Lulus Kuliah Bukannya Kerja, Tapi Usaha. Kenapa Tidak?

Seorang lulusan akutansi UGM tahun 2013 kini menjadi pengusaha sukses.
0
Lulus Kuliah Bukannya Kerja, Tapi Usaha. Kenapa Tidak?
0 (0%) 0 votes
thumb-usaha

Seorang pemuda lulusan Akutansi UGM tahun 2013 memilih untuk membuka usahanya sendiri dibanding bekerja di sebuah perusahaan. Ia pun memilih usaha kuliner untuk mengepakkan sayapnya diranah bisnis. Meski terhitung baru lulus, pemuda bernama Adam Amrullah ini langsung membuka usaha dengan bahan dasar utama kacang merah untuk produknya.

 

Adam merupakan anak kedua dari tiga bersaudara yang tinggal di Yogyakarta. Ia mengawali usahanya dengan berjualan es krim di ajang Sunday Morning (SunMor) UGM dengan label Redbean Ice Cream, sebulan setelah lulus dari Kampus Biru UGM Yogyakarta, tepatnya pada Desember 2013.

 

Adam Amrullah

 

adam

 

Source: ekbis.sindonews.com

 

“Awalnya saya jualan es cream saat masih ramai Sunmor UGM tiap hari minggu. Kala itu cukup banyak yang suka,”

 

Saat itu, es krim produknya diberi nama Green Tea Patbinsu. Sebelumnya, nama Patbingsu sudah cukup familier di kalangan anak muda, pelajar, dan mahasiswa. Patbinsu merupakan bahan dari kacang merah yang diramu dengan aneka bahan lain, seperti aneka buah, susu, dan keripik jagung yang cukup memanjakan lidah.

 

Waktu pun berlalu, pria yang masih melajang itu pun melihat peluang kompetensi bisnis yang digelar PT Nissan Motor Indonesia, Datsun Rising Challenge. Adam pun berhasil menyisihkan ribuan peserta lain.

 

“Awalnya hanya modal nekat, buka bisnis kecil-kecilan. Saat ikuti kompetisi, saya masuk finalis. Diajari bagaimana membangun bisnis. Ibarat renang, langsung cebur air. Dari situ diajari supaya bisa mengambang, tidak tenggelam,”

 

Lewat kompetisi itu, Adam pun berhasil membawa pulang hadiah uang modal sebesar Rp. 50 juta dan satu unit mobil Datsun GO+. Lewat modal tersebut, Adam pun langsung melebarkan sayap usahanya. Kini, sudah ada dua cabang usahanya yakni di Jalan Gambir 142a, Karanggayam (Deresan), Depok, Sleman, dan Jalan Monjali 106a, Mlati, Sleman. Sedikitnya ada 20 karyawan paruh waktu, karena semuanya dari kalangan mahasiswa. Tak hanya minuman dan es krim, Adam juga sudah menjual makanan yang dijamin memanjakan lidah.

 

Kedua tempat itu diberi nama Minke Desserts Bar, yang buka dari pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB. Adam pun sempat membocorkan omzet yang ia dapat dari kedua tempat itu yakni Rp90-100 juta per bulan. Untuk bahan dasar, ia memperoleh dari pasar-pasar tradisional di Yogyakarta. Rencananya, ia akan membuka franchise dengan modal awal cukup Rp50 juta saja.

 

Wow.. keren, bukan? Bagaimana menurutmu?

 

Source: ekbis.sindonews.com

Hello Comment 1Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori