Pelajari 5 Langkah Membersihkan Keyboard Komputer

Pelajarilah 5 langkah membersihkan keyboard komputermu. Sangat penting untuk dapat membersihkan keyboard komputer secara rutin agar kebersihan laptop terjaga.
0
Pelajari 5 Langkah Membersihkan Keyboard Komputer
0 (0%) 0 votes
Keyboard

Apakah kamu pernah mempelajari bagaimana langkah-langkah untuk membersihkan keyboard komputer dan laptopmu? Menjaga kebersihan laptop adalah suatu hal yang cukup penting dan mungkin merupakan salah satu hal rutin yang bisa dilakukan setiap bulan. Tentu saja bukan hanya isi laptop saja yang perlu dibersihkan, tetapi perangkat keras lain seperti mouse dan keyboard juga harus diperhatikan. Kedua perangkat tersebut merupakan salah satu dari sekian peralatan yang tidak pernah lepas dari tangan ketika kamu menggunakan komputer atau pun laptop. Karena itulah perangkat-perangkat tersebut pun butuh untuk dibersihkan secara baik.

 

Membersihkan mouse tentu lebih mudah daripada keyboard karena kamu hanya perlu mengelap permukaannya dan menghilangkan berbagai kotoran yang ada di bagian bawah, serta bagian dalam jika kamu masih menggunakan mouse konvensional dengan bola. Lalu bagaimana dengan keyboard yang memiliki lebih banyak celah? Sebagian orang mungkin membersihkannya hanya dengan menyeka permukaannya dan mengabaikan kotoran-kotoran yang menempel di bagian lain yang tak terjangkau, yaitu bagian dalamnya. Nah, Hello-Pet akan berbagi tips dengan kamu bagaimana cara membersihkan keyboard yang mudah dan runtut agar kamu bisa mencobanya sendiri di rumah. Mari simak artikel berikut ini.

 

 

 

Alasan Keyboard Komputer dan Laptop Kotor

 

 

Ada berbagai macam alasan mengapa keyboard laptop bisa kotor. Tentu saja hal utama yang paling terlihat adalah debu yang menempel pada keyboard bila jarang dibersihkan. Selain itu, tanganmu yang sering mengetik tuts-tuts keyboard pun pasti akan berpengaruh pada kebersihan keyboardmu. Salah satu cara untuk mencegah kotoran masuk ke dalam keyboard laptop adalah dengan menggunakan karpet silikon untuk menutupi keyboard laptop. Dengan begitu, debu tidak akan masuk ke dalam celah-celah keyboard dan kebersihan keyboardmu dapat terjaga.

 

Sebelum mulai membersihkan keyboard laptop, tentu kamu harus mengetahui seberapa kotor keyboard tersebut. Bila belum tahu seberapa kotor keyboard laptopmu, coba lepas perangkat tersebut dari badan laptop dan balikkan. Pukul-pukul ringan bagian sisinya. Dengan begitu, kamu bisa melihat kotoran yang keluar dari bagian dalam keyboard komputer. Jika kotoran yang keluar dirasa cukup banyak, berarti saatnya untuk membersihkan keyboard hingga ke bagian dalam. Menjaga kebersihan keyboard sangat penting agar fungsinya tetap dapat digunakan dengan maksimal. Banyak sekali debu-debu yang dapat masuk ke dalam celah-celah keyboard dan membuat perangkat ini rusak karenanya sehingga kamu harus hati-hati. Harga keyboard komputer pun tidak murah, berkisar harga 80.000 sampai 200.000 untuk beberapa merk, sehingga pencegahan adalah hal yang baik untuk dilakukan.

 

 

Langkah 1: Mempersiapkan Alat Membersihkan Keyboard

 

 

Sebelum mulai membersihkan keyboard laptopmu, tentu kamu harus mempersiapkan alat-alatnya terlebih dahulu. Tidak banyak yang diperlukan dan cukup sederhana, mudah untuk ditemukan. Peralatan yang diperlukan cukup hanya sikat kecil, lap, dan cairan pembersih sebagai alternatif. Bisa juga siapkan obeng flat, kuas kecil, dan sikat gigi bekas untuk membantu membersihkan keyboard laptop. Kamu juga bisa menggunakan ponsel telepon genggammu untuk mengambil foto keyboard terlebih dahulu agar dapat mengingat letak tuts-tutsnya setelah dilepas nanti.

 

Bila sudah siap dengan alat-alatnya, lepaskan colokan keyboard dari CPU atau lepas dari laptop. Ambil gambar keyboard tersebut dan pastikan seluruh tombol termuat sebelum dilepas nanti. Hal ini dilakukan untuk antisipasi bila kamu lupa letak tuts yang sudah kamu lepas.

 

 

 

Langkah 2: Melepas Tuts Keyboard Komputer

 

 

Bila sudah siap dengan alat-alatnya, langkah berikutnya adalah melepas semua tuts keyboard yang ada. Langkah ini tak sesulit atau sekasar yang kau pikir karena mencopot tuts sangatlah mudah jika kau mengetahui caranya.

 

Pertama-tama, copotlah keyboard laptop dengan hati-hati dengan menekan bagian sudut-sudutnya agar keyboard dapat terlepas dari badan laptop. Pada keyboard yang kamu pegang tersebut, tahan bagian bawah tuts dengan ibu jari dan tarik bagian atas dengan jari telunjuk. Masing-masing keyboard memiliki kunci yang berbeda-beda, namun pada akhirnya kamu hanya perlu menariknya dengan hati-hati. Lepas satu-persatu tombol keyboard dengan menggunakan obeng flat dan lepaslah dengan gerakan mencongkel.

 

Tak perlu khawatir tuts keyboard akan rusak karena tuts memang sudah didesain untuk bisa dilepas. Jika terasa keras untuk ditarik, itu berarti keyboard komputermu belum pernah dibuka sekalipun sehingga jangan ragu untuk melepasnya sekeras apapun itu karena nantinya dapat kamu pasang kembali. Khusus untuk tombol + dan Enter pada numeral keys, kamu harus melakukannya dengan menarik bagian kanan karena posisi kunci pengait berbeda dengan tuts-tus kecil.

 

Tombol spasi sedikit lebih sulit untuk dilepas dan juga dipasang sehingga direkomendasikan untuk dibiarkan tetap terpasang. Jangan khawatir karena tanpa perlu melepas tuts spasi pun, semua bagian keyboard sudah terbuka dan bisa dibersihkan.

 

(Baca Juga: 7 Resep Bakpao Super Enak Dan Cara Membuatnya)

 

 

 

Langkah 3: Membersihkan Papan Dengan Sikat

 

 

Langkah berikutnya ketika semua tuts keyboard sudah terbuka, mulailah untuk membersihkan papan keyboard dengan sikat yang sudah kamu siapkan. Akan lebih baik jika kamu memegang dan menyikat papan tersebut dalam keadaan terbalik sehingga kotoran tidak masuk ke bagian dalam melalui lubang tuts. Jangan lupa pula untuk membersihkan bagian belakang keyboard dan juga kabelnya. Papan keyboard adalah salah satu area yang penting dan pasti akan kotor sehingga membersihkannya secara menyeluruh sangat diperlukan.

 

Setelah selesai dengan bagian papan, bersihkan tuts satu per satu dengan lap dan cairan pembersih. Jangan lupa juga bersihkan tuts-tuts keyboard yang sudah kamu lepas sebelumnya, ya! Perhatikan juga sisi-sisi tuts karena bagian ini adalah bagian yang paling jarang tersentuh namun debu yang menempel bisa jadi cukup tebal. Bila sudah selesai, saatnya untuk kembali memasang tuts pada papan keyboardmu.

 

 

 

 

Langkah 4: Pasang Kembali Tuts Keyboard

 

 

Bila kamu telah selesai membersihkan papan keyboard juga tutsnya, langkah berikutnya adalah untuk memasang kembali tuts keyboard yang sudah selesai kamu bersihkan. Pasanglah kembali tuts sesuai dengan lokasinya. Proses pemasangan tuts ini tidak memerlukan cara khusus namun lakukanlah secara hati-hati. Tinggal tekan tuts ke tempatnya hingga terkunci kembali dan keyboardmu pun kembali bersih seperti baru! Namun belum selesai lho proses ini, kamu masih perlu memeriksa fungsinya terlebih dahulu untuk memastikan keyboard laptopmu berfungsi dengan baik.

 

 

 

Langkah 5: Periksa Fungsi Keyboard

 

 

Bila sudah selesai membersihkan seluruh bagian keyboard, periksalah fungsi keyboard dengan menekan tuts-tuts keyboard. Periksalah apa ada tuts yang macet atau tidak bisa terpencet. Bila hal itu terjadi, cobalah lepas tuts dan pasang kembali dengan hati-hati dan tepat pada lubangnya agar terkunci dengan sempurna. Bila semua keyboard sudah bekerja dengan baik, maka keyboard laptopmu pun sudah selesai dibersihkan dan dapat digunakan kembali!

 

Nah, mudah bukan membersihkan keyboard ini? Lakukanlah pembersihan seperti ini secara rutin setiap bulan untuk menghindari tuts yang macet dan tampilan keyboard yang kotor.

 

Sumber: yangcanggih

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori