Kornet Berisi Daging Manusia Adalah Hoax

Hoax yang beredar di facebook dan media lain, bahwa daging kornet sapi asal Cina berisi daging manusia yang sudah dibumbui, sudah dibantah Menlu Cina dan Snopes
0
Kornet Berisi Daging Manusia Adalah Hoax
0 (0%) 0 votes
foto hoax kornet sapi isi daging manusia

Seorang pejabat tinggi Cina telah membantah hoax yang beredar di Zambia bahwa daging sapi kalengan “corned beef” impor asal Cina berisi daging manusia. Memang ada postingan facebook yang beredar di Zambia yang memberitakan berita hoax tersebut, yang katanya berasal dari seorang wanita Zambia yang tak disebutkan namanya yang tinggal di Cina.

 

 

Seperti yang terbaca di postingan pada gambar di atas, isi postingannya adalah:

 

“Silakan kirim ini ke semua kontak Anda, itu sangat penting. orang-orang Cina telah mulai memproduksi daging kornet dengan mayat mereka dan mengirim mereka ke Afrika. Tolong jauhi kornet sapi merek apapun, terutama di Afrika dan dari toko kelontong Afro-Asia.”

Source: www.mirror.co.uk

 

 

Jadi sesuai postingan diatas, orang ini memperingatkan bahwa tubuh manusia mati  dikumpulkan dan bumbui sebelum dikaleng dan dicap sebagai kornet untuk konsumsi manusia.

 

Dan pernyataan yang dikeluarkan oleh Duta Besar Cina untuk Zambia, Yang Youming, menyalahkan orang yang menyebarkan rumor “berbahaya”.

 

Dalam video, dia mengatakan kepada kantor berita Cina Xinhua: “Hari ini sebuah tabloid lokal secara terbuka menyebarkan rumor, mengklaim bahwa Cina menggunakan daging manusia untuk membuat daging kornet dan menjualnya ke Afrika.” “Ini benar-benar sebuah fitnah berbahaya dan fitnah yang benar-benar tidak dapat diterima oleh kita.” “Kami dengan ini mengungkapkan rasa marah dan kutukan maksimal pada tindakan seperti itu.”

 

Situs pembantah berita hoax Snopes bahkan sudah mengklarifikasi bahwa berita ini benar-benar hoax. Menurut Snopes, sebenarnya hoax ini sudah beredar bertahun-tahun yang lalu, dengan postingan yang berbeda.

 

Dan salah satu fotonya sebenarnya berasal dari salah satu adegan dalam marketing video games “Resident Evil 6” tahun 2012. Toko rekayasa untuk adegan tersebut di buat di London Smithfield Market. dan disebut ” Penjagalan Manusia Wesker & Son Resident Evil.” Di sponsori oleh Capcom untuk promosi peluncuran video games Resident Evil 6 waktu itu.

 

 

Snopes juga menyatakan bahwa sulit membuat generalisasi tentang industri makanan Cina. Beberapa ribu perusahaan multinasional modern dan perusahaan joint venture, skala besar, dan peternakan yang menggunakan praktik terbaik dan peralatan canggih beroperasi bersama jutaan peternakan kecil independen, lokakarya, dan pedagang yang menggunakan peralatan seadanya dan teknik. Cina memiliki sekitar 200 juta rumah tangga petani dengan kepemilikan lahan rata-rata 1-2 ekar per pertanian dan setidaknya 400.000 perusahaan pengolahan makanan, sebagian besar dengan 10 karyawan atau kurang. Jutaan orang dan bisnis yang terlibat dalam penanganan dan transportasi makanan di luar gerbang pertanian. Jumlah besar pemasok makanan meningkatkan tantangan menyebarluaskan standar, pemantauan produksi, dan menelusuri masalah ke sumber mereka.

 

Yang jelas, ini cuma hoax. Dan seperti biasanya hoax, cuma bertujuan jadi topik trending dan mengambil keuntungan darinya.

 

source: Snopes.com Mirror.co.uk

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori