Panglima TNI Jelaskan Kronologis Tewasnya Teroris Santoso

Menurutnya, bentuk kerja sama yang dibangun TNI-Polri merupakan keterpaduan kerja yang bertahap dengan kesabaran.
0
Panglima TNI Jelaskan Kronologis Tewasnya Teroris Santoso
0 (0%) 0 votes
santoso

Bentuk apresiasi tercurah oleh Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmayanto karena kinerja operasi gabungan TNI-Polri Satuan Tugas (Satgas) Tinombala dalam memburu jaringan kelompok bersenjata radikal Santoso di Poso, Sulawesi Tengah.

 

Saat Penganugerahan Tanda Kehormatan kepada Pangab Singapura Letjen Perry Lim di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Panglima TNI menyempatkan mengungkapkan apresiasinya.

 

“Saya ucapkan apresiasi dan bangga kepada Satgas Tinombala yang terdiri dari TNI dan Polri atas kinerjanya dalam membekuk kelompok Santoso,” kata Panglima TNI.

Source: nasional.kompas.com

 

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmayanto

 

panglima tni
Source: kompas.com

 

“Kami berterima kasih kepada Polisi, TNI AD, Marinir TNI AL dan TNI Angkatan Udara atas kinerjanya. TNI AU juga dilibatkan dalam operasi ini, dengan mengerahkan drone yang selalu melihat pergerakan jaringan Santoso,” tambah Panglima TNI.

Source: nasional.kompas.com

 

Hal itu disampaikan oleh Gatot mengenai tewasnya Santoso dalam baku tembak di pegunungan di Poso pada hari Senin, 18 Juli 2016, petang.

 

Menurutnya, bentuk kerja sama yang dibangun TNI-Polri merupakan keterpaduan kerja yang bertahap dengan kesabaran. Seperti tim yang berhasil menewaskan Santoso yaitu prajurit dari Batalyon Raider 515 Kostrad yang berangkat sejak 13 hari lalu.

 

Penyergapan Santoso

 

penyergapan santoso
Source: mediaindonesia.com

 

“Coba Anda bayangkan sembilan orang berangkat membutuhkan waktu tiga hari untuk menempuh jarak sekitar 11 kilometer ke tempat persembunyian Santoso, sementara untuk sampai ke titik penyergapan membutuhkan waktu selama delapan hari. Karena mereka bergerak malam hari dan mengendap-endap ke tempat-tempat yang sudah dicurigai dengan kampung istri Santoso,” jelasnya.

Source: nasional.kompas.com

 

Ia juga kembali menegaskan bahwa keberhasilan operasi bukan hanya untuk tim batalyon Raider 515 Kostrad tapi juga semua satgas Tinombala.

 

“Tetapi, pas yang dapat rezeki Raider 515 Kostrad. Ini keterpaduan tim Satgas Tinombala. Saya bangga dengan tim yang pantang menyerah meski dalam situasi sangat sulit,” kata Panglima TNI.

Source: nasional.kompas.com

 

Santoso

 

santoso
Source: liputan6.com

 

Sebelumnya, Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian telah memastikan bahwa satu dari dua terduga teroris yang tewas dalam baku tembak di Poso adalah Santoso Abu Wardah. Kepastian itu didapati dari proses identifikasi lewat pencocokan sidik jari.

 

Selain itu, kepastian juga didapat dari identifikasi lewat pengenalan tanda fisik keluarga dan teman dekat. Hasilnya juga sama, jenazah itu adalah Santoso.

 

Lalu, ada satu jenazah lainnya yang telah dipastikan bernama Muhtar.

 

Wah! Hebat ya. Bagaimana menurutmu?

 

Source: kompas.com

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori