Inilah Kerugian Men-charge Smartphone Dengan Powerbank

Mengisi daya smartphone menggunakan powerbank tidak dianjurkan karena dapat menurunkan daya tahan baterai. Terlebih jika menggunakan powerbank kualitas rendah
0
Inilah Kerugian Men-charge Smartphone Dengan Powerbank
0 (0%) 0 votes
powerbank

Powerbank merupakan salah satu penyelamat yang peling sering dimanfaatkan ketika daya baterai smartphone melemah. Meski begitu, sebaiknya kurangi penggunaan powerbank mulai sekarang kecuali benar-benar kepepet.

 

Daya yang dialirkan tidak stabil

 

Meski bisa menjadi penyelamat disaat terdesak dan tak ada sumber listrik untuk mengisi baterai smartphone, powerbank sebaiknya tak sering-sering digunakan. Berbeda dengan charger listrik, daya yang dialirkan oleh powerbank tidak sepenuhnya stabil.

 

Daya yang dialirkan terkadang juga tak sesuai dengan spesifikasi pengisian daya smartphone yang telah di atur khusus oleh produsen. Terlebih lagi, saat ini banyak beredar powerbank berkualitas rendah dengan harga yang cukup murah.

 

 

Dapat menurunkan daya tahan baterai

 

Setiap baterai smartphone memiliki umur dan daya tahan masing-masing. Terlalu sering mengisi menggunakan powerbank, apalagi sambil dipakai, dapat membuat baterai smartphone bekerja lebih keras. Akibatnya, daya pakai baterai pun akan menurun sehingga baterai akan lebih cepat habis.

 

Untuk itu, segera hentikan kebiasaan mengisi daya smartphone menggunakan powerbank, kecuali dalam keadaan yang benar-benar terdesak.

 

 

Kebiasaan buruk lain yang menurunkan daya pakai baterai

 

Tak hanya mengisi baterai smartphone melalui powerbank saja yang dapat menurunkan daya pakai baterai. Beberapa kebiasaan lain, juga dapat merusak baterai smartphone secara perlahan. Apa saja?

Kebiasaan pertama adalah mengisi daya menggunakan laptop. Seperti halnya powerbank, daya yang dialirkan oleh laptop tidaklah stabil dan sesuai dengan spesifikasi smartphone, sehingga dapat merusak baterai.

 

Kebiasaan kedua adalah menggunakan charger sembarangan. Saat ini, hampir semua smartphone Android memang memiliki bentuk charger yang seragam. Namun, hindari menggunakan charger dari smartphone lain, karena setiap smartphone dan charger memiliki spesifikasi khusus yang telah diatur pordusen.

 

Kebiasaan buruk selanjutnya adalah mengisi daya baterai hingga semalaman. Padahal, kebiasaan ini akan menyebabkan umur baterai menurun. Untuk itu, dibanding mengisi daya semalaman, hentikan pengisian ketika baterai telah mencapai 80 hingga 90 persen agar umurnya lebih panjang.

 

Yuk, hindari kebiasaan buruk ini agar umur baterai lebih panjang! Pastikan untuk merawat baterai smartphone dengan baik, ya.

 

Sumber: kompas

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori