Inilah 2 Lembaga Negara Paling Korup Menurut Ketua KPK!

Parahnya, dibandingkan korupsi lembaga di negara-negara lain di Asia Tenggara, hanya di Indonesia yang anggota parlemennya melakukan korupsi, bahkan secara masif dan terstruktur.
0
Inilah 2 Lembaga Negara Paling Korup Menurut Ketua KPK!
0 (0%) 0 votes
015656420141002-012646780x390

Paradigma bahwa politik itu kotor sudah tidak menjadi sesuatu yang mengagetkan masyarakat. Penialian masyarakat yang menyebut DPR sebagai lembaga terkorup di Indonesia benar adanya.

 

Kini di era Presiden Jokowi DPR kembali mencatatkan namanya sebagai lembaga paling korup di Indonesia. Betapa tidak, dari kesemua kasus korupsi yang ada di negeri ini sebagian besar pelakunya merupakan anggota DPR.

 

 

Ketua KPK

 

 

 

Agus-RahardjoSource: harianindo

 

 

Hal inilah diungkapkan oleh Ketua KPK, Agus Rahardjo. Menurutnya, tindak korupsi paling banyak di Indonesia dilakukan oleh anggota DPR dengan jumlah terbanyak 96 orang. Kemudian disusul pihak kementerian dan kepala lembaga sebanyak 23 orang, Gubernur 16 orang, dan Kepala daerah setingkat Walikota atau Bupati sekitar 49 orang.

 

“Lembaga paling korup yang ada di Indonesia adalah Parlemen, polisi, penegak hukum, dan parpol,” ungkap Agus, Sabtu (2/4), saat mengunjungi Surabaya, Jawa Timur.

Source: www.jitunews.com

 

Agus mengatakan modus yang sering digunakan para pencuri uang negara ini adalah dengan penyuapan yang menempati posisi tertinggi yaitu sebanyak 224 kasus. Selain penyuapan, kata Agus para koruptor ini juga kerap bermain dengan modus pengadaan barang dan jasa (142 kasus), perizinan sebanyak 19 kasus, modus pungutan terdapat 20 kasus korupsi serta penyalahgunaan anggaran yang mencapai 44 kasus.

 

Agus mengatakan, untuk mengungkap kasus korupsi, KPK akan melakukan strategi pemberantasan korupsi dengan tiga hal, yaitu dengan cara represi, perbaikan sistem, dan mengajak masyarakat melalui edukasi dan sosialisasi memperkenalkan sistem kepada masyarakat.

 

Sebagaimana diketahui, menurut sebuah lembaga survei beberapa tahun terkahir DPR dan kepolisian RI dianggap oleh masyarakat sebagai lembaga terkorup.

 

Parahnya, dibandingkan korupsi lembaga di negara-negara lain di Asia Tenggara, hanya di Indonesia yang anggota parlemennya melakukan korupsi, bahkan secara masif dan terstruktur. Sementara itu, dimasukkannya lembaga kepolisian di urutan kedua sebagai lembaga paling korup tidak membuat kaget masyarakat. Pasalnya sudah sejak lama masyarakat tahu bahwa institusi kepolisian tidak bersih dari korupsi.

 

Mulai korupsi kecil-kecilan di tingkat operasi tilang kendaraan bermotor di jalan raya sampai korupsi besar semacam beking- membeking kegiatan kejahatan yang bernilai miliaran rupiah.

 

Source : Jitunews

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori