5 Cara Membersihkan Atap Rumah Agar Terlihat Seperti Baru

Atap rumah sering berlumut atau bocor? Bingung cara membersihkannya? Anda tidak perlu khawatir lagi, simak caranya agar atap rumah kembali seperti baru.
0
5 Cara Membersihkan Atap Rumah Agar Terlihat Seperti Baru
0 (0%) 0 votes
http://prathama-raghavan.blogspot.co.id/2015/02/contoh-model-atap-rumah-minimalis-modern.html

Atap merupakan penutup atas suatu bangunan yang melindungi bagian dalam bangunan dari hujan maupun salju. Bentuk atap ada yang datar dan ada yang miring, walaupun datar harus dipikirkan untuk mengalirkan air agar bisa jatuh.

 

 

Fungsi utama atap yakni untuk melindungi rumah dari perubahan cuaca baik panas, hujan, salju, petir, angin, debu, dan sebagainya. Atap juga memiliki fungsi proteksi untuk menutupi ruangan yang berada di bawahnya, menahan radiasi panas yang berlebihan, mencegah tampias hujan, dan mengurangi pergerakan angin. Pada perkembangannya, atap pun mempunyai peranan penting dalam mempengaruhi estetika suatu bangunan.

 
Sementara itu, material yang digunakan untuk menutupi atap bangunan harus bersifat isolasi sehingga dapat menahan panas, dingin, dan bunyi. Material ini pun wajib rapat terhadap air hujan, tidak tembus air, dan tidak mengalami perubahan bentuk akibat pergantian cuaca. Di samping itu, bahan penutup atap ini juga gampang dirawat, tidak mudah terbakar, bobotnya ringan, kedudukannya mantap, serta tahan lama.

 
Konstruksi yang biasanya digunakan untuk menyokong atap ialah rangka kuda-kuda. Tidak hanya menyangga beban atap, rangka ini sekaligus pula memberikan bentuk pada atap tersebut.
Secara prinsip, rangka atap tipe kuda-kuda dibuat dengan menghubungkan batang penyangga sedemikian rupa sehingga membentuk bangun segitiga yang terbalik. Kebutuhan akan konstruksi kuda-kuda ini berbeda-beda tergantung pada berat atap dan bahan penutup yang digunakan. Namun satu hal yang sama, setiap susunan batang penopang ini harus saling mengikat dan membentuk satu kesatuan yang kokoh sehingga sanggup bekerjasama dalam memikul beban yang mengenainya tanpa mengalami perubahan.

 
Dan untuk kali ini Hello-Pet akan membahas tentang membersihkan atap rumah agar terlihat seperti baru kembali. Bagaimana caranya? Yuk langsung simak!

 

 

 

 

Cara Mudah Membersihkan Noda Pada Atap Rumah

 

 

 

 

Bahan dan alat yang diperlukan

 

– Kape scrap
— Amplas
– Tangga
– Kuas dan rol
– Baki tempat adukan cat
– Sarung tangan
– Lapisan alkali sealer
– Cat tembok

 

 

Langkah-langkah pengerjaan

 

– Bersihkan atap dari jamur dan kotoran lain dengan menggunakan kape scrap dan amplas
– Lapisi dengan alkali sealer untuk memblok flek agar hasil pengecatan tidak belang-belang. Tunggu satu-dua jam agar lapisan alkali sealer benar-benar kering.
– Siapkan cat tembok. Untuk pengecatan sebaiknya menggunakan cat tembok karena hasilnya lebih baik dibanding menggunakan cat kayu atau minyak. Pada pengecatan pertama, cat ditambah 10% air, sedangkan pengecatan kedua tambahkan 20% air.
– Cat plafon dengan rol secara merata. Plafon pun akan tampak bersih lagi.

 

 

 

 

Cara Membersihkan Jamur Pada Atap Rumah

 

 

 

 

– Gunakan pengawalengas (dehumidifer).
Jamur menyukai kondisi yang lembap dan hangat. Pengawalengas menghilangkan kelembapan dari udara, mengurangi kemampuan jamur untuk tumbuh dan berkembang.

 

 

– Buatlah larutan pembersih jamur.
Ada beberapa pilihan untuk membuat larutan pembersih jamur. Larutan yang paling umum adalah campuran 2 sdm boraks, 62,5 ml cuka, dan 500 ml air panas yang akan membunuh jamur, menyegarkan udara, dan mengurangi peluang jamur tumbuh kembali.

 

 

– Pakailah kacamata pengaman dan masker atau respirator.
Benda-benda ini akan melindungi mata jika ada tetesan zat pembersih yang jatuh dari plafon ketika anda membersihkannya. Karena beberapa zat pembersih jamur sedikit keras, maka melindungi mata adalah hal yang penting. Selain itu, spora jamur yang mati mudah menyebar di udara sehingga penting untuk mengenakan masker atau respirator saat proses pembersihan untuk mencegah terhirupnya spora yang tak sehat ini.

 

 

– Semprotkan larutan pembersih pada jamur yang terlihat di plafon rumah.
Masukkan larutan pembersih ke dalam botol semprot dan semprotkan secara langsung pada jamur plafon. Hati-hati, jangan menyemprot terlalu banyak agar tidak mengenai anda.

 

 

– Gosok jamur menggunakan sisi kasar spons pembersih.
Gosok ke depan dan ke belakang untuk menghilangkan jamur. Istirahat sejenak jika perlu, apalagi jika area yang berjamur luas. Anda mungkin juga perlu turun dan memindahkan bangku untuk mencapai seluruh bagian dari pertumbuhan jamur.

 

 

– Semprotkan larutan lagi.
Setelah membersihkan jamur yang terlihat, semprotkan plafon sekali lagi untuk melapisinya dengan larutan pembasmi jamur. Hal ini akan mengurangi kemungkinan jamur muncul lagi setelah beberapa hari.

 

 

– Biarkan plafon mengering.
Jika ada kipas angin, nyalakanlah. Selain itu, jika cuaca panas, bukalah jendela dan biarkan angin masuk. Hal ini akan membantu mengeringkan plafon dan mengeluarkan spora.

 

 

– Ampelas plafon.
Jika plafon sudah pudar atau anda berencana mengecat ulang plafon, maka anda harus mengampelasnya. Ampelas bagian-bagian yang berjamur untuk menghilangkan jejak tersisa dan memberikan dasar yang baik untuk cat yang baru.

 

 

– Cat ulang plafon menggunakan cat yang diformulasikan khusus.
Catlah plafon dengan cat tahan air. Cat tahan air akan mencegah jamur tumbuh kembali, apalagi jika pengembunan adalah penyebab jamur tersebut. Tanyalah merek cat yang cocok untuk kebutuhan anda saat berada di toko perkakas rumah dan ikuti instruksi pemakaiannya.

 

 

 

 

Cara Membersihkan Atap Rumah yang Berlumut

 

 

 

 

– Scrubbing
Mungkin, metode paling sederhana dan paling murah untuk membersihkan lumut dari atap adalah dengan scrubbing atau menggosok lumut pada atap dan arahkan ke bawah sehingga lumut bisa mengelupas dan langsung jatuh ke bawah. Jika atap terlalu luas, Anda mungkin bisa menyuruh dua atau 3 orang untuk melakukannya. Caranya dengan berdiri di atas tangga, lalu dengan menggunakan sikat yang diikat pada tiang, perlahan – lahan gosok lumut tersebut ke bawah searah dengan susunan genteng pada atap. Pastikan lumut benar – benar terangkat dari atap sampai ke akarnya. Lakukan pembersihan ini dengan gerakan searah, dari atas atap ke bawah, untuk menjaga agar genteng tetap berada di posisinya.

 
– Power Washing
Pertimbangkan untuk menggunakan power washing atau air bertekanan tertentu untuk membersihkan atap dari lumut. Cara ini bisa dilakukan untuk atap yang rentan retak, yang tidak bisa menahan beban berat tubuh. Gunakan power washing dengan kekuatan antara 1200 dan 2000 psi (pounds per square inch). Letakkan nozel selang di dekat puncak atap dan gerakkan secara menurun mengikuti pola genteng. Percikkan air yang keluar dari nozel tersebut akan membuat lumut lenyap dan terkelupas sedikit demi sedikit. Ulangi beberapa kali hingga lumut benar–benar hilang. Lakukan cara ini ke setiap bagian atap yang ditumbuhi lumut. Untuk area dengan lumut yang tebal dan sulit dihilangkan, gunakan sikat yang diikat pada tiang, dan gosok lumut tersebut secara searah, dari atas ke bawah, sembari menyemprotkan air melalui selang.

 
– Menghilangkan lumut dengan pembersih atap berbahan hidrogen peroksida
Campuran pembersih atap berbasis hidrogen peroksida dengan air hangat dan biarkan agar aktif selama 15-20 menit, aduk sesekali. Pindahkan larutan tersebut pada pompa sprayer, berhati-hati dalam menuangkannya dan jangan sampai ada hidrogen peroksida yang masih menggumpal dan belum tercampur yang dapat menyumbat nozel pada semprotan. Gunakan larutan ini untuk disemprotkan ke lumut pada atap sedikit demi sedikit, lalu gunakan sikat untuk menggosok bagian yang sudah diberi larutan dengan gerakan memutar, lalu bilas dengan air bersih menggunakan selang. Arahkan agar sisa – sisa rumput bisa turun ke bawah dan tidak terselip atau tertinggal di sela–sela genteng.

 
– Mencegah lumut tumbuh pada atap
Untuk mencegah agar lumut tak datang lagi pada atap, galvanized copper strips atau ridge caps pada atap. Dua benda ini cukup mudah ditemui di toko–toko yang menjual material bangunan. Benda ini juga cukup gampang dipasang pada atap. Tembaga dapat membunuh lumut dan mencegah lumut untuk tumbuh kembali. Masukkan strip tembaga secara horizontal di bawah atap sirap atau genteng, dan biarkan 4 sampai 5 inci dari bagian tembaga yang terlihat dari luar. Cara ini memungkinkan molekul tembaga untuk larut dalam hujan, dan menciptakan kondisi yang beracun bagi lumut sehingga lumut tak bakal bisa tumbuh di sini.

 

 

 

 

Cara Membersihkan Atap Rumah Agar Aman Dari Kebocoran

 

 

 

 

– Periksa Pancuran atau Talang Atap
Membersihkan atap rumah bisa dimulai dari memeriksa bagian pancuran atau talang air. Komponen tersebut biasanya dipasang untuk mengalirkan air yang keluar. Sayangnya, talang air merupakan komponen yang paling susah untuk dibenahi. Ketika mengalirkan air, biasanya ada kotoran yang ikut terbawa angin dan jadi menyumbat lubang keluarnya. Itulah mengapa anda wajib memeriksa talang air pada atap minimal enam bulan sekali. Talang air yang tidak pernah dibersihkan akan membuat kotoran menumpuk sehingga menutup lubang. Air pun tidak dapat mengalir dengan semestinya sehingga ia merembes ke bawah dan menyebabkan kebocoran.

 
– Plafon yang Berjamur
Saat rumah mengalami kebocoran, air yang jatuh akan menyusup melalui plafon. Akibatnya, plafon rumah anda pun akan berjamur. Apabila dibiarkan, jamur tersebut akan menyebar ke permukaan plafon lain dan menyebabkan material di dalamnya rusak. Terlebih apabila anda sudah memasang plafon tersebut sejak beberapa puluh tahun lalu, tentu kondisinya sudah tidak lagi prima. Materialnya pun kurang awet apabila dibandingkan dengan plafon zaman sekarang. Maka dari itu, segera periksa plafon anda dari sekarang. Jangan sampai menunggu plafon tersebut mengalami kerusakan terlebih dahulu.

 
– Membersihkan Lumut
Coba lihat atap rumah anda, apakah seluruh bagiannya telah terpapar sinar matahari? Atap yang tidak terkena sinar matahari akan cenderung memiliki kondisi yang lebih lembab sehingga memicu tumbuhnya lumut. Hal tersebut dapat membuat atap menjadi lapuk dan berlubang. Akibatnya, atap anda pun sangat rentang mengalami kebocoran. Oleh sebab itu, membersihkan atap dari lumut dapat membantu anda dalam mengatasi kebocoran pada rumah anda. Cara paling sederhana yang dapat anda lakukan adalah dengan teknik scrubbing. Gosok lumut pada atap dengan gerakan ke bawah agar lumut dapat mengelupas dan langsung jatuh. Selalu lakukan teknik scrubbing secara searah agar atap tetap berada pada posisinya. Cara lain adalah menggunakan teknik power washing atau air bertekanan tertentu. Anda bisa mengatur air dengan kekuatan antara 1200-2000 psi. Siram air tersebut dengan gerakan secara menurun.

 
– Periksa Flashing Atap
Komponen flashing terletak di bawah sambungan antara atap dan plafon. Materialnya terbuat dari aluminium yang dapat berfungsi untuk mencegah air agar tidak meresap ke dalam rumah. Pada dasarnya, semua flashing dirancang sebagai komponen yang kedap air, tapi tidak menutup kemungkinan bagi mereka untuk mengalami proses oksidasi. Akibatnya, flashing pun aus dan karatan. Tidak hanya itu, plafon yang lembab juga dapat menyebabkan flashing menjadi kendor sehingga menyebabkan kebocoran air. Periksalah apakah flashing anda sudah mulai berkarat. Anda bisa mengolesinya dengan dempul anti karat sesuai dengan kadar yang dibutuhkan.

 
– Papan Fasia yang Membusuk
Tidak mengherankan apabila papan fasia anda mulai membusuk, mengingat bahwa komponen yang terbuat dari kayu ini terletak di belakang pancuran air sehingga tidak begitu terlihat. Paparan cahaya dapat membuat papan fasia mengalami kerusakan perlahan, terlebih apabila sedang hujan. Air yang terperangkap ketika pancuran tersumbat akan mempeparah kondisi papan fasia anda. Untuk memperbaikinya, anda bisa mengetes tanda-tanda kebusukan dengan menekan papan fasia menggunakan ujung obeng yang tumpul. Jika papan fasia anda pecah, maka anda wajib menggantinya dengan yang baru.

 

 

 

 

Cara Membersihkan Atap Rumah Dari Sarang Laba-laba

 

 

 

 

– Cuci Dinding Anda
Mencuci dinding dan langit-langit dengan air hangat dan sabun mampu menghilangkan jaring laba-laba dan mencegah mereka dari membangun sarangnya kembali. Cuci daerah tempat mereka cenderung membentuk sarang sebulan sekali, atau setiap kali sarang laba-laba muncul.

 
– Spider Control
Jauhkan laba-laba masuk ke rumah anda untuk mencegah jaring laba-laba. Hilangkan retakan di lantai anda, langit-langit, kusen jendela dan kayu lainnya dengan mendempul. Menjaga rumah anda bebas dari sampah dan kekacauan. Hilangkan serangga lain, seperti kecoa, di rumah anda, karena mereka adalah pasokan makanan yang menarik laba-laba.

 
– Lemon Furniture
Minyak lemon berfungsi sebagai penolak laba-laba. Semprotkan jaring laba-laba dengan semprotan serangga yang membunuh laba-laba. Perlu diketahui beberapa laba-laba meninggalkan gigitan beracun sehingga anda harus berhati-hati ketika menyingkirkan jaring.
Sikat untuk tempat lebih tinggi dan sulit dijangkau jaring dengan sapu anda. Gunakan vacuum cleaner yang memiliki gagang panjang sehingga lebih mudah mencapai area yang sulit tempat jaring telah terbentuk.

 

 

 

 

Tips Menghilangkan Noda Bekas Bocor Pada Atap Rumah

 

Alat dan Bahan
– Cat dinding
– Bak cat
– Alkali sealer
– Roller cat
– Kuas
– Kape
– Ampelas
– Tangga
– Sarung tangan

 

 

Langkah-langkahnya
– Pertama, bersihkanlah semua permukaan plafon dari jamur dan kotoran memakai kape serap dan ampelas. Gunakan tangga untuk menjangkau bagian plafon tersebut. Hati-hati saat melakukan ini, jangan sampai merusak/menjebol plafon.
– Kedua, lapisi bagian permukaan plafon yang terdapat noda bekas bocor dengan menggunakan alkali sealer. Hal ini bertujuan agar seluruh pengecatan plafon nantinya akan terlihat rata, serta tidak ada efek warna seperti belang-belang. Diamkan selama 1-2 jam agar lapisan tersebut mengering sempurna.
– Langkah ketiga adalah tahap pengecatan plafon bagian pertama. Tahap ini berfungsi sebagai background warna sehingga hasil cat akhir nantinya akan tampak bersih dan rapi. Adapun cat dinding yang digunakan sebaiknya dicampur air dengan perbandingan 10:1. Gunakan roller untuk memudahkan anda mengecat seluruh bagian permukaan plafon.
– Pada tahap keempat, anda akan menerapkan lapisan cat yang kedua. Berbeda dengan lapisan pertama, cat lapisan kedua ini menggunakan campuran cat dan air dengan perbandingan 5:1. Fungsinya adalah untuk memberikan warna tertentu pada plafon rumah anda.
– Sebagai langkah terakhir, anda dapat merapikan kembali hasil cat khususnya pada sudut-sudut ruangan. Silahkan gunakan kuas untuk menorehkan warna di bagian ini.

 

 

Selamat mencoba dan semoga membantu pekerjaan anda di rumah.

 

 

Sumber artikel asli : http://id.wikihow.com/ http://www.seekmi.com/ http://www.tipsrawatrumah.com/

Hello Comment 1Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori