5 Cara Membuat Kue Kering Coklat yang Bikin Kamu Ketagihan

Aneka kue kering coklat memang pas untuk disuguhkan pada saat lebaran nanti. Selain murah, cara membuatnya juga cukup mudah. Siapkan waktu untuk membuat.
0
5 Cara Membuat Kue Kering Coklat yang Bikin Kamu Ketagihan
0 (0%) 0 votes
kuekeringcoklat

Sepertinya kue kering coklat tak boleh ketinggalan untuk disajikan di hari lebaran. Karena selain rasanya gurih, sudah pasti kue kering jenis ini bakal bikin kamu ketagihan deh. Menjelang lebaran seperti sekarang ini, banyak para pedagang kue yang menjual kue kering coklat ini. Harga yang ditawarkan dari setiap penjual juga bervariasi. Ada yang murah, bahkan ada juga yang menjualnya dengan harga mahal sekali. Tapi kalau Hello-Pet boleh kasih saran sih, lebih baik membuatnya sendiri. Dengan harga yang tak terlalu mahal, kamu bisa membuat kue kering sebanyak yang kamu mau dengan model dan rasa sesuka hati kamu. Misalnya saja seperti cara membuat kue kering coklat berikut ini.

 

 

Coklat Kenari Kacang

 

kenarikacang
Coklat kenari kacang via yorya.com

 

Kue yang satu ini memang tak bisa diragukan lagi deh untuk disuguhkan di hari lebaran. Rasa enak dan gurihnya kue ini membuat lidah kamu bergoyang. Hello-Pet akan memberikan satu resep enak sebagai pilihan untukmu.

 

Kalau mau membuat kue ini, siapkan dulu bahannya seperti 250 gram terigu, 130 gram gula tepung, 175 gram mentega, 25 gram coklat bubuk, 1 butir kuning telur, 1 sendok makan susu bubuk, coklat chip untuk taburan, dan kenari.

 

Kalau semua bahan sudah disiapkan, barulah kamu bisa mulai ke tahap pembuatannya. Pertama tama, kamu harus siapkan mixer untuk mencampur bahan bahannya. Kemudian kamu masukkan kuning telur, gula tepung, dan mentega untuk kamu aduk rata sampai mengembang. Kemudian masukkan tepung terigu, susu bubuk, dan coklat bubuk sambil adonan terus diaduk sampai rata. Setelah semua bahan tercampur rata, kamu masukkan kenari cincang dan coklat chip sesuai dengan selera. Langkah selanjutnya adalah membentuk adonan sesuai dengan keinginan kamu. Kemudian panggang dengan suhu 130 derajat celcius ke dalam oven kira kira 20 menit sampai matang. Taraaaa… Kamu baru saja selesai membuat kue coklat kenari kacang sendiri lho!

 

 

Baca juga: Cara Membuat Menu Lebaran Enak Banget

 

Kue Coklat Batik

 

coklatbatik
Kue coklat batik via cookpad.com

 

Kue jenis ini bisa dibilang makanan jadul. Meski begitu tapi sampai saat ini masih digunakan sebagai kue sajian khas lebaran. Tampilan kue ini tak membohongi lidah. Rasanya yang gurih membuat siapa pun yang memakannya menjadi ketagihan.

 

Untuk membuatnya, kamu harus siapkan bahan bahannya seperti 350 gram margarin, 150 gram roombutter, 350 gram gula halus, 4 kuning telur, 60 gram susu bubuk instan, 100 gram maizena, 100 gram coklat bubuk, ½ sendok teh vanili susu, 1 kilogram terigu sangrai. Untuk membuat bahan glazur, kamu siapkan bahan seperti 2 putih telur, 150 gr gula halus, 1 sendok teh perasan jeruk nipis dan pasta coklat secukupnya.

 

Untuk langkah pembuatannya, kamu bisa mencampurkan semua bahan untuk kue tersebut, kecuali tepung terigu. Kemudian kamu campur sebentar saja cukup sampai hingga rata dengan menggunakan mixer. Kemudian kamu bisa siapkan baskom yang memiliki ukuran lebih kecil, ambil 2 sendok sayur adonan, tambahkan terigu sangrai sedikit demi sedikit sampai tidak lengket di tangan. Langkah selanjutnya, kamu siapkan loyang dan alasi dengan plastik. Letakkan adonan di tengahnya, tutup plastik lalu gilas dengan rolling pin sampai mencapai ketebalan yang diinginkan, lalu cetak. Hiasi di atas adonan dengan glazur hasil dari campuran telur dan pasta coklat tadi. Terakhir, kamu panggang di oven yang telah dipanaskan pada suhu 140 derajat celcius selama 20 menit sampai matang. Dengan begitu, kamu sudah membuat kue coklat batik kreasi kamu sendiri deh.

 

 

Kue Coklat Spekoek

 

spekoek
Kue coklat spekoek via cookpad.com

 

Kue lebaran yang satu ini punya rasa yang sangat khas banget. Kue ini sudah ada sejak zaman Belanda, lho! Selain bahannya murah, cara membuatnya juga mudah kok.

 

Kamu harus siapkan bahannya seperti 180 gram tepung terigu protein sedang, 90 gram tepung maizena, 150 gram margarin, 100 gram gula donat, 30 gram susu bubuk, 1 bungkus susu kental manis, 30 gram coklat bubuk, 1 butir kuning telur, ½ sendok teh garam, 2 sendok teh bumbu spekoek. Kemudian bahan untuk membuat hiasannya seperti wijen secukupnya dan juga putih telur secukupnya yang nantinya digunakan untuk bahan olesan.

 

Untuk cara membuatnya, kamu siapkan loyang dan olesi dengan margarin pada permukaannya. Setelah itu, kamu campur margarin, gula halus, susu kental manis hingga rata dengan menggunakan mixer kecepatan sedang, baru kamu masukkan kuning telur dan aduk lagi sampai menyatu. Kemudian campurkan susu bubuk, coklat bubuk, bubuk spekoek, maizena, tepung terigu, dan aduk dengan kayu secara perlahan sampai bisa dibentuk. Terakhir, ambil sedikit adonan, giling untuk dicetak, olesi putih telor dan taburi dengan wijen, dan kemudian kamu panggang dalam oven dengan suhu 140 derajat celcius selama 20 menit sampai matang. Kalau sudah matang, kue sudah siap untuk dihidangkan di meja tamu.

 

Kue Coklat Mede

 

coklatmede
Kue coklat mede via cookpad.com

 

Daripada kamu bosan menunggu buka puasa, mending kamu belajar membuat kue coklat mede di rumah. Lumayan kan buat sajian lebaran nanti. Kue coklat ini adalah salah satu alternatif yang bisa kamu pilih dan menjadikannya camilan saat tamu berkunjung ke rumahmu.

 

 

Siapkan dulu semua bahannya seperti 200 gram tepung terigu protein sedang dan diayak, 150 gram gula halus, 200 gram mentega, ½ sendok teh garam, 1 sendok makan coklat bubuk, ½ sendok teh baking soda, 1 sendok makan susu bubuk, 1 butir telur, kacang mede untuk hiasan secukupnya, dan 1 butir kuning telur untuk olesan.

 

 

Untuk cara pembuatannya cukup mudah kok. Kamu aduk mentega dan gula halus sampai tercampur rata menggunakan mixer. Kemudian masukkan telur, tepung terigu + coklat bubuk + susu bubuk, garam dan baking soda dan aduk sampai semuanya tercampur rata. Kamu bisa giling adonan dan bentuk adonan sesuai dengan selera kamu. Langkah selanjutnya, campurkan kuning telur dan susu kental manis untuk olesan. Olesi campuran kuning telur terlebih dahulu, lalu tambahkan kacang mede dan olesi lagi dengan olesan kuning telur. Olesi loyang kue dengan sedikit mentega dan taburan tepung. Kalau sudah, kamu masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan dan panggang selama 20-25 menit. Kalau sudah dingin, tinggal masukkan toples, kue pun bisa disajikan deh.

 

 

Baca juga: Ini Dia Menu Masakan Ramadan yang Bikin Ngiler

 

 

 

Kue Putri Salju Coklat

 

putrisaljucoklat
Putri salju coklat via bukucatatanresep.blogspot.co.id

 

Biasanya, kue putri salju itu berwarna putih, tapi kali ini kita akan membuatnya dalam bentuk coklat. Kue ini bisa kamu sajikan di hari lebaran nanti. Siapkan dulu bahan bahannya seperti 500 gram tepung terigu protein sedang, 180 gram margarin, 120 gram mentega, 150 gram gula bubuk, 50 gram coklat bubuk, 150 gram dark cooking chocolate yang dilelehkan, 1 butir telur dan 1 sendok teh baking powder.

 

Untuk cara membuatnya, siapkan bahan yang harus dicampur pertama kali. Kamu harus kocok margarin, mentega, dan gula halus selama sekitar 30 detik dengan mixer kecepatan tinggi. Setelah itu tuangkan dark cooking chocolate yang sudah dilelehkan dan kocok lagi adonan sampai rata dengan mixer kecepatan rendah. Kemudian kamu masukkan telur ke dalam adonan dan kocok sampai rata. Tambahkan tepung terigu secara perlahan lahan, baking powder, dan coklat bubuk sambil diayak dan adonan di aduk sampai rata mengguankan spatula. Selanjutnya kamu bisa giling adonan kue dengan ketebalan ½ cm. Cetak kue menggunakan cookie cutter dan letakkan adonan di loyang yang telah diolesi dengan margarin. Kemudian masukkan ke dalam oven dan atur suhu api 160 derajat celcius selama 20 menit atau sampai matang. Nah, kalau sudah matang, kamu angkat dan susun kue putri salju coklat yang sudah kamu buat tadi  untuk diberi taburan. Taraaaa… Kue putri salju coklat sudah selesai dibuat..

 

Bagaimana, cukup mudah bukan cara membuat kue kering coklatnya? Kalau kamu suka kue yang mana? Jangan lupa untuk berbagi kue enak ini dengan Hello-Pet ya.

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori