Kuliner Luar Biasa di Osaka yang Wajib Dicoba

Berwisata di negeri matahari terbit bukan cuma jalan-jalan dan belanja, tapi juga menikmati aneka kuliner luar biasa di Osaka, Jepang
0
Kuliner Luar Biasa di Osaka yang Wajib Dicoba
0 (0%) 0 votes
osaka

Kuliner enak di Jepang, pastinya tidak melulu cuma di Tokyo. Cobalah kamu nyeberang ke daerah Jepang Barat. Wilayah Kansai pun tidak kalah semaraknya. Ada begitu banyak pilihan wisata kuliner di Osaka.

 

Kota ini sejak dulu sudah punya julukan Tenka no Daidokoro atau Dapur Negeri. Mengapa? Karena Osaka punya aneka macam makanan lezat.

 

Sekarang saja para pengunjung bisa mencoba berbagai jenis makanan, mulai dari yang paling murah hingga yang paling mahal. Penasaran kan sama wisata kuliner di Osaka?

 

Mari kita mulai dengan mengunjungi Dotonbori, yang berada di daerah Minami. Tempat ini populer di kalangan turis. Bahkan, Dotonbori sampai dijuluki sebagai pusatnya makan sepuasnya di Osaka. Disini pengunjung bisa terkejut lihat deretan kedai makanan, mulai dari makanan khas Jepang hingga makanan khas negara India dan Korea juga ada.

 

Selain Dotonbori, ada juga wisata kuliner Shinsekai, yang memiliki Menara Tsutenkaku, menara dengan tinggi mencapai 103 meter yang dibangun pada tahun 1912. Daerah ini menawarkan beragam kuliner khas Jepang seperti udon, ramen, sushi, bento dan sebagainya. Acara makan jadi lebih romantis di malam hari. Restoran dan kedai dengan beragam desain menyalakan hiasan lampu yang berkelap-kelip.

 

Lokasi kuliner lainnya di Osaka, ada Kawasan Belanja Tenjinbashi-suji  yang memiliki banyak tempat makan serta toko kue. Serunya, disini pengunjung bisa mencoba kue-kue kering khas Jepang.

 

Kemudian ada juga lokasi kuliner di kawasan kuil Tenmangu, yang perlu dicoba di Osaka. Kamu mungkin tidak menyangka kan, kalau area kuil pun di sana ternyata adalah surganya kuliner. Jadi jangan sampai terlewat Kuil Tenmangu sebagai spot wisata kuliner dalam catatanmu, ya.

 

Setelah puas mendatangi kuil dan melihat keindahannya, para wisatawan biasanya mengisi perut di dekat Kuil Tenmangu ini. Ada macam-macam toko, restoran, kedai makan dan kafe di sepanjang dua kilometer yang membelah kawasan itu.

 

Osaka memang terkenal dengan kebudayaan “makan sepuasnya” (kuidaore). Dan pastinya bakal bikin kamu tergiur untuk mencoba segala makanannya.

 

Beragam jenis makanan lezat terdapat di sana, mulai dari pancake khas Jepang sampai ikan buntalnya yang terkenal, dan semuanya wajib kamu coba.

 

Berikut ini kuliner-kuliner luar biasa itu :

Fugu (Puffer Fish)

 

Banyak turis yang tetap menjadikan ikan ini sebagai bucket list mereka saat berlibur ke Osaka. Padahal, ikan berbentuk buntal ini tergolong agak berbahaya untuk dimakan karena racunnya. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena penyajian ikan ini hanya boleh dilakukan oleh koki yang sudah memiliki sertifikat khusus. Hal ini untuk memastikan agar ikan yang disajikan aman untuk dikonsumsi.

 

Karena harganya yang tidak murah, umumnya orang memesan dalam bentuk sashimi platter. Porsinya yang tidak terlalu besar akan cocok buat kamu yang cuma sekadar ingin mencobanya. Kalau kamu berani dan tekadnya sudah bulat buat mencoba makan “ikan berbahaya” ini, cobalah restoran dengan lentera fugu terbesar di Jalan Dotonbori.

 

Alamat : 1 – 6 – 10, Dotonbori, Chuo-ku, Osaka

 

Telepon : 06-6211-0181

 

Jam Buka : Senin – Sabtu : 11.00 AM – 11.00 PM

 

Kitsune Udon

 

Beruntung banget kamu liburan di Osaka yang terkenal sebagai tempat penghasil udon terbaik. Jadi jangan sampai terlewatkan buat menikmati lezatnya udon di Osaka, ya.

 

Kitsune Udon adalah salah satu udon yang pertama kali dibuat di Osaka, tepatnya oleh Restoran Usami-tei Matsubaya di Minami-senba. Karakter udonnya lebih ringan apabila dibandingkan Kitsune Udon di Tokyo. Makanan ini pun menjadi menu favorit anak-anak terutama karena tahu goreng kering manis yang diletakkan di atas udon. Tahu ini juga menjadi ciri khas Kitsune Udon.

 

Alamat : 3 – 8 – 1, Minami-senba, Chuo-ku, Osaka

 

Telepon : 06-6251-3339

 

Jam Buka : Minggu – Kamis 11.00 AM – 07.00 PM Jumat – Sabtu: 11.00 AM – 07.30 PM

 

 

Kushikatsu

 

Buat kamu pencinta camilan, jangan lupa mencoba Kushikatsu. Umumnya, camilan khas Osaka ini terdiri atas berbagai jenis, mulai dari daging, ikan, hingga sayuran. Semuanya diolah menjadi ‘gorengan’ nikmat yang rasanya semakin pas saat dilumuri dengan saus tiramnya yang khas. Tertarik untuk mencobanya? Pastinya dong, ya.

 

Saran buat kamu yang ingin mencoba, pergilah ke daerah asalnya, yaitu Shinsekai. Di sana kamu bisa menemukan banyak tempat makan Kushikatsu yang buka 24 jam. Tapi yang harus kamu ingat; peraturan khusus yang berlaku di sebagian besar tempat makan Kushikatsu, yaitu jangan mencelupkan gorengan ke dalam saus lebih dari satu kali. Pasalnya aturan ini untuk menjaga kebersihan saus yang digunakan bersama.

 

Alamat : 2 – 3 – 9 Ebisu Higashi, Naniwa-ku, Osaka-shi, Osaka

 

Telepon : +81 – 6-6645-7056

 

Jam Buka : 11.00 AM – 09.00 PM

Takoyaki dan Okonomiyaki

 

Ini dia dua jajanan Jepang khas Osaka, yaitu Takoyaki dan Okonomiyaki alias pancake khas Jepang, termasuk makanan yang juga wajib kamu coba. Kedai Acchichi Honpo Takoyaki yang berada tepat di seberang billboard Glico Man di Jalan Dotonburi merupakan salah satu tempat yang menyajikan Takoyaki dan Okonomiyaki terlezat di Osaka.

 

Jika ingin ke sini, sebaiknya kamu datang di sore menjelang malam hari untuk merasakan serunya makan malam bersama-sama dengan masyarakat lokal yang selalu menjadikan tempat ini sebagai tempat bersantai favorit mereka.

 

Alamat : 7-19, Soemoncho, Chou-ku, Osaka-shi, Osaka.

 

Telepon : 050 – 5868 – 5078

 

Jam Buka : Minggu – Kamis 12.00 AM – 02.00. PM

 

 

 

Negiyaki

 

Jika Takoyaki dan Okonomiyaki sudah terlalu mainstream buat kamu, bagaimana kalau kamu mencoba Negiyaki? Versi tipis dari Okonomiyaki dengan rasa yang lebih lembut dan wangi bawang putih yang menggugah selera ini ternyata termasuk makanan sehat yang sering warga Osaka buat sendiri. Seperti halnya Takoyaki dan Okonomiyaki, biasanya penduduk lokal memiliki resep khas keluarganya masing-masing. Setelah mencobanya di Osaka, mungkin kamu pun akan tertarik membuatnya sendiri di rumah.

 

Alamat : 2 – 4, Kakudacho, Kita-ku, Osaka-shi, Osaka est first Avenue

 

Telepon : 06 – 6131 – 0118

 

Jam Buka : 11.30 AM – 10.00 PM

 

 

Nikuman

 

Kue kukus di toko kue 551 Horai ini memang populer di kalangan wisatawan yang  berkunjung ke Osaka. Bentuk kue yang menyerupai dimsum ini, memang sering dijadikan oleh-oleh oleh masyarakat Jepang sendiri saat berada di Osaka. Rasa dagingnya terkenal nikmat luar biasa dan bikin ketagihan. Kamu bisa mendapatkannya di toko 551 Horai di beberapa stasiun di Osaka, misalnya Stasiun Shin-Osaka.

 

Alamat : Nanba Chuo-ku, Osaka 542 – 0076, Osaka Prefecture

 

Telepon : +81 6-6641-0551

 

Jam Buka : 10.00 AM – 22.00 PM

 

 

 

Omoshiroi Koibito

Kalau kamu sudah mengenal oleh-oleh khas Hokkaido yaitu Shiroi Koibito, kali ini kamu akan dibuat takjub dengan Omoshiroi Koibito ( kekasih yang menyenangkan). Nama makanan yang satu ini memang plesetan dari Shiroi Koibito. Setelah Shiroi Koibito populer, orang Osaka yang memliki rasa humor tinggi membuat tiruannya.

 

Terciptalah Omoshiroi Koibito berupa panganan manis yang akan membuat siapa saja suka dengan kelezatan rasanya. Waffle dengan lelehan cream di dalamnya membuat banyak wisatawan kepincut, loh. Tak heran kalau Omoshiroi Koibito pun laris manis diburu wisatawan.

 

Alamat : Yubinbango 550 – 0012 Nishi-ku, Osaka Itachibori 1- 9 – 13

 

Telepon : 06 – 6543 – 3772

 

 

Baca Juga: Wisata Kuliner Hokkaido Yang Paling Terkenal dan Akan Memanjakan Lidah Anda

 

 

 

Onigiri Senbei

 

Senbei merupakan camilan yang menyerupai kerupuk dengan rasa yang gurih. Menariknya, kamu dapat menemukan senbei dengan beragam rasa. Di Nara bahkan kamu bisa membeli satu bungkus senbei dengan beragam rasa seperti asin, kacang, dan pedas.

 

Berbeda dengan di Nara, Osaka juga memiliki satu panganan khas yang populer dijadikan oleh-oleh yaitu Onogiri Senbei. Bagaimana ya jadinya nasi kepal atau onigiri diolah menjadi kerupuk? Kalau kamu penasaran, kamu harus mencicipi kue beras yang satu ini. Rasanya sangat mirip dengan onigiri karena rasa kecap asinnya terasa banget.

 

 

  

Jagariko Rasa Takayoki

 

Osaka dikenal sebagai rumah dari camilan dengan rasa gurih Takoyaki. Orang Indonesia pun merasa tak asing lagi dengan camilan yang satu ini. Makanya,  banyak orang yang kepinngin sekali  mencicipi Takoyaki dari Osaka. Pastinya bukan sesuatu yang salah.

 

Nah, kalau kamu ingin membeli oleh-oleh Takoyaki tetapi kepingin gampang dibawa ke Indonesia, beli saja Jagariko. Snack dari Calbee yang berbentuk stick dan tersedia dalam rasa Takyokai. Pasti teman-temanmu di Indonesia bakal seneng banget, tuh.

 

Baca Juga : Wisata Kuliner Fukuoka Yang Akan Menggugah Selera Anda

 

 

 

Puding Kuidaore Taro

 

Kuliner yang satu ini benar-benar populer di Osaka namanya Kuidaore Taro. Sajian berupa pudding ini menggunakan maskot khas Dotonbori untuk menarik pembeli. Pengemasan yang lucu dan menggemaskan berbanding lurus dengan rasa pudding yang ciamik.

 

Boneka laki-laki yang memakai beanie berwarna biru menjadi ciri khas utama Pudding Kuidaore Taroo. Tak hanya karena pengemasan yang menarik, satu kardus pudding ini juga diisi tiga pudding. Saat kamu menuangkan saus caramel di atas pudding, rasanya pun sensasional dan menyerupai crème brulee! Sungguh lezat dan lembut banget.

 

Bagaimana, luar biasa bukan aneka kuliner di Osaka? Dari sajian menu yang mantap disantap di tempat, sampai oleh-oleh yang bisa di bawa ke tanah air  untuk keluarga dan sahabat dekatmu, semua luar biasa, bukan?

 

Alamat : 550-0002 #301 Kotani Build, 1-18-11 Edobori, Nishi-ku, Osaka

 

Telepon : 06 – 6449 – 4489

 

Jam Buka : 10.00 AM – 09.00 PM

Hello Comment 1Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori