7 Kuliner Hokkaido Jepang Melengkapi Musim Dinginmu

Pergi ke Jepang belum lengkap bila tak singgah ke Hokkaido saat musim dingin dan menikmati wisata kulinernya. Bersiap dengan sensasi. Yuk jalan - jalan!
0
7 Kuliner Hokkaido Jepang Melengkapi Musim Dinginmu
0 (0%) 0 votes
Butadon

Bila membahas tentang negara Jepang pastinya musim semi dengan balutan warna – warni bunga serta indahnya pohon Sakura membuat banyak wisatawan ramai – ramai datang pada musim tersebut. Jepang ternyata tidak hanya asyik saat musim semi saja tetapi juga ketika musim dingin tiba. Kamu mungkin beranggapan bila berjalan saat musim dingin adalah pilihan yang buruk, hal ini ditengarai cuaca yang bersuhu rendah bahkan di bawah 10 C belum lagi tumpukkan salju membuat jalanan menjadi licin dan malas untuk beraktivitas di luar rumah. Stigma seperti ini harus segera kamu hilangkan jika berkunjung  ke Jepang pada musim dingin.

 

 

Jepang bukan hanya negara yang indah ketika musim semi atau pun saat musim gugur tiba tetapi juga menarik saat musim dingin tiba. Kamu bisa bermain bola salju atau snowboarding dan ski di kawasan resort hotel yang banyak menyajikan arena permainan tersebut. Terlebih jika kamu salah satu wisatawan yang hendak menjelajahi prefektur Hokkaid di utara Jepang. Kawasan Hokkaido dikenal sebagai kota dengan salju paling melimpah ketimbang tempat – tempa lain di Jepang.

 

 

Belum lagi kulinernya yang dikenal mantap dan bisa bikin tubuh semakin bersemangat meski ketika musim dingin. Tertarik  untuk berlibur musim dingin di Hokkaido bersama orang terkasih? Kenalan dulu dong dengan kuliner Hokkaido yang maknyus satu ini:

 

 

 

Kuliner Jingisukan Hokkaido Jepang

 

Jingisukan

via: http://www.japan-iwate.info/cgi_data/location/0027-01.jpg

Jika sudah memasuki musim dingin paling enak ya menyantap makanan hangat yang mampu membuat suhu tubuh jadi lebih hangat. Salah satu kuliner itu bisa saja jingisukan yang merupakan olahan daging mirip dengan yakiniku.  Kuliner satu ini terinspirasi  dari  Gengis Khan salah satu pendiri kerajaan Mongol sehingga sering dijadikan pilihan menu makan siang warga Jepang khususnya yang tinggal di kota Sapporo. Helaian daging pipih kemerahan yang dibakar di atas pemanggang membuat aroma daging menyeruak  ke seluruh ruangan dan mengundang rasa lapar dalam diri. Daging yang digunakan dalam kuliner ini adalah daging domba berusia 2 tahun atau lebih yang cenderung memiliki tekstur empuk dan manis.

 

 

Ada dua cara untuk menikmati daging yang digunakan sebagai Jingisukan. Kamu bisa membakar dulu dagingnya baru mencelupkan ke saus atau dengan cara kedua yaitu mencelupkan ke saus kemudian dibakar di atas pemanggang. Biarpun caranya berbeda namun rasa keduanya patut diancungi jempol. Warga Jepang  biasa menyantap Jingisukan dengan ditemani bir  Sapporo yang terkenal akan kelezatannya. Pastikan kamu berkunjung ke Jingisukan Daruma Rokuyon untuk menikmati hidangan Jingisukan ini.

 

Lokasi : Minami 6 jo Nishi Chuo-ku, kota Sapporo

Telp : +81-11-533-8929

Buka : 17.00-05.00

 

 

 

Shiroi Koibito Hokkaido Jepang

 

Bila sedang berkunjung ke Hokkaido pasti kamu disarankan untuk berkunjung ke Golden Pavilion yang terkenal sebagai kuil berdinding emas di Jepang. Seusai memandang kuil dengan panorama taman  disekitarnya membuat kamu ingin segera membeli beberapa oleh – oleh sebagai pengingat bahwa kamu pernah berkunjung ke Hokkaido. Salah satu oleh – oleh tersebut bisa saja berupa kue seperti Shiroi Koibito.

 

 

Baca Juga : Liburan ke Jepang Dengan Pemandangan Yang Mencengangkan

 

 

Shiroi Koibito adalah kue mentega yang telah dikenal lebih dari 30 tahun lamanya. Kuil tersebut memiliki coklat putih di permukaannya dan terkadang coklat tersebut dijadikan motif kue yang menambah cantik Shiroi Koibito seperti motif salju atau bunga. Kamu bisa menjadikan camilan ini sebagai salah satu oleh – oleh yang pas untuk menemani waktu minum teh kamu di pagi hari.

 

 

Lokasi : Jusco Mal, Hakodate, Aomori

 

 

 

Butadon Hokkaido

 

Masyarakat Indonesia umumnya tidak merasa kenyang jika belum mengkonsumsi nasi begitu pula dengan makanan di Jepang kebanyakan mengunakan nasi dilengkapi dengan lauk di dalamnya yang tersaji di mangkok.  Penyajian seperti ini dikenal dengan nama donburi. Bila kamu ingin merasakan menu kuliner Jepang dengan menggunakan nasi untuk makan siangmu selama berada di Hokkaido bagaimana bila mencoba butadon?

 

Baca Juga: 9 Tempat Ski Favorit Untuk Wisata Musim Dingin Di Jepang

 

Butadon merupakan daging babi yang disajikan di atas nasi hangat dengan taburan irisan nori atau rumput laut. Selain dagingnya yang super empuk kamu bisa merasakan saus butadon yang bikin kamu lahap ketika makan. Butadon di daerah Tokachi dikenal sebagai butadon terbaik di Hokkaido. Menyantap makanan satu ini dikala musim dingin membuat kamu serasa bersemangat untuk beraktivitas kembali.

 

 

Restauran : Panchou Buta Don

Lokasi: Japan, 〒080-0011 Hokkaido Prefecture, Obihiro, Nishi 1 Jominami, 11−19−1

Buka : 11.00 – 19.00

Telp: +81 155-22-1974

 

 

 

Imo Mochi Hokkaido

 

Setelah makan yang berat – berat pasti pengen ngemil camilan yang bikin kamu gak bosen jalan – jalan di Hokkaido. Salah satu camilannya bisa berupa Imo Mochi yakni mochi yang terbuat dari kentang rebus. Hokkaido dikenal sebagai prefektur yang memiliki kentang berkualitas dan jarang ditemukan di kawasan Jepang lainnya.  Bahkan jika kentang tersebut hanya diolesi mentega saja rasanya sudah sangat nikmat terlebih jika dijadikan kue mochi. Kentang rebus sebagai bahan utama Imo Mochi memiliki tekstur yang lembut dan paling pas untuk kudapan minum teh. Hmm pasti yummy banget deh khususnya bagi kamu yang suka sekali makanan manis.

 

 

 

 

Curry Soup Hokkaido

 

Selain dikenal sebagai kawasan salju yang memukau mata faktanya Hokkaido juga tempat curry soup atau sup kare lahir.  Kare di Hokkaido bisa mengunakan beragam kaldu mulai dari kaldu ayam, sapi, kambing hingga babi. Rasa kare yang kaya akan bumbu membuat perut kamu tak bisa diajak kompromi untuk segera mencicipinya. Kare yang disajikan Restoran Nishitendori soup curry honpo misalnya menyediakan kari rasa pedas mulai dari level 1 hingga level 8.

 

 

Sup karenya juga diisi dengan bermacam – macam sayuran mulai dari asparagus, okra, kol , akar teratai dan masih banyak lagi lainnya. Tertarik nih untuk ikutan mencoba sup kare di restauran tersebut? Coba deh menu kare soupnya yang level tertinggi biar bisa bandingkan lebih pedas mana menu Jepang dengan menu makanan Indonesia lainnya.

 

 

Lokasi: Nishitendori soup curry honpo, 4-5 8 chome, Minami 13-jo Nishi, Chuo-ku, Sapporo

Tel no: 011-532-1202

 

 

 

 

Sapporo Beer

 

Sebelumnya dikatakan bahwa Hokkaido juga memiliki minuman beer  yang terkenal lezat dan berkualitas tinggi. Jangan remehkan bir khas Sapporo ini sebab rasanya mampu menandingi anggur merah Perancis. Terlebih bila kamu mengunjungi Sapporo Beer Garden yang merupakan salah satu pabrik bir tertua di Jepang.  Sapporo Beer Garden sudah ada sejak tahun Meiji ke 23 dan terletak di Genghis Khan Hall. Kamu juga bisa memesan hidangan steak untuk menemani makan malamu bersama bir Sapporo. Terlebih arsitekur bergaya tradisional Jepang akan membawa kamu serasa hidup di zaman Meiji.

 

Baca Juga: Tempat Wisata Di Hokkaido Yang Menarik Untuk Dikunjungi

 

Lokasi : Sapporo Beer Garden, 9-2-10 Kita 7 Higashi- Higashi-ku, Sapporo

No Telp : +81-12-015-0550

 

 

 

 

Ishikari Nabe Hokkaido

 

Hokkaido juga terkenal akan hidangan lautnya yang menyegarkan dan kaya akan omega 3 yakni Ishikari Nabe. Ishikari Nabe merupakan hidangan salmon yang dimasak dengan kuah miso. Selain itu ditambahkan tahu dan beberapa sayuran untuk menambah kesegarannya. Bagi warga Hokkaido salmon merupakan salah satu kuliner penting sebab beberapa makanan berbahan salmon diwariskan langsung oleh  bangsa Ainu yang merupakan nenek moyang orang Hokkaido. Merasakan Ishikari Nabe bersama bir pasti bikin hari – hari selama musim dinginmu di Hokkaido semakin asyik dan tak terlupakan.

 

 

Lokasi : 5 Chome-8-1 Kita 7 Jonishi, Kita Ward, Sapporo, Hokkaido Prefecture 060-0807, Japan

Telp: +81 11-747-7700

Website: hotpepper.jp

 

Keren dan menggugah selera ya, makanan di atas terlebih bila mencicipinya langsung di lokasi. Bagi kamu yang memeluk agama Islam tak perlu takut untuk mencoba beberapa makanan – makanan tersebut. Beberapa jenis makanan halal dan bisa dijadikan oleh – oleh. Kamu bisa membawa Imo Mochi ataupun Shiroi Koibito sebagai oleh -oleh untuk orang terkasih. Bagi kamu yang vegetarian ada juga kok menu sayuran seperti Kare Soup ataupun hidangan salmon bagi kamu yang lebih suka menu ikan.

 

 

 

Selain kuliner di atas masih banyak lagi sajian Hokkaido yang bisa kamu kamu jadikan menu makan pagi atau siangmu di antaranya adalah sushi. Sushi di Hokkaido berbeda dengan sushi yang ada di kota lain seperti Osaka sebab sushi di Hokkaido bisa terdeteksi harganya dari warna piring yang digunakan. Selain itu luangkan waktu kamu untuk menikmati sajian kepiting rebus yang mantap bila dimakan hangat – hangat.

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori