Mau Sukses Diet? Konsumsi 25 Makanan Ini Deh

0
Mau Sukses Diet? Konsumsi 25 Makanan Ini Deh
0 (0%) 0 votes
001makanandiet

Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang bagus dan menghilangkan lemak, olahraga tentu menjadi cara yang paling sehat dan ampuh. Tapi memilih makanan yang tepat juga penting, apalagi jika ingin mendapatkan berat badan ideal. Berikut 25 makanan yang baik untuk menurunkan berat badan.

 

1. Kayu Manis

Source: Thinkstock/digitalgenetics

Source: Thinkstock/digitalgenetics

Walau dalam jumlah kecil, kayu manis terbukti membantu mengatur kadar gula darah, mengendalikan nafsu ngemil, dan meningkatkan metabolisme. Kamu bisa menambahkannya ketika minum kopi atau smoothie.

 

2. Apel

Source: Thinkstock/dmitrydesign

Source: Thinkstock/dmitrydesign

Apel adalah salah satu buah yang kandungan pektinnya sangat tinggi dan mengandung serat yang mudah larut sehingga membantu kamu merasa kenyang. Kamu bisa jadikan apel sebagai camilan mulai dari sekarang, dan kamu tidak akan makan berlebih ketika sudah waktunya makan.

 

3. Teh Hijau

Source: Thinkstock/TongRo Image Stock

Source: Thinkstock/TongRo Image Stock

Minum teh hijau merupakan cara terbaik untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi nafsu makan berlebih. Teh hijau juga baik untuk menjaga bentuk tubuh kamu.

 

4. Kentang

Source: Thinkstock/Barbara DudziÅ?ska

Source: Thinkstock/Barbara DudziÅ?ska

Kentang memang penuh karbohidrat, tapi mereka bukan musuh kok. Pada penelitian tahun 2008, kentang ternyata makanan yang paling membuat orang puas ketika memakannya. Kulit kentang mengandung banyak serat, dan pati tidak memiliki banyak kalori. Ini berarti kentang bisa jadi menu diet kamu. Tapi ingat, jangan menambahnya dengan saus krim, daging, atau mentega.

 

5. Sup

Source: Thinkstock/Jupiterimages

Source: Thinkstock/Jupiterimages

Sup berkaldu merupakan teman baik untuk tubuh yang sehat. Nggak hanya membuat kenyang, sup relatif mudah untuk dikonsumsi dan rendah kalori.

 

6. Pir

Source: Thinkstock/moodboard

Source: Thinkstock/moodboard

Pir juga mengandung pektin yang kaya serat. Makan pir dengan kulitnya bisa mengendalikan nafsu makan. Sama seperti apel, pir bisa kamu konsumsi sebagai pengganti camilan yang penuh kalori.

 

7. Salsa

Source: Thinkstock/bhofack2

Source: Thinkstock/bhofack2

Salsa merupakan saus dalam bahasa Spanyol. Makanan ini memang bukan asli Indonesia, tapi saat ini salsa sudah tidak asing lagi di Indonesia. Salsa bisa dijadikan pendamping untuk salad atau daging tanpa lemak untuk makan enak tanpa kalori yang tinggi. Salsa buatan sendiri bisa penuh dengan bahan segar yang sehat. Membuatnya pun mudah dan bisa dicoba di rumah, apalagi banyak resep yang bisa kamu temukan.

 

8. Buah Beri

Source: Thinkstock/pioneer111

Source: Thinkstock/pioneer111

Bukan rahasia bahwa buah beri mengandung antioksidan tinggi (ini juga yang membuat buah beri berwarna biru pekat). Penelitian menunjukkan antioksidan antosianin yang ditemukan dalam buah beri bisa menekan aktivitas gen yang mengatur jaringan lemak agar berat badan tidak mudah bertambah.

 

9. Daging Tanpa Lemak

Source: Thinkstock/FourEyesTim

Source: Thinkstock/FourEyesTim

Daging mengandung protein tinggi yang bisa membentuk otot dan membuat kenyang, tapi manfaatnya akan berubah merugikan jika mengonsumsi daging penuh lemak dan olahan. Konsumsi daging dengan potongan tipis dan tanpa lemak sehingga kalori yang diterima tubuh masih dalam hitungan normal.

 

10. Hummus

Source: Thinkstock/NatashaPhoto

Source: Thinkstock/NatashaPhoto

Hummus adalah hidangan berupa pure, bubur, saus cocol, atau semacam selai gurih dari Timur Tengah yang terbuat dari kacang Arab yang dicampur tahini, minyak zaitun, sari perasan limau, garam, dan bawang putih. Hummus bisa dikonsumsi dengan sayur mentah, salad, atau bisa dijadikan sebagai pengganti mayonaise.

 

11. Cokelat Hitam

Source: Thinkstock/andreadonetti

Source: Thinkstock/andreadonetti

Makan potongan kecil cokelat hitam bisa mengurangi nafsu ngemil jadi kamu bisa menyimpan cokelat masak yang berkualitas tinggi sebagai pengendali nafsu ngemil. Penelitian juga membuktikan cokelat hitam dapat menurunkan kadar hormon stres pada orang yang memiliki kecemasan tinggi.

 

12. Buah Geluk

Source: Thinkstock/tashka2000

Source: Thinkstock/tashka2000

Penelitian pada tahun 2011 membuktikan orang-orang yang mengonsumsi buah geluk atau kacang pohon satu ons per hari memiliki kadar hormon serotonin yang tinggi. Rasa nyaman dan senang yang ditimbulkan hormon serotonin bisa berfungsi sebagai penekan nafsu makan, mengurangi stres, dan penolong yang sangat baik buat kamu yang sedang berjuang mengatasi perut buncit.

 

13. Oatmeal

Source: Thinkstock/OlgaMiltsova

Source: Thinkstock/OlgaMiltsova

Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa oatmeal dan sereal memiliki kandungan kalori yang sama, tapi mengonsumsi oatmeal akan membuat kamu kenyang lebih lama. Ini berkat kandungan serat yang tinggi di dalamnya. Makan oatmeal sebagai menu sarapan, berat tubuh kamu akan sedikit berkurang.

 

14. Alpukat

Source: Thinkstock/Fuse

Source: Thinkstock/Fuse

Alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang tinggi yang bisa membantu mengurangi lemak. Alpukat bisa kamu makan begitu saja atau dicampur dengan makanan lain, seperti roti dan salad.

 

15. Berondong Jagung

Source: Thinkstock/Eugene Bochkarev

Source: Thinkstock/Eugene Bochkarev

Berondong jagung atau popcorn tanpa karamel dan garam mengandung antioksidan dan rendah kalori. Kamu bisa mengonsumsinya sebagai camilan mengenyangkan.

 

16. Telur

Source: Thinkstock/ratmaner

Source: Thinkstock/ratmaner

Makan telur rebus sebagai sarapan tidak hanya akan membuat kamu kenyang, tapi juga mendapatkan protein yang cukup.

 

17. Labu Spaghetti

Source: Thinkstock/razmarinka

Source: Thinkstock/razmarinka

Varian labu ini mengandung karbohidrat yang rendah. Sendok daging berserabut dari labu spaghetti yang sudah dipanggang, dan kamu langsung mendapatkan makan malam mengenyangkan tanpa perlu takut buncit. Hanya dengan 42 kalori per porsi, kamu dimanjakan dengan sehat.

 

18. Cabai

Source: Thinkstock/bdspn

Source: Thinkstock/bdspn

Kapsaisin yang memberi rasa pedas dalam cabai terbukti dapat meningkatkan metabolisme. Kamu bisa menambah cabai sebagai penambah selera.

 

19. Ubi Jalar

Source: Thinkstock/cordimages

Source: Thinkstock/cordimages

Ubi jalar mengandung serat yang tinggi yang dapat membuat kenyang dan mengatur gula darah. Ini membantu mengendalikan rasa lapar dan berat badan kamu.

 

20. Kinoa

Source: Thinkstock/dana2000

Source: Thinkstock/dana2000

Kinoa merupakan makanan pokok masyarakat Indian di Pegunungan Andes, Amerika Selatan. Kinoa merupakan serelia semu karena bijinya bukan dihasilkan dari tumbuhan suku padi-padian. Serelia semu tersebut mengandung protein dan serat yang tinggi yang membantu kamu merasa segah.

 

21. Salmon

Source: Thinkstock/gbh007

Source: Thinkstock/gbh007

Salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3 yang memiliki banyak manfaat, termasuk tekanan darah rendah dan jantung yang lebih sehat. Omega-3 juga membantu menurunkan radang dalam tubuh yang bisa membantu kamu pulih lebih cepat setelah berlari yang cukup lama untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Kandungan protein tinggi dalam salmon juga menjadikan ikan ini sebagai pilihan baik untuk menurunkan berat badan.

 

22. Lentil

Source: Thinkstock/Wavebreakmedia Ltd

Source: Thinkstock/Wavebreakmedia Ltd

Selain tinggi protein dan serat, lentil juga baik sebagai sumber pati yang resisten dan jenis karbo yang membantu kamu membakar lemak dan menurunkan berat badan lebih cepat.

 

23. Biji Chia

Source: Thinkstock/A_Lein

Source: Thinkstock/A_Lein

Biji yang tumbuh dari tanaman di padang pasir ini memiliki kandungan serat, protein, dan omega-3. Selain itu, jika dimasukkan ke cairan, biji ini akan menggemuk sehingga kamu bisa mengonsumsinya dalam porsi kecil. Kamu bisa menaburkan biji chia di atas smoothie atau oatmeal sebagai pelengkap menu sehat kamu.

 

24. Greek Yogurt

Source: Thinkstock/fridazhang

Source: Thinkstock/fridazhang

Orang yang sedang menjalani diet kalori terbatas bila mengonsumsi greek yogurt atau yogurt yunani terbukti mengalami penurunan berat badan yang lebih banyak.

 

25. Kacang

Source: Thinkstock/dolphfyn

Source: Thinkstock/dolphfyn

Simpan kacang sebagai persediaan, karena kacang merupakan sumber protein terbaik untuk makanan rendah kalori yang mudah dibuat.

 

Sumber: Popsugar

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori