Korut Ujicoba Bom Hidrogen, Jepang & Korsel Ketakutan!

Korea Utara baru saja menggegerkan dunia dengan bom hidrogen buatannya yang sukses bikin Korea Selatan, Jepang hingga Amerika geger!
0
Korut Ujicoba Bom Hidrogen, Jepang & Korsel Ketakutan!
0 (0%) 0 votes
thumb-bom

Kim Jong-un telah menggebrak dunia dengan menguji coba miniatur bom hidrogen pada tanggal 6 Januari 2016. Bom hidrogen adalah bom terdahsyat dari dua jenis bom nuklir yang kekuatannya mencapai 25 ribu kali dari bom nuklir yang pernah Amerika Serikat jatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki, Jepang saat Perang Dunia II.

Dalam uji coba miniatur saja, sudah menimbulkan gempa bumi berkekuatan 5,1 skala richter (SR) versi pusat geologi Amerika Serikat. Musuh utama Korut yakni Korea Selatan sebenarnya sudah menduga bahwa gempa bumi tak wajar di Korut adalah imbas dari uji coba senjata nuklir rezim Kim Jong-un. Namun, Korsel tidak merinci jenis senjata nuklir apa yang diuji coba sampai akhirnya Korut mengkonfirmasi bahwa mereka telah sukses menguji coba miniatur bom hidrogen.

Bom Hidrogen

 

bom_hidrogenas

 

Source: international.sindonews.com

Atas konfirmasi itu, Seoul pun kaget karena jauh hari sebelumnya mereka telah meremehkan dan tidak percaya dengan klaim Korut yang mengembangkan bom hidrogen. Pihak Seoul mengatakan uji bom hidrogen telah melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB.

Tak hanya Korsel, Jepang juga turut merasa terancam oleh gerbrakan rezim King Jong-un. Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe mengatakan bahwa Tokyo tidak bisa mentolerir ancaman terhadap keamanan nasional Jepang. Jepang sendiri akan merespon secara tegas untuk setiap tantangan dari Korut.

Kim Jong-un

 

kim jong un

 

Source: international.sindonews.com

Gedung Putih Amerika Serikat (AS) juga ikut mengecam uji coba bom hidrogen Korut. Menurut Gedung Putih, tindakan Pyongyang telah melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB.

Bom hidrogen sendiri tercipta tak lepas dari pengembangan senjata nuklir. Senjata nuklir yang paling mematikan di dunia pada hakikatnya mempunyai dua tipe dasar. Tipe pertama menghasilkan energi yang ledakannya hanya dari proses reaksi fisik. Senjata nuklir tipe pertama inilah yang dinamakan bom atom atau atomic bomb atau juga dikenal sebagai A-bombs. Energi bom atom ini hanya diproduksi dari inti atom.

Bom Hidrogen

 

bom

 

Source: www.amazine.co

Jumlah energi yang dilepaskan oleh pembelahan bom dapat berkisar dari sekitar satu ton TNT hingga sekitar 500.000 ton (500 kilo ton) dari TNT.

Sedangkan tipe senjata nuklir kedua adalah bom hidrogen (H-bomb). Bom ini memiliki prinsip pembuatnya dengan memproduksi sebagian besar energi melalui reaksi fusi nuklir. Bom hidrogen biasa dinamakan sebagai senjata termonuklir. Karena tipe bom nuklir ini didasarkan pada proses fusi nuklir yang menggabungkan isotop-isotop hidrogen (deuterium dan tritium).

Sejauh ini, bom hidrogen adalah senjata yang paling merusak yang pernah ada. Bom jenis ini lebih kuat dari bom nuklir dengan kekuatan sampai 25 ribu kali bom nuklir yang pernah dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki.

Di Amerika Serikat sendiri, prinsip dari bom hidrogen pertama kali diuji coba oleh militer AS pada 9 Mei 1951. Lalu, uji coba resmi bom hidrogen yang sebenarnya dilakukan AS pada 1 November 1952 yang diledakkan di Atol Enewetak, Pasifik. Bom hidrogen pertama AS itu dinamakan Ivv Mike dengan mengambil nama operasi AS yang bernama Ivv Operation.

Mengerikan sekali ya bom hidrogen ini. Bagaimana menurutmu?

 

Source: international.sindonews.com

Hello Comment 1Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori