Kondisi Udara Berada di Posisi Berbahaya, Singapura Marah

0
Kondisi Udara Berada di Posisi Berbahaya, Singapura Marah
0 (0%) 0 votes
Singapura

Kabut asap memang dikabarkan telah berkurang di beberapa wilayah Sumatera dan Kalimantan namun tidak semuanya. Beberapa daerah masih diselimuti kabut asap yang pekat dan membahayakan termasuk negara tetangga Singapura. Singapura pun mengeluarkan reaksi kemarahan akibat kabut asap tebal menyelimuti negara tersebut sehingga sekolah-sekolah ditutup.

 

Kabut asap dari Indonesia yang berhembus ke Singapura tersebut juga mencemarkan kondisi udara di sana. Pada hari Jumat (25/9) Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Singapura berada pada angka 341 yang berarti kondisi udara di sana berada pada kategori berbahaya. Angka ISPU tersebut merupakan nilai tertinggi yang Singapura pernah alami sepanjang tahun ini.

 

K. Shanmugam selaku Menteri Luar Negeri Singapura mengungkapkan bahwa Indonesia menunjukkan perilaku yang sangat tidak memikirkan keselamatan warga kami dan warga mereka sendiri. Kemarahan tersebut dicetuskannya karena melihat kondisi udara negaranya yang kini berada pada status berbahaya.

 

 

K. Shanmugam juga berkata, “Bagaimana bisa, seorang pejabat senior pemerintahan mengeluarkan pernyataan seperti itu, tanpa kesadaran atas nyawa masyarakatnya, atau warga kami, dan tanpa rasa malu, atau rasa tanggung jawab?”

 

Menlu Singapura tersebut memang tidak menyebutkan nama pejabat senior Indonesia tersebut. Akan tetapi, sebelumnya Wakil Presiden Jusuf Kalla telah menyulut kemarahan beberapa orang karena dalam beberapa minggu terakhir mengatakan bahwa negara tetangga Indonesia harus bersyukur karena 11 bulan sudah mendapat udara bersih.

 

K. Shanmugam menambahkan bahwa pejabat Indonesia menunjukkan perilaku yang tanpa rasa malu dan tanggung jawab. Pihak Singapura juga melakukan tindakan dengan membagi-bagikan masker secara gratis kepada orang tua, anak-anak, serta para karyawan yang melayani masyarakat seperti pengantar pembelian makanan ke rumah-rumah serta meliburkan sekolah-sekolah yang ada di sana.

 

Source: bbc.com

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori