Cara Membersihkan Perabotan Kayu Di Rumah Anda

Jenis-jenis perabotan itu bermacam-macam. Namun untuk kali ini kita akan membahas tentang membersihkan perabotan dari kayu dengan cara yang mudah & tidak ribet.
0
Cara Membersihkan Perabotan Kayu Di Rumah Anda
0 (0%) 0 votes
cara membersihkan perabot kayu

Perabotan kayu adalah jenis alat-alat keperluan rumah tangga yang terbuat dari kayu, misalnya  meja, kursi, lemari, pintu, jendela, maupun yang lainnya.
Kayu adalah bagian batang atau cabang serta ranting tumbuhan yang mengeras karena mengalami lignifikasi (pengayuan). Penyebab terbentuknya kayu adalah akibat akumulasi selulosa dan lignin pada dinding sel berbagai jaringan di batang.

 

Kayu digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari memasak, membuat perabot (meja, kursi), bahan bangunan (pintu, jendela, rangka atap), bahan kertas, dan banyak lagi. Kayu juga dapat dimanfaatkan sebagai hiasan-hiasan rumah tangga dan sebagainya.

 

Ilmu kayu (wood science) mempelajari berbagai aspek mengenai klasifikasi kayu serta sifat-sifat kimia, fisika, dan mekanika kayu dalam berbagai kondisi penanganan.Beberapa jenis kayu dipilih karena bersifat kedap air, isolator, dan mudah dibentuk.
Dan untuk kali ini, Hello-Pet akan membagikan cara membersihkan perabotan kayu di rumah anda dengan cepat dan mudah. Mau tau caranya? Yuk simak cara-caranya berikut ini.

 

 

 

Cara Membersihkan Perabot Kayu Dari Jamur

 

 

 

Langkah-Langkah Membersihkan Perabot Kayu Dari Jamur

 

 

– Oleskan Alkohol pada Kayu yang Berjamur

 

Tak selamanya yang namanya alkohol itu digunakan untuk hal-hal yang negatif, namun alkohol juga bisa kita gunakan untuk kegiatan positif yaitu sebagai alat pembersih jamur sekaligus mematikan jamur pada perabotan kayu. Sehingga jamur yang sudah diolesi alkohol hampir dipastikan tidak akan tumbuh lagi pada perabotan kayu.

 

Caranya :
Siapkan kain kering terlebih dahulu sebelum mengoleskan air alkohol. Gunakan air alkohol yang berkadar 70 hingga 80 persen. Setelah itu basahi kain kering tersebut dengan air alkohol lalu oleskan pada perabotan kayu yang berjamur.

 

– Lapisi dengan Pernis atau Melamin
Apabila alkohol masih juga belum mempan membasmi pertumbuhan jamur tersebut, anda dapat menggunakan cara yang lainnya yaitu dengan melapisi bahan pelapis bening yang biasa kita kenal dengan nama pernis atau melamin. Cara ini terbukti ampuh sebagai pembasmi jamur, melamin juga dapat mempercantik tampilan perabotan kayu anda menjadi lebih indah dan menawan serta kedap air. Cairan melamin ini bisa anda dapatkan di toko bangunan terdekat. Dengan menggunakan media kuas atau semprotan anda bisa menyemprotkan cairan melamin pada perabotan kayu yang berjamur.

 

– Gunakan Air Conditioner atau Bahan Penyerap Lembab

 

Cara lain yang tak kalah efektif ampuh membasmi pertumbuhan jamur adalah menggunakan bahan penyerap lembab dan bau. apabila menggunakan cara ini anda tinggal meletakkan bahan penyerap lembab tersebut ke perabotan kayu anda atau dalam ruangan yang sering tumbuhnya jamur. Di toko-toko terdekat kini sudah terjual bebas beberapa bahan penyerap lembab yang ramah lingkungan. Sehingga anda tidak akan kesulitan jika ingin membeli bahan penyerap lembap tersebut. Mengggunakan Air Conditioner bisa jadi jalan alternatif jika bahan penyerap lembab masih sulit ditemukan.

 

– Gunakan Cahaya dari Lampu TL

 

 

Ruangan yang lembap umumnya terjadi pada saat ruangan kurang cahaya dan sirkulasi udara. Hal ini nantinya berakibat pada pertumbuhan jamur. Cahaya yang dihasilkan oleh lampu TL berguna sebagai pengusir tumbuhnya jamur, sehingga Penggunaan lampu TL ini sangat disarankan jika perabotan kayumu mengalami kelembaban.

 

– Menggunakan Bahan Pembersih Dapur

 

 

Veja Multi – Uso adalah sebuah merek pembersih yang biasanya digunakan untuk membersihkan dapur, kamar mandi, tempat cuci piring, mesin cuci, wastafel, kulkas, ubin (lantai), bahan plastik dan enamel, kompor dan permukaan lainnya. Veja ini direkomendasikan untuk membersihkan atau menghilangkan lemak, debu, noda membandel, noda dari pensil, dan bekas jari. Selain itu Veja ternyata juga dapat digunakan untuk menghilangkan dan mencegah tumbuhnya jamur pada perabotan kayu. Mari hilangkan jamur dengan Veja.

 

Bagaimana cara menggunakan pembersih Veja? Pembersih ini dapat digunakan langsung dan jangan dikocok terlebih dahulu. Caranya semprot (oles, pencet, dll) ke permukaan bahan yang akan dibersihkan kemudian lap dengan menggunakan kain basah atau dengan menggunakan spons (busa) yang lembut. Bersihkan permukaan hingga bersih. Jamur di perabotan kayu pun dapat bersih dan perlu waktu berbulan-bulan agar dapat tumbuh kembali dan pertumbuhannya pun sangat lambat dan sedikit dibandingkan tanpa menggunakan obat ini.

 

 

 

Cara Cepat Membersihkan Perabot Kayu

 

 

 

Bahan-Bahan Untuk Membersihkan Perabot Kayu Dengan Cepat

 

– Baking Soda + Pasta Gigi
Membuat adonan dengan campuran baking soda dan pasta gigi. Celupkan kain basah dan kemudian gosokkan ke adonan pasta pada furnitur dalam gerakan melingkar. Hal ini membutuhkan waktu yang lama sehingga dibutuhkan kesabaran sampai noda menghilang. Kemudian keringkan menggunakan pengering rambut atau kipas angin. Setelah kering Anda perlu untuk membasahi permukaan belakang mebel kayu dengan menggosokkan minyak kering.

 

– Kenari + Kacang
Kenari dan kacang Brazil yang sangat tepat digunakan untuk membersihkan noda pada furnitur kayu berwarna terang. Perpaduan dua bahan yang kemudian gosok dengan kain atau karet pembersih.

 

– Kopi + Beras
Gunakan campuran bubuk kopi dan beras untuk menetralisir bau dan mencegah pertumbuhan jamur di dalam laci atau lemari kayu. Taburkan bubuk kopi kering dan beras pada furnitur Anda, dan memungkinkan campuran untuk berada di sana selama seminggu. Jika bau tidak kehilangan yang dapat Anda lakukan berulang kali sampai bau hilang.

 

– Tepung Sagu
Pati jagung atau disebut juga Tepung Sagu dan tepung jagung dapat digunakan untuk membersihkan furniture. Trik taburi tepung jagung yang dipenuhi furnitur kotor dengan bekas telapak tangan. Kemudian gosok secara merata ke furniture jati Anda terlihat bersih.

 

– Air teh basi
Gunakan air teh basi untuk membersihkan sisa furnitur kayu jati Anda, teh basi karena air sangat cocok jika digunakan untuk membersihkan furniture.

 

 

– Cuka Air
Campurkan ¼ cangkir cuka dan 1 cangkir minyak zaitun, kemudian poleslah furniture jati Anda dengan perlahan.
Solusi kedua: campuran cuka 2 sendok makan dan 1 sendok makan air, mengambil spons dan celupkan ke dalam larutan itu kemudian oleskan pada noda. Jika demikian, bersihkan furnitur kayu jati sampai kering. jika selesai memberikan kembali warna atau pernis furnitur.

 

– Semir sepatu
Bersihkan furnitur dengan semir sepatu netral adalah dengan menerapkan semir sepatu pada kain dan gosok pada furnitur jati.

 

 

 

Cara Membersihkan Perabot Kayu Agar Mengkilap

 

 

 

Alat Dan Bahan Untuk Membersihkan Perabot Kayu Agar Mengkilap

 

– Air teh basi
Gunakan sisa air teh basi untuk membersihkan furniture kayu Jati Anda, karena air teh basi sangat cocok jika digunakan untuk membersihkan furniture.

 

– Air cuka
Campurkan ¼ cangkir cuka dan 1 cangkir minyak zaitun, kemudian poleslah furniture kayu jati Anda dengan larutan tersebut.
Larutan kedua : campurkan 2 sendok makan cuka dan 1 sendok makan air, ambil spons lalu celupkan ke larutan tadi setelah itu oleskan pada noda. Jika sudah, lap furniture kayu jati hingga kering. jika sudah selesai beri warna atau plitur furniture kembali.

 

 

 

Cara Membersihkan Perabot Kayu Secara Alami

 

 

 

Bahan-Bahan Untuk Membersihkan Perabot Kayu Secara Alami

 

– Minyak Zaitun
Siapa sangka di balik khasiatnya yang bagus untuk kesehatan tubuh, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk mengembalikan kilau furniture kayu. Hal ini berkat kandungan minyak itu sendiri yang bisa masuk ke pori-pori kayu tanpa merusaknya. Adapun caranya adalah usapkan minyak ini pada permukaan furniture anda. Kemudian, ratakan lapisan minyak tersebut memakai kain bersih, kami lebih merekomendasikan memakai kain microfiber agar seratnya tidak melukai permukaan. Setelah itu, tunggu sekitar 30 menit agar minyak ini terserap masuk ke pori-pori. Terakhir, lap kembali perabotan tersebut agar tidak ada minyak yang masih berada di bagian permukaan.

 

– Mineral Oil
Mineral oil biasa digunakan untuk melembabkan suatu permukaan benda. Karakteristiknya yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak mudah teroksidasi membuat bahan ini layak diperhitungkan untuk mengkilapkan kembali furniture kayu anda. Selain itu, penggunaan mineral oil ini juga membantu menghilangkan kotoran yang berada di permukaan. Cara mengaplikasikannya, teteskan mineral oil secukupnya ke perabotan, lalu gunakan spons yang lembut untuk meratakannya. Lakukan pelapisan ini sebanyak 2 hingga 3 kali sampai anda mendapatkan kilau yang sesuai keinginan.

 

– Petroleum Jelly

 

Sebenarnya, petroleum jelly ini mirip dengan mineral oil. Hanya saja jika mineral oil berbentuk cair, maka petroleum jelly berwujud gel. Oleh karena itu, sebelum anda mengoleskan gel ini ke furniture, permukaan furniture harus diseka dulu agar bersih dari debu. Sementara bila petroleum jelly yang anda beli terlalu padat, anda bisa mengencerkannya dulu dengan tambahan air agar lebih mudah diratakan ke perabotan. Langkah-langkahnya masih sama dengan sebelumnya yakni oleskan petroleum jelly ini ke permukaan furniture memakai busa agar permukaannya terlihat mengkilap.

 

– Mayonais
Apakah di rumah anda ada sebotol saus mayonais? Daripada bingung mencari produk pengkilap kayu, coba manfaatkan saja mayonais tersebut. Caranya, ambil sedikit saus mayonais dan taruh di kain lap bersih. Selanjutnya, gosokkan kain ini ke permukaan kayu secara merata. Mayonais sangat ampuh menghilangkan noda pulpen dan tumpahan makanan.

 

– Jeruk Nipis

 

Jeruk nipis sudah lama dikenal sebagai bahan alami yang efektif membersihkan rumah. Pun buah ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda yang ada di permukaan furniture. Belah jeruk nipis ini menjadi dua bagian, lalu peras air sarinya. Usapkan air jeruk nipis tersebut pada noda membandel, lalu lap dengan kain lembut. Aroma jeruk nipis yang segar juga akan menciptakan daya tarik tersendiri pada furniture anda.

 

 

 

Cara Membersihkan Perabot Kayu Dengan Cairan Pembersih

 

 

 

– Jika menurut anda cara-cara di atas sedikit rumit atau susah. Nah cara yang terakhir ini tidak akan membuat anda susah, karena anda hanya perlu membeli cairan pembersih kayu di toko-toko atau mungkin di supermarket terdekat anda.
Cara memakainya pun sangat mudah, cukup semprot ke perabot kayu yang kotor, lalu lap dengan kain. Maka perabotan kayu anda langsung bersih mengkilap seperti baru.

 

 

 

Tips Merawat Perabot Kayu

 

 

 

– Posisikan mebel kamu pada tempat yang bersih dan kering dengan suhu normal. Kelembaban udara tinggi dapat mempercepat proses oksidasi kayu, yang dapat menyebabkan serangan jamur dan merupakan kondisi ideal untuk perkembangbiakan rayap atau serangga kayu lainnya. Usahakan pula agar furniture tersebut tidak terkena sinar matahari atau sumber panas lainnya secara langsung, karena dapat membuat furniture kamu terlihat kusam, lapisan retak atau bahkan melengkung.

 

– Pastikan permukaan mebel kamu selalu bersih dan higienis, dengan rutin membersihkan dari debu dan kotoran, bisa dengan menggunakan lap atau kemoceng, atau alat pembersih lainnya. Bersihkan sela-sela ukiran atau sudut furniture jati atau teak furniture dengan menggunakan kuas halus berukuran kecil. Di titik-titik inilah debu dan jamur sering bersarang. Kuas kecil akan menyapu sudut-sudut yang susah dijangkau dengan kain lap. Sapukan kuas dengan halus sampai bersih. Jika ingin menggunakan pledge (cairan pembersih khusus mebel), semprotkan seperlunya pada permukaan mebel dan pastikan permukaan dibersihkan dengan kain ball dan biarkan mengering.

 

– Gunakan air bersih dan sedikit deterjen untuk membersihkan kotoran yang membandel dan menempel. Jangan gunakan bahan pembersih furniture (funiture cleaner) yang mengandung bahansolvent seperti metanol, toluen, acetone dll. Bahan-bahan kimia seperti ini memang dapat membersihkan dengan mudah tetapi dapat merusak lapisan top coating.

 

– Jika kamu menyukai warna mebel jati dengan warna alami jati, kamu bisa memolesnya dengan minyak jati. Namun jika furniture tersebut diletakkan di outdoor atau di luar ruangan, biasanya finishing atau coating akan memudar. kamu bisa me-refinishing-nya 2-3 tahun sekali untuk membuatnya lebih indah.

 

– Setiap penanganannya juga harus dilakukan dengan hati-hati misalnya, cara memindahkan sebuah kursi antik harus diangkat dari bagian dudukannya, bukan digeser atau hanya dipegang bagian lengan atau sandarannya saja. Karena kita tidak akan pernah tahu, apabila sambungan kursi tersebut tidak sekuat sebelumnya.

 

– Jagalah permukaan furniture dengan baik, menghindari adanya goresan, noda maupun warna yang semakin kusam, misalnya dengan selalu menggunakan taplak di atas permukaan meja atau kursi dan sofa diberi busa sebagai alasnya. Taplak dapat meminimalisir kemungkinan yang dapat merusak mebel Anda secara perlahan.

 

Semoga membantu pekerjaan anda di rumah.

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori