Mau Mengajarkan Matematika Secara Efektif? Pakai Lego!

Tentu saja, kamu mengetahui permainan Lego, bukan? Permainan menyusun balok ini memang sangat mengasah otak anak-anak.
0
Mau Mengajarkan Matematika Secara Efektif? Pakai Lego!
0 (0%) 0 votes
05122015 Matematika Lego

Apakah kamu memiliki seorang anak kecil? Hmm.. .tampaknya sudah waktunya dia belajar berhitung mulai dari hitung-hitungan sederhana, kan? Jika kamu bingung bagaimana cara mengajarkan hitung-hitungan dengan cara yang mudah dimengerti oleh anak kecil, sekarang Hello-Pet punya solusinya, lho!!

 

Tentu saja, kamu mengetahui permainan Lego, bukan? Permainan menyusun balok ini memang sangat mengasah otak anak-anak. Dari aneka ukuran balok-balok kecil, bisa menjadi sebuah pulau indah lengkap dengan para penduduk sekaligus aneka gedung dan tempat pariwisatanya.

 

Ternyata, tak hanya bisa mengasah logika sekaligus imajinasi anak-anak, Lego juga bisa digunakan sebagai alat pembelajaran matematika atau berhitung bagi anak.

 

Orang yang pertama kali menemukan metode ini adalah guru sekolah bernama Alycia Zimmerman. Guru satu ini melihat potensi lego untuk digunakan sebagai alat mengajar matematika dasar untuk para muridnya. Tidak percaya? Ini dia contoh-contoh belajar Matematika bersama Lego dan Guru Alycia Zimmerman!

 

Pecahan Pakai Lego

 

 

pecahanlego

http://lifehack.org

 

Seperti yang dilansir dari lifehack.org, Alycia Zimmerman mengungkapkan bahwa balok-balok Lego kecil ini sekarang menjadi favoritnya untuk mengajar matematika. Terbukti bahwa Lego ini bisa menerangkan bagaimana cara kerja Pecahan. Melalui visual, tentu anak-anak akan lebih mudah dalam menyerap pelajaran yang diberikan.

 

Pecahan Besar Pakai Lego

 

 

 

 

pecahanbesar

http://lifehack.org

 

Tak hanya pecahan dalam bentuk kecil saja, pecahan lebih besar sekaligus rumit pun bisa dijelaskan menggunakan Lego. Keren kan?

 

Perkalian & Pangkat Pakai Lego

 

 

perkalianlego

http://lifehack.org

 

Selain itu, Lego juga bisa digunakan sebagai perkalian serta pangkat. Pasalnya, jumlah dari titik-titik di balok bisa menggambarkan total dari perkalian ataupun pangkat yang telah diberikan. Melalui metode ini, dipercaya anak akan semakin mudah mengerti dan lebih cepat dalam menguasai Matematika.

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori