10 Kuliner Jawa Tengah Ini Asli Uenak Tenan!

Dari sekian banyak kuliner khas Jawa Tengah yang bikin lidah kamu bergoyang dan ingin nambah terus, berikut ini beberapa di antaranya. Bersiap ketagihan ya!
0
10 Kuliner Jawa Tengah Ini Asli Uenak Tenan!
0 (0%) 0 votes
dawet ireng

Jawa  Tengah dikenal sebagai propinsi yang menjunjung tinggi adat istiadat  Jawa  yang masih terasa hingga saat ini. Bahasa asli provinsi yang juga berbatasan lansung dengan Yogyakarta tersebut menggunakan bahasa Jawa  selain bahasa Indonesia.  Beberapa tempat wisata daerah ini juga mendunia di antaranya candi Borobudur yang merupakan candi terbesar di dunia dan candi Prambanan yang kerap djadikan lokasi acara- acara besar seperti konser musik.

 

Selain terkenal dengan wisata sejarahnya Jawa  Tengah juga tak kalah pamornya dibidang kuliner. Banyak  kuliner di Jawa  Tengah mampu menarik wisatawan lokal maupun asing yang terkenal enak dan bikin ketagihan. Kamu yang hendak berlibur ke salah satu daerah di Jawa  Tengah tentunya membutuhkan informasi kuliner yang bisa kamu jadikan acuan ketika berada disana.  Untuk itu berikut daftar kuliner Jawa  Tengah yang bisa kamu coba dan dijadikan oleh – oleh bagi orang tersayang ketika kembali pulang ke rumah.

 

 

 

Gurih Lezat Bakmi Jawa  Pak Gareng Semarang

 

Bila berkunjung ke Jawa  Tengah pasti ingin merasakan bakminya yang dikenal kenyal dan enak.  Bakmi Jawa  namanya sudah dikenal sebagai salah satu kuliner Jawa  Tengah yang tak boleh dilewatkan wisatawan. Salah satu bakmi Jawa yang enak dan diakui kelezatannya berada di kota Semarang tepatnya di Jl. Wotgandul Dalam No. 177, Gabahan, Semarang Tengah 50135. Bakmi Jawa Pak Gareng begitu pelanggan menjuluki sajian bakmi ini. Bakmi Jawa Pak Gareng dilengkapi dengan kol, sawi, suwiran daging ayam dan telor yang menggugah selera ketika jam makan siang tiba.

 

Bakmi ini pun diolah di atas arang yang membuat aroma dari masakan menyeruak ke sekitar pelanggan.  Tak heran bila tempat makan ini tak pernah sepi pengunjung bahkan ketika malam tiba. Selain itu aneka sate yang dijajakan membuat bakmi Jawa  Pak  Gareng semakin enak.

 

 

 

Camilan Nikmat  Khas Jawa Tengah Telur Asin Brebes

 

Kamu sedang berada di kota Brebes pasti tahu bahwa olahan telur asin menjadi salah satu unggulan kota tersebut. Telur asin Brebes memang sudah memiliki nama di industri kuliner terlebih telor asin dari kota ini dikenal memiliki kualitas yang tinggi.  Di sepanjang jalan pantura khususnya kota Brebes banyak sekali pedagang yang menjual telur asin sebagai oleh-oleh. Selain telur asin Brebes juga mengembangkan telur asin bakar yang melalui proses pengasapan dalam pembuatannya. Soal rasa tak perlu ditanya keduanya enak dan nikmat bila dijadikan lauk makan siang. Tak heran jika Brebes menjadi penghasil telur bebek terbesar di Jawa Tengah.

 

 

 

 

Sup Senerek Kuliner Khas Magelang

 

Selain Brebes ternyata  Magelang juga punya kuliner khas bernama sup senerek yang enak disantap pada malam hari yang cenderung berhawa dingin. Sup senerek sendiri merupakan sup yang berisi beragam sayuran dan daging dengan ciri kuahnya yang bening namun kaya akan bumbu rempah-rempah. Menyantapnya di jam makan malam dijamin menghangatkan tubuh dan membuat badan berkringat. Sup senerek sendiri dikabarkan telah ada sejak zaman Belanda dan cukup populer pada saat itu.

 

Bagi kamu yang ingin mencicipi kuliner satu ini bisa mampir ke Rumah Makan Pak Parto yang berada di pertokoan Rejo Mulyo C no. 12 tepatnya di Jalan Ikhlas. Kamu juga bisa mencicipinya di Warung Bu Atmo yang terletak di jalan Mangkubumi Magelang. Sehabis jalan – jalan di Candi  Borobudur pasti sedap banget bila makan siang ditemani sup senerek ini.

 

 

 

 

Cicipi Kuliner Khas Pemalang Nasi Grombyang

 

Dari namanya saja kuliner satu ini udah bikin penasaran apalagi bila mencicipi langsung. Nasi grombyang namanya merupakan salah satu sajian khas kota Pemalang. Bila dilihat sekilas kuliner satu ini lebih mirip soto ataupun rawon dengan kuahnya yang berwarna coklat keruh. Disebut dengan grombyang sebab isi dari sajian satu ini lebih sedikit ketimbang kuahnya. Perbedaan nasi grombyang dengan soto terletak pada irisan dagingnya yang lebih besar dan rasanya yang tajam akan bumbu rempah – rempah. Jangan lewatkan kuliner nasi grombyang dekat alun-alun jika sedang berkunjung ke kota Pemalang ya!

 

Baca Juga : 10 Tempat Wisata Di Jawa Tengah Yang Wajib Dikunjungi

 

 

 

 

Kuliner Langka Magelang Mangut Beong

 

Satu lagi makanan yang tak boleh dilewatkan jika berkunjung ke Jawa Tengah bernama Mangut Beong.  Mangut Beong sendiri merupakan kuliner khas asal kota Magelang  yang berbahan dasar ikan. Ikan yang digunakan untuk sajian kuliner satu ini merupakan ikan khas sungai Progo yang menyerupai bentuk ikan lele. Daging dari ikan ini dikenal lembut namun tak mudah hancur. Ikan Beong begitu masyarakat menjulukinya dan memiliki kandungan protein yang tinggi. Mangut Beong kerap dijual di sekitar kawasan Borobudur dan Salaman.

 

 

 

Mencoba Kuliner Khas Semarang Tahu Gimbal

 

Bagi yang sering nongkrong di kota  Semarang pasti tahu kuliner bernama tahu gimbal. Kuliner dengan menggunakan tahu sebagai bahan utamanya mirip dengan sajian gado – gado namun lebih komplit.  Selain tahu goreng, tahu gimbal juga dilengkapi dengan gimbal yang merupakan udang goreng. Selain itu ditambah pula irisan kol mentah, tauge, telur dan disiram dengan bumbu kacang. Harganya pun terjangkau mulai dari harga Rp6.000,- – Rp11.000,- per porsinya. Untuk menemukan tahu gimbal di kota Semarang juga sangat mudah sebab banyak pedagang kaki lima ataupun rumah makan yang menjualnya. Biarpun begitu banyak orang yang mengatakan bahwa tahu gimbal yang terkenal lezat dapat kamu temukan di jalan Pahlawan yang lokasinya tak jauh dari Simpang lima dengan nama tahu gimbal Pak Edi.

 

 

 

 

Nasi Gandul Kuliner Khas Pati

 

Kamu pasti tahu bahwa Jawa  Tengah juga terkenal akan olahan nasinya seperti nasi liwet namun ada pula lo  olahan nasi lainnya yang patut kamu cicipi jika sedang berada di Jawa Tengah. Nama kuliner nasi tersebut adalah  nasi gandul. Nasi gandul sendiri merupakan makanan khas dari kota Pati yang mirip dengan kuliner soto. Nasi gandul sendiri adalah kuliner berupa nasi putih yang disajikan dengan daging sapi beserta jeroannya ditambah kuah kaldu dan santan encer. Warna dari kuliner satu ini cenderung coklat encer dengan aroma rempah – rempah yang menyeruak. Tidak berhenti disitu saja nasi gandul juga dilengkapi dengan tempe goreng ditambah jeruk nipis dan sambal. Dinamakan gandul yang dalam bahasa Indoneia bermakna gantung karena dahulunya makanan ini dijual dengan  cara dipanggul atau digantung pada bambu.

 

Baca Juga : 12 Pantai Tempat Wisata Alam Yang Berada Di Jawa Tengah

 

 

 

Mencari Brekecek Kuliner Khas Cilacap

 

Tak mau kalah dengan kota – kota lain di Jawa Tengah, makanan dengan nama brekecek nampaknya juga sangat diminati wisatawan. Brekecek merupakan olahan dari ikan Jahan atau Pathak yang dicampur dengan irisan tauge ataupun kol mentah. Rasanya mirip rica-rica namun memiliki kuah yang lebih keruh. Ikan yang dimasakpun sangat lembut dan paling pas bila disajikan bersama nasi yang masih hangat. Banyak pula wisatawan yang setelah berkunjung ke Teluk Penyu ataupun Nusa Kambangan mencari Brekecek untuk menu makan siang mereka.

 

 

 

Mengenal Kuliner Khas Sroto Purbalingga

 

Mau merasakan soto khas Jawa Tengah yang sesungguhnya? Sebaiknya kamu berkunjung ke kota Purbalingga untuk mencicipi Sroto Purbalingga.  Sroto Purbalingga termasuk kuliner terlaris di kota tersebut karena cita rasanya yang tinggi.  Sroto Purbalingga ini juga sering disebut dengan nama Sroto Kriyik sebab ketika dimakan akan terdengar bunyi kriyik-kriyik. Sroto Purbalingga disajikan dengan tambahan taburan kacang dan kerupuk putihnya.

 

 

 

 

Es Dawet Ireng Khas Purworejo

 

Setelah bersantap dengan makanan berat di atas tentunya perlu ada kudapan ringan sebagai menu penutup kamu, bukan? Bagaimana bila kamu meluangkan waktu untuk mencicipi segarnya dawet ireng khas Purworejo ini. Dawet yang pada umumnya berwarna hijau di Purworejo berubah menjadi warna hitam pekat. Warna hitam yang dihasilkan merupakan warna alami dari abu bakar jerami untuk membuat cendol. Tak perlu takut  meskipun menggunakan abu cendol disini aman dan tidak mengganggu kesehatan. Dawet Purworejo yang disajikan bersama dengan santan ini paling nikmat diminum ketika cuaca sedang panas – panasnya.

 

Baca Juga : 5 Wisata Alam Jawa Tengah Yang Bikin Kamu Klepek-klepek

 

Sudah puas mencoba kuliner di Jawa Tengah di atas? Pastinya asli uenak dan bikin kangen untuk datang mencobanya lagi kan. Nah selain kuliner di atas kamu juga bisa membawa tempe mendoan ataupun lumpia yang menjadi camilan khas di Jawa Tengah. Tidak lupa untuk merekomendasikan ke teman – teman atau kerabat yang hendak datang ke propinsi yang berada di tengah pulau Jawa ini.

 

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori