa kita gunakan merupakan daya serap yang ringan. Jika anda menggunakan vacum cleaner dengan daya serap yang tinggi dapat membuat plafon mobil anda menjadi kendur dan tidak bagus lagi. Sebisa mungkin anda menggunakan vacum cleaner dengan cara yang tepat agar tidak merusak mobil anda. Apabila anda kurang yakin menggunakan vacum cleaner maka jauh lebih baik jika anda menggunakan lap saja karena bisa anda atur sendiri kekuatan membersihkannya.

 

 

 

– Membersihkan plafon yang bernoda
Perlu anda ketahui juga tentang membersihkan plafon mobil yang terkena noda. Jika pada plafon mobil anda terdapat noda, anda bisa menggunakan pembersih dari kain yang aman. Dan mengusapnya juga harus secara perlahan dan jangan malah membuat plafon mobil anda berlubang atau sobek. Anda juga bisa menggunakan sabun cair hanya dengan mengoleskan pada bagian plafon mobil yang bernoda lalu mengelapnya dengan lap yang basah hingga noda dan juga sabun benar-benar hilang. Sabun yang mungkin masih tersisa pada plafon mobil anda dapat merusak kain plafon karena biasanya akan membuat kain plafon mengeras dan membuat serat kain menjadi rapuh, jadi anda harus membersihkannya sampai benar-benar tidak ada sisa sabun yang tersisa.

 

 

 

 

Cara Mudah Membersihkan Plafon Mobil

 

 

 

 

– Basahi kain dengan air lalu anda peras kainnya sehingga air tidak akan menetes dari kain. ini bertujuan supaya plafon mobil anda tidak lembab karena plafon yang lembab akan menyebabkan mudah rusak dan menjadi tempat berkembangnya bakteri dan jamur yang dapat membuat bau tidak sedap pada mobil anda.
– Usapkan kain pada plafon mobil anda secara perlahan supaya bahan kain plafon mobil anda tidak rusak atau sobek.
– Jika plafon anda terkena noda yang sangat membandel dan mungkin susah dibersihkan dengan air. Anda bisa memakai cairan pembersih fabric. Anda cukup menyemprotkan pada kain lalu usapkan ke plafon mobil. Noda pun akan mudah hilang.

 

 

 

Cara Membersihkan Plafon Mobil Bawaan Fabric

 

 

 

 

– pertama, sediakan cairan pembersih fabric dan juga kain mikrofiber. biasanya, cara pembersihan seperti ini sama saja dengan cara pembersihan plafon yang tidak berserat.
– lalu, Anda hanya perlu menyemprotkan cairan pembersih itu ke kain mikrofiber agar cairan tersebut tidak membuat kotor permukaan plafon dan tidak menjadi sia-sia. Selain itu, Anda juga dapat menjaga agar plafon mobil Anda tidak terlalu basah.
– Perlu  diketahui pada saat melakukan pembersihan, maka serat halus yang ada pada kain plafon mobil akan bangun. Maka dari itu, sebaiknya Anda menggunakan gerakkan searah saat sedang melakukan pembersihan untuk menutup kemungkinan resiko rontok.
– Setelah permukaan plafon yang telah Anda bersihkan sudah kering, lihat arah seratnya. Supaya terlihat rapi dan menyatu dengan sekelilingnya, aturlah arah seratnya dengan menggunakan kain mikrofiber. Mungkin sebaiknya, Anda tidak menggunakan sikat halus karena serat pada plafon mobil Anda bisa dapat tertarik oleh sela antara bulu sikat hingga dapat menyebabkan rontok.

 

 

 

 

Tips Membersihkan Interior Mobil

 

 

 

 

– Membersihkan Interior Dasboard Mobil
Dashboard terletak pada bagian depan mobil. Selain merupakan daerah rawan untuk terkena debu dari jendela mobil, dashboard juga sering terkena paparan sinar matahari langsung. Pada dashboard biasanya juga terdapat lubang AC. Oleh sebab itu, cara untuk membersihkan dashboard mobil yang dapat dilakukan adalah mengambil kain microfiber lalu mengelap dan membersihkan bagian dashboard.
Untuk membersihkan bagian lubang AC dan celah lubang interior yang lain, yang dapat Anda lakukan ialah dengan menggunakan vacuum cleaner dengan brush attachment. Setelah dashboard bersih dari debu,anda dapat menuangkan cairan dashboard protecant secukupnya pada kain microfiber, lalu gosokan secara perlahan ke permukaan dasboard secara merata dengan gerakan memutar. Dan anda juga jangan lupa untuk mengeringkan dashboard dengan kain microfiber lain yang bersih.

 

 

 

– Membersihkan Interior Langit-Langit Mobil
Bagian langit-langit mobil jarang sekali mendapat perhatian pada saat kita membersihkan berbagai interior mobil. Padahal bagian ini juga sering menyimpan banyak debu. Menurut pengalaman, bahkan bagian langit-langit di atas tempat duduk merupakan bagian yang sering banyak debunya. Mengapa? Seringkali jendela pengemudi terbuka pada saat sedang berkendara. Dan karena inilah yang membuat bagian tersebut menyimpan banyak sekali debu yang menempel di langit-langit atas tempat duduk pengemudi.
cara membersihkan interior mobil bagian langit-langit ini cukup mudah, yaitu Anda dapat menggunakan lap yang sudah dibasahi dengan air yang sudah dicampuri sabun khusus cuci mobil untuk mengelap debu pada bagian langit-langit. Usahakan agar lap tidak terlalu basah karena itu dapat membuat langit-langit mobil anda menjadi rusak. Cukup membuat lap menjadi lembab lalu gosokan pada langit-langit mobil. Dan jangan lupa juga untuk mengeringkan langit-langit mobil sesudah selesai dibersihkan. Selain cara ini, Anda juga dapat menggunakan vacuum cleaner untuk menghisap debu pada langit-langit mobil.

 

 

 

– Membersihkan Interior Jok Mobil Bahan Kulit Atau Leather
Bagian jok merupakan bagian yang banyak kotorannya karena terkena debu, noda karena tumpahan makanan atau minuman, dll. Oleh sebab itu sekarang ini biasanya mobil yang baru dibeli dilapisi dengan sarung jok mobil berbahan kulit agar lebih mudah saat membersihkannya. Cara membersihkan sarung jok dari bahan kulit adalah dengan menggunakan kain mikrofiber. tuangkan secukupnya cairan leather cleaner and conditioner pada kain mikrofiber lalu gosokan pada permukaan jok secara merata. Cairan leather cleaner and conditioner akan membuat sarung kulit jok Anda menjadi bersih, wangi, dan tetap lembab.

 

 

 

– Membersihkan Interior Karpet Mobil
Jika anda membeli karpet mobil, Sebaiknya anda memilih karpet yang terbuat dari karet, jangan pilih karpet mobil yang terbuat dari bahan dasar kain. mengapa? Karena selain sukar untuk dibersihkan, bahan kain pada karpet sangat mudah menyerap air sehingga dapat membuat lapisan mobil menjadi berkarat apabila kondisi karpet basah anda biarkan saja. Jika semua pilihan mobil menggunakan karpet kain, mungkin  Anda dapat berinisiatif untuk melapisinya dengan karpet karet.
Cara membersihkan karpet kain adalah dengan melepaskan dan mengeluarkan semua karpet kain dari dalam mobil. Ambillah sikat lembut lalu sikatlah secara halus agar debu dan kotoran yang menempel dapat terangkat. Lalu Ambil vacuum cleaner, anda dapat menggunakannya untuk menyedot debu dan kotoran yang masih tertinggal. Untuk noda membandel seperti noda dari bekas tumpahan minuman dan makanan, dapat menyemprotkan cairan stain remover, dimakan sekitar 5 menit, lalu lap hingga bersih. Sebelum memasang kembali karpet kain tersebut, jangan lupa untuk membersihkan pula lantai mobil agar bebas dari debu dan kotoran. Pasang kembali karpet kain pada lantai mobil Anda.
Sekarang bagaimana cara membersihkan interior mobil berupa karpet karet? Tentu lebih mudah. Anda tinggal mengangkat dan mengeluarkan karpet karet dari dalam mobil untuk membersihkannya dari kotoran, debu, tanah, pasir, maupun noda-noda lainnya. Karena bahan karpet terbuat dari karet, maka Anda dapat langsung mencucinya dengan air dan sabun khusus cuci mobil. Gunakan sikat berbulu lembut jika ada kotoran atau noda yang sulit untuk dibersihkan. Setelah bersih, bilas dengan air lalu jemur karpet karet Anda. Keringkan dengan cara diangin-angin, lalu pasang kembali ketika karpet karet sudah benar-benar kering.

 

 

Sumber  : http://www.suzukipusatbandung.com/ http://mobilmagz.com/

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori