Kisah Nenek 74 Tahun Asal Cimahi Lolos dari Tragedi Mina

0
Kisah Nenek 74 Tahun Asal Cimahi Lolos dari Tragedi Mina
0 (0%) 0 votes
Jamaah haji menuju Mina

Salah seorang jamaah haji asal Indonesia mengaku selamat dalam insiden maut tragedi Mina pada Kamis (24/9/2015). Nenek berusia 74 tahun asal Cimahi, Jawa Barat itu sempat mengalami kesulitan akibat banyaknya jamaah haji yang berdesakan dan berebut untuk melakukan ritual lempar jumrah. Namun, akhirnya dia pun berhasil pulang kembali ke tendanya dan selamat dari musibah yang menyebabkan ratusan jamaah haji meninggal dunia dan mengalami luka-luka itu.

 

Kami susah payah pulang ke tenda. Di jalan ada saja orang yang jatuh kecapaian atau pingsan. Mungkin karena terjepit juga. Tapi itu belum terjadi kecelakaan tragedi Mina. Saya sempat melihat ada orang Indonesia dan orang Arab dirawat dokter di pinggir jalan,” ungkap nenek bernama Inne Badriani Erawati menceritakan kisahnya selamat dari tragedi Mina, seperti dilansir BBC Indonesia.

 

Inne bersama rombongannya ternyata sudah sempat melakukan ritual lempar jumrah pertama. Mereka berangkat dari tenda menuju Mina sejak subuh, untuk menghindari kepadatan jamaah haji lainnya yang juga ingin segera menunaikan rukun wajib haji tersebut. Untung saja, mereka tidak berlama-lama di lokasi itu, dan kemudian segera kembali pulang ke tendanya dengan selamat.

 

“Untung saya cepat-cepat kembali, karena memang perginya sudah dari subuh. Jadi sedikit kurang padat. Sesudah melempar jumrah, tunailah rukun haji. Bersama sesama jamaah serombongan, sekitar jam 9.00 pagi (waktu setempat), kami memutuskan pulang saja ke tenda karena sudah sangat padat dan berdesakan,” lanjut Inne lagi menceritakannya melalui sambungan telepon.

 

Dia pun sempat dihubungi oleh keluarganya yang cemas setelah mendengar berita soal tragedi Mina tersebut. Setelah belasan kali mencoba menelepon nomor Indonesia-nya maupun nomor Arab Saudi, akhirnya keluarga Inne pun bisa terhubung dengannya. Dia langsung menjelaskan kondisinya dalam keadaan baik meskipun merasa lelah karena sempat berdesak-desakan di Mina.

 

Sejauh ini, Kementerian Luar Negeri RI menyatakan tiga orang jamaah haji asal Indonesia menjadi korban meninggal dunia dalam tragedi Mina. Kemudian, satu orang lainnya mengalami luka serius.

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori