Resep : Ini Lho Cara Membuat Martabak Manis Mudah dan Cepat

Ada cara asyik membuat martabak manis mudah dan cepat. Dengan cara ini, kamu dapat segera menikmati martabak manis yang nikmat dan lezat tanpa perlu antri.
0
Resep : Ini Lho Cara Membuat Martabak Manis Mudah dan Cepat
5 (100%) 1 votes
Martabak Manis Enak

Martabak manis jelas sudah familiar namanya di telinga kalian kan? Makanan yang lezat sampai bikin banyak orang ketagihan dengan teksturnya yang kenyal juga isiannya yang enak dan manis tentu saja sangat banyak digemari oleh masyarakat dari berbagai macam umur dan kalangan. Rasanya sangat gurih dan kaya, serasa kenikmatan yang penuh dosa! Tentu saja kalian penasaran kan bagaimana cara untuk membuat martabak yang mudah dan cepat? Banyak yang sudah dijual di pinggiran jalan, tetapi kira-kira bagaimana sih cara membuatnya di rumah sendiri? Nah, yuk, simak dulu artikel yang satu ini untuk cara membuat martabak manismu sendiri!

 

Kenalan Dengan Martabak Manis, Yuk!

 

 

Martabak manis, atau yang disebut juga terang bulan, adalah salah satu jenis kue yang memiliki bentuk seperti kue dadar dengan teksturnya yang kenyal di dalam dan gurih di luarnya. Kudapan manis yang super enak ini banyak dijual di pinggiran jalan dan masyarakat dari berbagai umur sangat menggemari makanan manis ini. Teksturnya yang kenyal dan lembut juga menjadi salah satu ciri utama dari makanan ini. Isian dari martabak pun berbagai macam jenisnya. Dari yang biasa, meses coklat, kacang, dan keju, sekarang juga ada yang biasa mengisinya dengan oreo, Nutella, Ovomaltine, juga selai kacang lho.

 

Tidak hanya itu, bahan untuk kue martabaknya sendiri pun sudah berbagai macam dan ada rasanya, misalnya saja rasa coklat, blueberry, red velvet, sampai rasa charcoal yang unik pun ada! Martabak juga terdiri dari berbagai ukuran. Dari yang biasa sampai yang berukuran mini. Mm, tentu kalian makin tergiur untuk mencoba buat sendiri, kan?

 

Bahan-Bahan Martabak Manis

 

 

Inilah bahan-bahan martabak manis yang kalian butuhkan untuk membuat martabak manis mudah yang enak dan sederhana, juga cepat untuk dibuat. Sangat mudah!
– 250 gram tepung terigu serbaguna
– 30 gram gula pasir
– 1 butir telur
– 400 ml susu cair
– 1/2 sendok teh garam
– 1/2 sendok teh baking soda
– Mentega/ margarin untuk olesan.

 

Isian martabak pun memiliki bahan-bahannya sendiri lho. Dari oreo, Nutella, sampai berbagai macam selai pun sekarang sudah menjadi inovasi baru untuk resep martabak. Daftar beberapa bahan untuk melengkapi martabak manis mudah dan enak tentunya bisa didapatkan di minimarket terdekat. Kamu bisa pilih sendiri, seperti :
– Susu kental manis, secukupnya
– Meses coklat, secukupnya
– Parutan keju Cheddar, secukupnya
– Selai kacang, stroberi, oreo, Nutella, sesuai selera

 

Langkah Memasak Martabak Manis Sederhana

 

 

Nah, setelah siap bahan-bahannya, saatnya untuk kalian mulai memasak martabak manis mudah ini! Pertama-tama, mulailah dengan mencampurkan tepung terigu, gula, telur, susu cair, dan garam di dalam mangkuk berukuran besar. Aduk hingga rata menggunakan spatula dan setelahnya dapat disaring sampai adonan tidak bergumpal. Setelah itu diamkan adonan selama 1 jam.

 

Siapkan wajan datar anti lengket atau wajan teflon berdiameter sesuai yang diinginkan. Setelah itu, campurkan baking soda dengan sedikit air lalu masukkan ke dalam adonan dan aduk hingga rata. Setelah adonan siap, saatnya untuk memasak kue tersebut!

 

Tuangkan kira-kira 2-3 sendok sayur adonan ke teflon. Kemudian ratakan adonan sambil digoyang dan diputar. Taburkan juga sedikit gula pasir sebelum menutup teflon menggunakan penutup dan panggang dengan api kecil sampai adonan martabak memperlihatkan pori-pori dan kering. Kalau belum mahir, penutup teflon dapat menggunakan material yang terbuat dari kaca agar transparan dan dapat terlihat dengan mudah kalau sudah matang! Setelah kue martabak manis mudah tersebut matang, saatnya untuk kalian mengisinya dengan berbagai macam isian!

 

Finishing Martabak Manis Yang Lezat

 

 

Nah, setelah kue martabak manis mudahnya jadi, saatnya untuk mengoleskan berbagai macam isian dalam martabak yang membuat kue ini kian lezat. Pertama-tama, angkat martabak dari penggorengan dan letakkan di telenan. Setelahnya olesi bagian atas martabak dengan mentega/ margarin sebanyak yang kamu inginkan untuk membuat rasanya makin gurih, kemudian tambahkan susu kental manis secukupnya. Nah, bagian serunya, taburi dengan bahan isi yang sudah dipersiapkan, seperti meses coklat, parutan keju, remah oreo, Nutella, atau selai! Banyaknya isian martabak pun sesuai selera. Ada yang senang menambahkan banyak sekali isian di dalamnya, namun ada juga yang sedikit saja namun berasa. Jangan khawatir, martabak ini akan tetap terasa enak dan gurih karena ini hasil kreasi kalian juga!

 

Mm, setelah semua itu selesai, lipatlah martabak kalian dan, ta-dah! Martabak manis mudah yang lezat dan sederhana buatan kalian sendiri sudah siap untuk dinikmati, nyam! Martabak adalah salah satu resep bogasari yang butuh waktu untuk dibuat, namun hasilnya pun pasti sangat memuaskan, tetapi dengan resep ini kamu bisa membuatnya dengan cepat lho!

 

Sumber: indrania

Hello Comment 2Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori