Lihat Niat Mulia Sarjana Lulusan Australia Ini Untuk Petani Gresik

Lulus dari Universitas ternama di Australia, tak membuat pria ini lupa akan negerinya. Bahkan, ia kini bercita-cita untuk menyejahterakan petani di Gresik.
0
Lihat Niat Mulia Sarjana Lulusan Australia Ini Untuk Petani Gresik
0 (0%) 0 votes
iwan koerniawan

Lulus dari universitas ternama di negeri orang, seringkali membuat seseorang lupa akan negerinya sendiri. Tapi, tidak dengan Iwan Koerniawan, pria lulusan Swinburne Uneversity Melbourne, Australia, Jurusan Komputasi dan Fisika.

 

Ia bukan hanya memiliki cita-cita mulia untuk menyejahterakan para petani di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Iwan juga tak ragu untuk turun kebawah dengan tujuan menggapai cita-citanya.

 

 

Mengembangkan Padi Jenis Pandan Wangi

 

Iwan yang kini menjabat sebagai Direktur Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBE) PT Tiga Sejahtera Bersama ini, tak main-main untuk mewujudkan cita-citanya. Sejak satu setengah tahun yang lalu hingga kini, Iwan tengah mencoba mengembangkan padi jenis pandan wangi.

 

Padi eksperimennya tersebut ditanam di area sekitar SPBE yang terletak di Setrohadi, Kecamatan Duduk Sampeyan, Gresik.

 

Iwan mengaku tertarik mengembangkan padi jenis ini karena memiliki kelebihan dibandingkan padi jenis lain, seperti bulir beras bulat dan panjang, serta aroma beras khas pandan. Beras pandan wangi juga memiliki warna putih dan rasanya yang gurih pulen.

 

“Sehingga tidak mengherankan, jika beras pandan wangi kini cukup digemari oleh masyarakat Jepang dan Korea Selatan,” tutur Iwan.

 

 

Eksperimennya Telah Membuahkan Hasil

 

Eksperimen yang dilakukan bersama petani Desa Setrohadi ini, kini telah membuahkan hasil. Bahkan, para petani mulai menanam beras pandan wangi di lahan mereka dan mulai meninggalkan padi jenis Ciherang yang sebelumnya kerap ditanam.

 

Meski demikian, bapak tiga anak ini, mengaku bahwa masih banyak kekurangan yang harus dibenahi dari padi eksperimen yang dikembangkannya tersebut. Perbaikan tersebut bertujuan agar hasil panen yang dicapai lebih maksimal.

 

Iwan sangat berharap eksperimen yang dilakukannya ini bisa berhasil. Dengan begitu, petani bisa lebih diuntungkan karena harga beras pandan wangi di pasaran jauh lebih mahal dibanding jenis beras lainnya. Selain itu, peluang untuk mengekspor beras pandan wangi jelas lebih besar dibanding jenis beras lainnya.

 

Meski kini tengah fokus untuk mengembangkannya di Desa Setrohadi, Iwan berharap eksperimennya ini bisa menjadi inspirasi dan dapat dikembangkan di seluruh wilayah pertanian Gresik.

 

Adakah Iwan Iwan lain yang terus berkarya untuk kesejahteraan bangsa?

 

Sumber: Kompas

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori